Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2459. HUKUM MENELAN LUDAH KETIKA SHALAT

PERTANYAAN :

Bagaimana Hukumnya kalau sholat menelan Ludah ??? tolong jawabannya [Asyrorishesyecher ManiaChyntha Indeach].

JAWABAN :

Sholatnya tidak batal jika ludahnya tak tercampur barang lain jika tercampur maka batal

مغني المحتاج (1/ 200)( فلو كان بفمه سكرة )فذابت ( فبلع ) بكسر اللام وحكي
فتحها ( ذوبها ) بمص ونحوه لا بمضغ ( بطلت ) صلاته ( في الأصح ) لمنافاته للصلاة كما مر والثاني : لا تبطل لعدم المضغ

Seumpama di mulut orang sholat ada manisan dan ditelan cairan manisan tersebut dengan sesapan tidak dengan mengunyah maka batal sholatnya menurut pendapat yang ashohdan pendapat yang ke-2 sholatnya tidak batal karena tidak adanya mengunyah.

الإقناع للشربيني (1/ 152)( و )التاسع ( الشرب ) وهو كالأكل فيما مر ومثل الشرب ابتلاع الريق المختلط بغيره إذ القاعدة أن كل ما أبطل الصوم أبطل الصلاة

Yang ke 9 dari perkara yang membatalkan sholat adalah minum dan minum hukumnya sama dengan makan sebagaimana keterangan yang telah lewat,disamakan minum adalah menelan ludah yang bercampur dengan sesuatu yang lain karena ada qoidah sesungguhnya setiap sesuatu yang membatalkan puasa itu juga membatalkan sholat.

الإقناع للشربيني (1/ 237)ولا يضر وصول ريقه من معدنه جوفه أو وصول ذباب أو بعوض أو غبار طريق أو غربلة دقيق جوفه لعسر التحرز عنه

Dan tidak masalah masuknya ludah kedalam perut atau kemasukan lalat atau nyamuk atau hamburan debu dijalan atau hamburan tepung yang sampai ke dalam perut karena sulitnya untuk menjaga / menghindari hal tersebut. WALLOHU A'LAM. [Sunde Pati].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/612366358786176/