Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1816. MAKRUH MENULIS -صلعم- SEBAGAI GANTINYA الصلاة على النبي

Oleh : Ust. Timur Lenk

Makruh menulis -صلعم- sebagai gantinya الصلاة على النبي

قال الحافظ العراقي في فتح المغيث [ويكره أن يرمز للصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم في الخط بأن يقتصر من ذلك على حرف أو حرفين ونحو ذلك كمن يكتب صلعم يشير بذلك إلى الصلاة والتسليم]. انتهى.

ونص على هذا النووي في كتاب التقريب وأقر ذلك السيوطي في شرحه على التقريب المسمى تدريب الراوي.
قال النووي في التقريب [وينبغي أن يحافظ على كتابة الصلاة والتسليم على رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا يسأم من تكراره ومن أغفله حرم حظا عظيما] اهـ.
وقال السيوطي في شرحه على التقريب [ويكره الرمز إليهما في الكتابة بحرف أو حرفين كمن يكتب صلعم بل يكتبهما بكمالهما ويقال إن أول من رمزهما بصلعم قطعت يده] اهـ.

========================================

Pada kenyataannya memang sering kita jumpai bahwasanya sebagian orang islam menulis sholawat Nabi dengan صلعم atau bahkan hanya dengan ص م , dan dalam tulisan latin SAW sebagai singkatan dari صلى الله عليه وسلم atau sholla Allahu 'alaihi
wa sallam , hal yang demikian dikarenakan beberapa sebab , diantaranya karena tidak tahu hukumnya , tempat untuk menulis tidak muat , waktu yang tidak cukup karena tergesa2 atau sibuk , kurang tahu fadlilah dan pentingnya memnbaca dan menulis sholawat dengan benar dan ada juga yang karena malas menulis panjang. Adapun yang demikian hukumnya MAKRUH karena kurang sesuai dengan derajat Nabi Sholla Allahu 'alaihi wa sallam , selanjutnya mohon bimbingan para sespuh PISS_KTB dan para pembca sekalian,,,,, MONGGO ... sebelum dan sesudahnya kita ucapkan terima kasih .


Link Asal >>
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/457022687653878/