Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2270. LAIN-LAIN : HUKUM MENGABAIKAN PERINGATAN PEMERINTAH

PERTANYAAN :

Rampak Naung

peringatan pemerintah merokok dan memakai helem dan sabuk pengaman saat berkendara, apa wajib dan dosa bila dilanggar, dan bisa menyebabkan fasiq karena telah melakukannya terusmenerus ????

وقال ش ق والحاصل انه تجب طعاعة الامام فيما امر به ظاهراوباطنا مما ليس بحرام او مكروه فالواجب يتأكد والمنذوب يجب وكذا المباح ان كان مصلحة كترك شرب التنباك_

بغية المسترشدين 91

JAWABAN :

1. Rampak Naung

ingat pemerintah blm jelas melarang.
Berbeda dgn aturan pemeritah dairah larangan merokok ditempat umum, maka wajib hukumnya.

وقد وقع ان السلطان امرنائبه بأن ينادى بعدم شرب الناس له( اي التنباك )في الاسواق والقهاوي فخالفوه وشربوا فهم العصاة. ويحرم شربه الآن امتثالا لامره ولوامر الامام بشئ ثم رجع ولو قبل التلبس به لم يسقط الوجوب.

Dan telah terjadi seorang raja memerintah pada mentrinya diumumkan untuk tidak merokok dipasar dan warung kopi, tapi orang2 melanggarnya dan merokok, maka orang2 itu berdosa. Dan haramnya merokok tetap hingga sekarang, karena mengikuti perintahnya. Dan kalau pemerinta merintahkan sesuatu dan mencabut larangannya,maka hukum wajibnya tidak gugu walaupun blm sempat dikerjakan.

Bughiyah mustarsyidin 91

2. Ibnu Toha

أَنَّ مَا أَمَرَ بِهِ مِمَّا لَيْسَ فِيهِ مَصْلَحَةٌ عَامَّةٌ لَا يَجِبُ امْتِثَالُهُ إلَّا ظَاهِرًا فَقَطْ بِخِلَافِ مَا فِيهِ ذَلِكَ يَجِبُ بَاطِنًا أَيْضًا

(tuhfatul muhtaj)

Al Hasil :
WAJIB taat terhadap perintah Imam, jikalau perintah tsb berupa perkara yg sunnah menurut hukum syari'at atau perkara yg mubah yg mencakup kemaslahatan ummat. . dan selama perintah bukan suatau yg diharamkan atau yg dimakruhkan.

Wallahu'alam

3. Fakhrur Rozy

pertanyaan ke 2
dan bisa menyebabkan
fasiq karena telah melakukannya
terusmenerus ????

---------------------------------

bisa menghilangkan sifat adil / menyebabkan fasiq

العدالة ملكة فى النفس تمنعها من اقراف الكبائر والرذائل المباح وللعدالة خمس شرائط ان يكون مجتنبا للكبائر وان يكون غير مصر على القليل من الصغائر

فتح القريب في باب الشهادة

4. Mbah Godek

Bismillah

تعتبر القوانين والقرارات واللوائح مملكة التشريع الإسلام لأن الشريعة تعطي لأولي الأمر حق التشريع فيما يمس مصلحة الأفراد ومصلحة الجماعة بالنفع فللسلطة التشريعية في أي بلد الإسلامي إن تعاقب علىأي فعل مباح إذا اقتضت المصلحة العامة ذلك --- إلى أن قال --- القوانين والقرارات واللوائح التي تصدها السلطة التشريعية تكون نافذة واجبة الطاعة شرعا بشرط أن لا يكون فيها يخالف نصوص الشريعة الصريحة أو يخرج على مبادئها العامة وروح التشريع فيها وإلا فهي باطلة بطلانا مطلقا. اهـ.

“Undang-undang keputusan dan program pemerintah dianggap sebagai program penyempurna syari’at Islam karena syari’at memberikan hak kepada pemerintah untuk membuat undang-undang yang menyentuh kemaslahatan dan memberikan manfaat kepada individu dan kelompok. Kekuasaan perundang-undang dalam negeri Islam manapun diperbolehkan untuk memberikan sanksi hukum terhadap perbuatan mubah (yang dilakukan masyarakat), ketika kemaslahatan umum menuntut demikian....... undang-undang keputusan dan program yang dikeluarkan kekuasaan perundangan merupakan hal berlaku dan wajib ditaati secara syar’I dengan syarat tidak bertentanggan dengan nash-nash yang jelas, prinsip-prinsip umum dan subtansi syari’at, apabila bertentangan dengan hal-hal yang disebutkan terakhir, maka undang-undang keputusan dan program pemerintah tersebut batal”

attasyri'' al jana'i juz 1 hal 181

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/458311360858344/