Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1768. HUKUM SHALAT TARAWIH DINIATI QADLA' SHALAT

PERTANYAAN :
* Amanat Sa'il * Assalaamu'alaykum, Saya baru tahu kalau ternyata sholat tarawih itu bisa digunakan untuk menggodlo' sholat 5 waktu selain maghrib ,kalau maghrib ketika witir yang 3 roka'at. Yang ingin saya tanyakan : " Bagaimana lafadz niat sholatnya ? agar kita bisa mendapatkan dua_duanya { sholat qodlo' dan sunnah terawih ". Syukron. [Ani Fah].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Shalat tarawih tidak bisa disatukan dengan shalat wajib. karena dua-dua nya merupakan ibadah maqsudah. Lain halnya shalat wajib digabung dengan tahiyatul masjid, atau shalat sunah wudu, atau shalat sunah thawaf. Itu bisa karena shalat tahiyatul masjid tidak dimaksud (ghoer maqsudah), yang penting setiap masuk ke masjid ada sholat. Begitu pula sholat sunah wudu dan thawaf. Yang penting setelah wudu atau thawaf ada sholat, meski sholatnya sholat fardhu. Wallahu a'lam bishowab. Lihat satu Qo'idah di Asybah wa nadzo'ir1/86 :
إذا اجتمع أمران من جنس واحد ولم يختلف مقصودهما دخل أحدهما في الآخر غالبا
Sependek pengetahuan kami tidak ada keterangan seperti di atas, tentang ibaroh :
القسم الثاني أن ينوي مع العبادة المفروضة عبادة أخري مندومة
منها : مالا يقتضي البطلان ويحصلان معا - الي ان قال - فمن الأول أحرم بصلاة ونوي بها الفرض والتحية صحت وحصلا معا اهـ
الأشباه والنضائر في قواعد وفروع الشافعي ج 1 ص 96
dari qoidah yang ke 9 yaitu :
إذا اجتمع أمران من جنس واحد و لم يختلف مقصودهما دخل أحدهما في الآخر غالبا
itu sholat tahiyyatul masjid
Coba dalam mahalli ada tulisan begini :
ولا تصحّ بنيّة مطلقة بل ينوي ركعتين من التراويح او من قيام رمضان  قال ولو صلّى اربعا بتسليمة لم تصحّ
Artinya : sholat taraweh itu tidak sah jika di lakukan dengan niat muthlaq, bahkan sholat taraweh itu tiap 2 rokaat harus diniati melakukan sholat taraweh atau qiyami romadon. Imam nawawi berkata, jika ada orang melakukan sholat taraweh 4 rokaat dengan satu salaman maka sholatnya tidak sah.
Berpijak dari ibarot ini sholat taraweh itu harus di lakukan dengan salam setiap 2 rokaat dan niatnya harus di tentukan (solat taraweh), maka bagaimana bisa digabung dengan sholat lain....?
نهاية المحتاج1/457
وﻻ بنية الصلاة ودفع الغريم أو حصول دينار فيما إذا قيل له صل ولك دينار, بخلاف نية فرض ونفل ﻻ يندرج فيه للتشريك بين عبادتين مقصودتين
حاشية الشبراملسي:
قوله ﻻ يندرج فيه: كسنة الظهر مع فرضه, أما مايندرج كتحية المسجد فلا يضر التشريك بينه وبين الفرض
Shalat tidak batal jiga digabungkan (tasyrik an-niyat) antara niyat shalat dan menolak hutang atau menghasilkan dinar. Jika diucapkan pada dia (musholli) shalatlah maka aku akan memberimu dinar. Kecuali jika digabungkan antara niyat shalat fardhu dan sunah yang tidak masuk, ini batal shalatnya karena menggabungkan antara dua ibadah yang dimaksud (ibadah maqsudah). Dalam Hasyiahnya dijelaskan : Ucapan mushonif " LA YANDARIJU FIH": seperti menggabungkan sunah dzuhur bersama fardhunya.
Adapun sunah yang dapat masuk pada fardhu seperti tahiyyatul-masjid maka tidaka memadaratkan (tidak membatalkan) menggabungkan antaranya dengan shalat fardhu.
Ta'bir yang ini sangat jelas :
الأشباه والنظائر 1/16
ومنها لو صلى الفائتة في ليالي رمضان ونوى معها التراويح ففي فتاوي إبن صلاح حصلت الفائتة دون التراويح قال الأسنوي فيه نظر لأن التشريك مقتض للإبطال
Jika seseorang sholat qodho pada malam-malam bulan ramadan dan ia niat dengan-nya shalat tarawih, dalam fatawi Ibnu Sholah dijelaskan maka berhasil shalat qodho-nya, tidak dengan tarawihnya. Imam Asnawi berkata: dalam masalah ini ada pembicaraan (perdebatan) karena "tasyrik" (menggabungkan niat) melazimkan batalnya shalat. Wallahu a'lam bishowab. [Didy Humaidy, Sunde Pati, Ibnu Abihi, Didy Humaidy].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/453165798039567/