Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1969. KEABSAHAN MEYEMBELIH HEWAN QURBAN DI HARI TASYRIQ

P E R T A N Y A A N :
Assalamu'alaikum. Di Sebuah kampung ada yang kurban Sapi yang sangat besar,terus karena idhul adha besok bertepatan dengan hari jum'at dan nanggung ditabrak Shalat jum'at (katanya) maka Sapinya mau disembelih hari sabtu lusa (hari tasyriq). Ndadak, afwan para alim. Matur nuwun. Pripun, angsal nopo mboten to ? Boleh apa tidak yaa ? [Quenn Latifah].
J A W A B A N :
Wa'alaikumussalam. Boleh dan sah qurban dilakukan di hari Tasyriq. Ibaroh dari kitab FATHUL QORIB :
(و) يدخل (وقت الذبح) للأضحية (من وقت صلاة العيد) أي عيد النحر. وعبارة الروضة وأصلها «يدخل وقت التضحية إذا طلعت الشمس يوم النحر، ومضى قدر ركعتين وخطبتين خفيفتين». انتهى. ويستمر وقت الذبح (إلى غروب الشمس من آخر أيام التشريق)، وهي الثلاثة المتصلة بعاشر ذي الحجة.
Masuk waktunya menyembelih qurban mulai dari setelah sholat 'ied. Ibaroh kitab raudloh dan asalnya " masuk waktunya qurban dimulai sejak terbit matahari dan ditambah seukuran 2 raka'at dan khutbah 2 yang ringan. Berlaku masa menyambelih sampai tenggelam mata hari hari tasyrik, yaitu 3 hari yang bersambung dengan tanggal 10 dzulhijjah.
Ibaroh dari kitab Fathul mu'in :
ووقتها من راتفاع شمس نحر إلى آخر أيام التشريق
Waktunya qurban dimulai sejak tingginya matahari hari naher/idul adha sampai akhir hari tasyrik.
Disebutkan dalam sebuah hadits :
كُلُّ أَيَّامِ تَشْرِيْقٍ ذَبْحٌ — رواه بن حبان
Semua hari-hari tasyriq adalah waktu yang diperbolehkan untuk menyembelih kurban. (HR. Ibnu Majah). Wallohu a'lam. [Hanya Ingin Ridlo Robby, Wajah Baru].
LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/489112401111573/