Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1609. HUKUM BATUK DALAM SHOLAT

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum wr.wb,  numpang nanya nich, batuk dalam sholat itu, bagaimana sich hukumnya ? tolong ya boleh ga ? [Riezal A'zab Lc].
JAWABAN :
Wa’alaikumsalam,
§Bila sakit batuknya berlangsung secara terus-menerus hingga tidak terdapati waktu yang cukup dia gunakan untuk shalat tanpa batuk di dalamnya maka dima’fu
§Bila batuknya tidak terus-menerus kemudian dalam shalatnya ia mengalami batuk yang berulang-ulang maka menurut Imam Ali Syibra Malisy (Ulama dari Madzhab Syafi’iyyah) maka batal shalatnya.
ولو ابتلي شخص بنحو سعال دائم بحيث لم يخل زمن لوقت يسع الصلاة بلا سعال مبطل فالذي يظهر العفو عنه ولا قضاء عليه لو شفي
Bila seseorang diuji mengalami semacam batuk secara terus-menerus sekira tidak terdapati waktu sedikitpun yang cukup ia gunakan untuk menjalani shalat tanpa batuk yang membatalkan maka dzahirnya batuk tersebut dima’fu (diampuni) dan tidak ada qadha baginya bila ia telah sembuh dari batuknya. [ Kaasyifah as-Sajaa I/187 ].
ولو ابتلي شخص بنحو سعال دائم بحيث لم يخل زمن من الوقت يسع الصلاة بلا سعال مبطل  قال شيخنا الذي يظهر العفو عنه ولا قضاء عليه لو شفي وقوله لم يخل زمن إلخ قال ع ش فإن خلا من الوقت زمن يسعها بطلت بعروض السعال الكثير فيها
Bila seseorang diuji mengalami semacam batuk secara terus-menerus sekira tidak terdapati waktu sedikitpun yang cukup ia gunakan untuk menjalani shalat tanpa batuk yang membatalkan maka dzahirnya batuk tersebut dima’fu (diampuni) dan tidak ada qadha baginya bila ia telah sembuh dari batuknya.
(Keterangan sekira tidak terdapati waktu sedikitpun yang cukup ia gunakan untuk menjalani shalat tanpa batuk) Berkata Ali Syibra Malisy “Bila terdapati waktu yang sekiranya cukup digunakan shalat tanpa batuk maka batallah shalatnya bila terjadi batuk yang banyak dalam shalatnya”. [ I’aanah at-Thoolibiin I/219 ]. Wallaahu A’lamu Bis Showaab. [Masaji Antoro].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/433221286700685/