Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1235. BACAAN TASYAHHUD NABI MUHAMMAD SAW

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, kita membaca sholawat dalam sholat sebelum salam, apakah nabi Muhammad SAW juga membaca sholawat ? mohon jawaban saudara-saudara. [Muhammad Said Asy'ari Al-Hamdany].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Diriwayatkan dari al-Qaasim ia berkata “’Aisyah mengajariku, ia berkata, Ini doa Tasyahhud yang dibaca oleh Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam :“Segala penghormatan bagi Allah, segala kesucian (bagi Allah), segala kebaikan (bagi Allah), Semoga keselamatan, rahmat dan barakah Allah senantiasa dilimpahkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Semoga juga dilimpahkan kepada kami dan kepada semua hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi sesungguhnya tiada Tuhan kecuali Allah, dan aku bersaksi sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya” (HR Hasan Bin Sufyan dalam Musnadnya dan al-Baehaqy dengan sanad yang baik).
Dari sini terdapat faedah yang baik yakni do'a tasyahhud yang dibaca oleh Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam dengan lafadz seperti tasyahhud kita [ Khulaashah al-Ahkaam Fii Muhimmaat as-Sunan I/433 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro].
- Khulaashah al-Ahkaam Fii Muhimmaat as-Sunan I/433 :
وعن القاسم قال: "علمتني عائشة قالت: هذا تشهد النبي صلى الله عليه وسلم: "التحيات لله، والصلوات، والطيبات، السلام عليك أيها النبي ورحمة الله، وبركاته، السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين. أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله "رواه الحسن بن سفيان في "مسنده "، والبيهقي بإسناد جيد، وفيه بيان فائدة حسنة، وهي أن تشهده صلى الله عليه وسلم بلفظ تشهدنا.
Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/363673273655487/