Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0522. SAKIT BISA SEBAGAI PENGGUGUR DOSA ?

PERTANYAAN :
Salam Piss. Sakit apa saja yang menjadi pengugurkan dosa ? Apa semua sakit bisa menjadi penggugur dosa? [Muhammad Syahid As-Siddiq].
JAWABAN :
Sakit yang menjadi pengugurkan dosa adalah sakit/musibah yang diiringi dengan rasa sabar, bisa menggugurkan dosa.
من أعطي فشكر و ابتلي "فصبر"وظلم فاستغفر و ظلم فغفر ثم سكت فقالوا يا رسول الله ماله ؟قال أولئك لهم الأمن و هم مهتدون ~رواه الطبراني
Sabda nabi saw : mereka yang diberi nikmat lalu bersyukur,yang DIUJI dengan MUSIBAH KEMUDIAN IA BERSABAR,yang mendhalimi orang kemudian beristighfar, yang didhalimi kemudian memaafkan. Nabi saw diam,hingga para sahabat bertanya:"apa yang didapatkan mrk wahai rasulullah?". Nabi saw menjawab : mereka akan mendapat keamanan dan merekalah orang yang diberi petunjuk. [ HR Thabrani ].
إن العبد إذا سبقت له من الله منزلة فلم يبلغها بعمل إبتلاه الله في جسده أو ماله أو ولده "ثم صبر"على ذلك حتى يبلغه المنزلة التي سبقت له من الله عز و جل ~رواه أحمد
Sesungguhnya hamba jika sudah ditaqdirkan memiliki tempat disisi Allah dan ia tidak bisa mendapatkannya dengan amal maka Allah akan menberinya cobaan kepada jasadnya,hartanya,atau anak anaknya,yang jika ia SABAR maka ia akan mendapatkan tempat di sisi Allah itu [ HR Ahmad ]. [Raden Mas LeyehLeyeh, Ismael Kholilie].