Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

SISTEM MUSYAWARAH PISS-KTB


Perkenankanlah kami merespon sejumlah keluhan dan tanggapan yang sering terlontar dari member mengenai alur musyawarah di Piss. Penjelasan ini akan dirangkai dalam bentuk Q&A (tanya-jawab). Semoga bisa turut membantu melapangkan kejanggalan di hati kita.

Q: Siapakah sebenarnya para mujawwib di Piss?
A: Para admin dan setiap member bisa menjadi mujawwib. Setiap jawaban terbuka kemungkinan untuk dimusyawarahkan
sehingga tercapai kesepakatan bersama. Sebagai perbandingan metode koreksi bersama ini juga menjadi pedoman penulisan materi Wikipe***.

Q: Apakah jawaban itu bisa dipertanggungjawabkan?
A: Lihatlah keakuratan referensinya. Untuk mudahnya, setiap jawaban yang disetujui banyak pihak lebih dimungkinkan benar.

Q: Bagaimana membedakan jawaban yang setengah matang dengan jawaban yang serius?
A: Bila jawaban itu siap didokumentasikan dengan kode kata ‘bungkus’ berarti sudah selesai dimusyawarahkan.

Q: Siapa para admin Piss dan apa peranannya?
A: Pihak admin lebih suka berada di belakang layar. Peranannya beraneka ragam seperti sie dokumentasi, mujawwib, keuangan, IT, dll.

Q: Apa belajar di Piss tidak dikatakan belajar tanpa sanad?
A: Jangan berpikir hitam-putih. Piss tidak otoriter dengan merampas hak belajar seseorang. Ikutilah musyawarah di Piss dengan tetap mengaji pada ustadz/kyai anda. Bicarakan dengan beliau apa yang anda peroleh di sini. Belajar di Piss layaknya masuk ke perpustakaan membaca buku. Dan buku-buku yang anda baca di Piss ditulis oleh orang-orang yang insya Allah memiliki kualitas dan rantai keilmuan yang jelas.

Q: Kenapa pertanyaan saya sering diabaikan di grup ini?
A: Faktor terbesar adalah karena wallnya tenggelam. Bila memposting jangan lupa untuk di-bookmark dan jangan bosan disundul bila belum terjawab. Beberapa mujawwib kadang juga mem-bookmark dan menjawab pertanyaan 2-3 hari lalu yang telah ditandainya.

Q: Kenapa berdebat di Piss tidak diperbolehkan padahal penting untuk melatih daya pikir?
A: Berdebat dilarang. Yang diperbolehkan adalah berdiskusi. Kedua hal ini serupa dan yang membedakan adalah niat dan cara penyampaiannya. Yang satu memancing emosi dan yang lainnya memancing gairah belajar.

Q: Bolehkan mendiskusikan aliran lain seperti waha** atau syi** di Piss?
A: Tidak boleh. Bukan persoalan benar-salahnya melainkan Piss sejak awal telah difokuskan untuk diskusi syariah. Hanya sesekali saja pihak admin akan membuatkan catatan bertema sektarian sekedar sebagai pengetahuan dan mawas diri. Bila ingin lebih memperdalam diskusi antar aliran silakan lakukan di grup lain.

Demikian harap dimaklumi dan kerjasamanya untuk mentaati AD/ART PISS. Salam ukhuwwah.
Link Asal >> http://goo.gl/aJ0n8