Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1268. MAKAN BELUT ITU HALAL ATAU HARAM ?

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, aini mau nanya nih, bagaimanakah hukumnya makan BELUT ? terimakasih atas jawabannya. [Nur Aini].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Ini sudah sering dibahas, intinya khilaf, namun pendapat yang kuat adalah hukumnya halal. Ada kitab khusus yang membahas masalah ini namanya AS SOWAIQUL MUHRIQOH, atau biasa disebut KITAB BELUT.
{ أنكلس } ... في حديث علي رضي اللّه عنه [ أنه بعث إلى السوُّق فقال : لا تأكلوا الأنْكَلِيس ] هو بفتح الهمزة وكسرها : سمك شبيه بالحيَّات ردِئ الغذاء وهو الذي يسمى الْمَارْمَاهِي . وإنما كرِهه لهذا لا لأنه حرام . هكذا يُروى الحديث عن علي رضي اللّه عنه . ورواه الأزهري عن عمار وقال : [ الأنْقلِيس ] بالقاف لغة فيه
[ INKILIIS, Belut ] Dalam hadits marfuu’nya sayyidina Ali ra, sesungguhnya beliau mengutus ke pasar kemudian berkata “Janganlah memakan belut”. Belut ialah hewn yang mirip ular yang buruk makanannya ia disebut juga dengan marmahi. Pelarangan di atas bukan ke arah hukum haram namun makruh. Demikianlah riwayat hadist dari sayyidina Ali ra. Al-Azhary dari ‘Ammaar meriwayatkan dengan menggunakan huruf Qaaf “INQLIISY”. [ An-Nihaayah Fii Ghariib al-Aatsaar I/183 ].
Dalam ibarah Al-Fiqh al-islaam I/30 belut  dihukumi HALAL :
والحكم الخاص بحل الجزء المبان من السمك يشمل جميع أنواع السمك ومنه الجريت بكسر المعجمة وتشديد المهملة وهو سمك اسود مدور
Hukum kehalalan yang berlaku pada bagian potongan tubuh dari ikan, mencakup pada seluruh species jenis-jenis ikan yang ada diantaranya belut yaitu ikan yang berwarna hitam dan berbentuk bulat. [ Al-Fiqh al-islaam I/30 ].
Berikut Istilah nama-nama untuk belut :
انقلس : الأنقيلس والأنقليس : سمكة على خلقة حية ، وهي عجمية . ابن الأعرابي : الشلق الأنكليس ، ومرة قال : الأنقليس ، وهو السمك الجري والجريت ; وقال الليث : هو بفتح اللام والألف ، ومنهم من يكسر الألف واللام ، قال الأزهري : أراها معربة .
INQILIS, ANQILIIS, INQILIIS : Ikan dengan bentuk fisik seperti ular, adalah hewan ‘Ajam (di luar arab) Ibn ‘Araby “Ikan kecil Ankaliis”. Marrah “Anqaliis adalah al-Jary dan al-Jiriit, belut”. Al-Lays “Dengan membaca fathah lam dan alifnya ANQALIIS, sebagian ada yang menkasrah lam dan alifnya INQILIIS. Al-Azhary “Menurutku memang bentuk kalimat yang mu’rab”. [ Lisaan al-‘Araab hal 177 ]. Wallahu A'lam Bis showaab. [Siroj Munir, Masaji Antoro].
Link Diskusi :
www.fb.com/groups/piss.ktb/366831886672959/