Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1771. HUKUM BERMAKMUM KEPADA ANAK YANG BELUM BALIGH

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum, numpang tanya poro yai dan ustadz, sahkah sholat kita bermakmum pada seorang yang belum baligh? mohon pencerahannya, matur nuwun sebelumnya. [Preman Ponten].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Boleh dan Sholatnya sah, selama sholat imam shah maka sholat makmum shah, sekalipun yang menjadi imam adalah anak kecil belum baligh, asalkan sudah tahu dan mengerti syarat-syarat dan wajib-wajibnya sholat, berdasarkan keterangan berikut :
و يصح اقتداء البالغ بالصبي و الحر بمن فيه رق   نهاية الزين ١٣٠
Dan sah bermakmumnya orang yang baligh dengan anak kecil, serta orang merdeka yang bermakmum dengan orang yang berada dalam perbudakan.
Dalam suatu riwayat pada masa Rosulullah, si kecil Amr bin Salimah pernah menjadi Imam ketika berumur 6/7 tahun.
4525 - حدثنا حبيب بن الحسن ، ثنا يوسف القاضي ، ثنا سليمان بن حرب ، ثنا حماد بن زيد ، عن أيوب ، عن عمرو بن سلمة ، قال : « أممت على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا غلام ابن سبع سنين أو ست سنين »   (معرفة الصحابة لأبي نعيم الأصبهاني)
Yang tidak boleh anak kecil sholat bermakmum pada perempuan, sebagaimana keterangan kitab AL-MAJMU' SYARH MUHADZDZAB :
واتفق اصحابنا علي انه لا تجوز صلاة رجل بالغ ولا صبي خلف امرأة
Kalangan Syafi’iyyah mengabshahkan dan membolehkannya namun dalam kondisi normal hendaknya tidak menjadikan imam shalat kecuali yang telah dewasa yang tahu tentang shalat agar dapat mengatasi hal-hal yang tiba-tiba terjadi dalam shalat.
- Al-Majmuu ala Syarh al-Muhadzdzab IV/249 :
(فرع) في مذاهب العلماء في صحة امامة الصبى للبالغين: قد ذكرنا ان مذهبنا صحتها وحكاه ابن المنذر عن الحسن البصري واسحق ابن راهويه وابي ثور قال وكرهها عطاء والشعبى ومجاهد ومالك والثوري واصحاب الرأى وهو مروى عن ابن عباس وقال الاوزاعي لا يؤم في مكتوبة الا ان لا يكون فيهم من يحفظ شيئا من القرآن غيره فيؤمهم المراهق وقال الزهري ان اضطروا إليه أمهم قال ابن المنذر وبالجواز اقول وقال العبدرى قال مالك وأبو حنيفة تصح امامة الصبى في النفل دون الفرض وقال داود لا تصح في فرض ولا نفل وقال احمد لا تصح في الفرض وفى والنفل روايتان وقال القاضى أبو الطيب قال أبو حنيفة ومالك والثوري والاوزاعي واحمد واسحق لا يجوز ان يكون اماما في مكتوبة ويجوز في النفل قال وربما قال بعض الحنفية لا تنعقد صلاته
[SUB BAHASAN] MENERANGKAN TENTANG PENDAPAT MADZHAB ULAMA DALAM KEABSAHAN MENJADI IMAM SHALATNYA BOCAH ATAS ORANG-ORANG DEWASA
Telah kami sebutkan bahwa dikalangan kami ((Syafi’iyyah) mengabshahkan keimaman bocah atas orang dewasa pendapat demikian dihkayahkan oleh Ibn Mundzir dari Hasan al-Bashri, Ishaq, Ibn Rahaawih dan Abu Tsaur, sedang Imam ‘Atha’, as-Syi’bi, Mujahid, Malik dan ats-Tsaury serta para Ashab ar-Ra’yi dengan meriwayatkan dari Ibn Abbas memakruhkannya.
al-Auzaa’i berkata “Jangan dijadikan imam shalat lima waktu kecuali bila disana tidak terdapati seorangpun yang hafal sedikitpun dari ayat-ayat al-Quran”.
az-Zuhry berkata “Bila dibutuhkan (terpaksa) jadikan ia imam”.
Sedang dalam kebolehan menjadi imamnya seorang bocah atas orang dewasa dalam shalat diatas Ibn Mundzir menyatakan beberapa pendapat :
al-‘Abdari berkata “Imam Malik dan Abu Hanifah sah dalam shalat sunat bukan shalat wajib”.
Daud berkata “Tidak sah dalam shalat wajib ataupun shalat sunat”.
Imam Ahmad berkata “Sah dalam shalat wajib sedang dalam shalat sunat terdapat dua riwayat”.
al-Qadhi Abu Thayyib, Abu Hanifah, Malik, ats-Tsauri, al-Auzaa’i, Ahmad dan Ishaq berkata “Tidak boleh dalam shalat wajib dan boleh dalam shalat sunat dan sebagian kalangan Hanafiyyah menyatakan tidak sah shalatnya”.
- Al-Umm I/166 :
إمَامَةُ الصَّبِيِّ لم يَبْلُغْ * + ( قال الشَّافِعِيُّ ) رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى إذَا أَمَّ الْغُلَامُ الذي لم يَبْلُغْ الذي يَعْقِلُ الصَّلَاةَ وَيَقْرَأُ الرِّجَالَ الْبَالِغِينَ فإذا أَقَامَ الصَّلَاةَ أَجْزَأَتْهُمْ إمَامَتُهُ وَالِاخْتِيَارُ أَنْ لَا يَؤُمَّ إلَّا بَالِغٌ وَأَنْ يَكُونَ الْإِمَامُ الْبَالِغُ عَالِمًا بِمَا لَعَلَّهُ يَعْرِضُ له في الصَّلَاةِ
Menjadi imamnya bocah yang belum baligh. Imam Syafi’i berkata “Bila bocah yang belum baligh namun ia telah mengerti tentang shalat dan tahu bacaan-bacannya mengimami orang-orang yang telah dewasa maka boleh keimamannya namun dalam kondisi normal hendaknya tidak menjadikan imam shalat kecuali yang telah dewasa yang tahu tentang shalat agar dapat mengatasi hal-hal yang tiba-tiba terjadi dalam shalat. Wallaahu A'lamu Bis Showaab. [Abdurrahman As-syafi'i, Ibnu Toha, Masaji Antoro].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/456128687743278/