Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0257. PADA SHOLAT TASBIH, SUJUD SAHWI KAH BILA TIDAK BACA TASBIH ?

PERTANYAAN :
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan sholat TASBIH itu berdeda dengan sholat pada umumnya, yaitu jumlah bacaan tasbih yang telah ditentukan secara khusus. Pertanyaannya: apakah dsunnahkan sujud sahwi kalau tidak membaca tasbih yang sesuai dengan aturan ? [Iam Alizhahab].
JAWABAN :
Kalau saya boleh memberi masukan ketika seseorang yang sedang melaksanakan sholat tashbih tetapi dia tidak membaca sesuai dengan aturan, maka disunnahkan sujud sahwi.
Penyebab disunnahkan sujud sahwi :
1. melakukan sesuatu dimana jika dilakuka secra sengaja membatalkan sholat.
2. meninggalkan sunnah ab'aadh atau bagian dari suatu sunnah ab'adh.
3. memindahkan rukun qouliy bukan pada tempatnya
4. memastikan melakukan suatu rukun fi'liy disaat berkemungkinan terjadi penambahan dikarenakannya.
Pada empat perkara diatas persoalan ketentuan jumlah tasbich yang hendaknya dibaca bila DILAKUKAN tidak sesuai aturannya maka tidak ada ketentuan sujud sahwi..
Yang memBEDAkan antara sholat tasbih dengan sholat yang lain itu adalah bacaan TASBIH (dengan ketentuan & jumlah khusus). Jadi "status" hukum bacaan tasbih yang dtentukan secara KHUSUS dalam pelaksaan sholat tasbih, sekaligus sebagai ciri pembeda antara sholat tasbih dengan sholat yang lain, itu SAMA dengan bacaan tasbih dalam sholat pada umumnya, yaitu sunnah hai'at. Demikian adanya, bacaan tasbich dalam sholat tasbich adalah tetap dihukumi sunnah hai-at.
- kitab al-ADZKAR an NAWAWIYAH  :
قيل لعبد الله بن المبارك ان سها فى صلاة التسبيح ايسبح فى سجدتي السهو عشرا عشرا قال لا انما هي ثلاثمائة تسبحة وانما ذكرت هذا الكلام فى سجود السهو.
Ditanyakan hal ini : " Apabila lupa AKAN SESUATU dalam sholat tasbiich apakah pelaksananya itu hendaknya sujud sahwi dengan membaca dalam hitungan 10 tasbich juga untuk SETIAP SUJUD DARI DUA SUJUD SAHWI itu ?" kepada imam ibnul mubaarok lalu beliau menjawab : TIDAK ?  Sholat tasbich hanyalah sholat dengan bacaan tasbich sebanyak 300 kali tasbiich. Aku mengingat ucapan beliau ini dalam penjelasan soal sujud sahwi.
Pertanyaannya menyikapi ta'biir di atas. SESUATU YANG TERLUPA ? dan mengapa dijawab TIDAK? yang dimaksud TIDAK itu tidak apa? Nah, itu dia yang memerlukan pemikiran lebih dalam lagi. Sekali lagi sementara lafadz LA tersebut maksudnya LA ASYRON ASYRON & lafadz INNAMA HIYA TSALATSU MI'ATI TASBIHATIN itu lebih menekankan pada jumlah baca'an tasbihnya yang membedakan dengan sholat yang lain.
- I’anah jilid 1 :
(تنبيه) سئل ابن حجر رضي الله عنه عن صلاة التسبيح، هل هي من النوافل المطلقة ؟ أو من المقيدة باليوم أو الجمعة أو الشهر أو السنة أو العمر ؟ وإذا قلتم أنها من النوافل المقيدة، هل يكون قضاؤها مستحبا وتكرارها في اليوم أو
الليلة غير مستحب أم لا ؟ وإذا قلتم أنها من النوافل المطلقة، هل يكون قضاؤها غير مستحب وتكرارها في اليوم والليلة مستحب أم لا ؟ وهل التسبيح فرض أو بعض أو هيئة ؟.
فأجاب رضي الله عنه: الذي يظهر من كلامهم أنها من النفل المطلق، فتحرم في وقت الكراهة.
ووجه كونها من المطلق أنه الذي لا يتقيد بوقت ولا سبب، وهذه كذلك، لندبها كل وقت من ليل أو نهار - كما صرحوا به - ما عدا وقت الكراهة لحرمتها فيه.
كما تقرر وعلم من كونها مطلقة أنها لا تقضى، لانها ليس لها وقت محدود حتى يتصور خروجها عنه وتفعل خارجه، وأنه يسن تكرارها ولو مرات متعددة في ساعة واحدة
والتسبيحات فيها هيئة كتكبيرات العيدين، بل أولى، فلا يسجد لترك شئ منها
- Almajmu’ IV/125 :
وأما غير الأبعاض من السنن فلا يسجد لتركها هذا هو الصحيح المشهور المعروف ولنا قول قديم شاذ أنه يسجد لترك كل مسنون ذكرا كان أم عملا ووجهه أن من نسي التسبيح في الركوع والسجود سجد.
Ibnu Hajar menggolongkan sholat tashbih sebagai sholat muthlaq, tanpa batasan waktu dan tanpa sebab. Termasuk juga kaifiyyatnya dihukumi muthlaq, tidak ada aturan (syarat dan rukun) khusus.
Adapun bacaan tshbih yang hukumnya sunat yang menjadi ciri utama dalam sholat ini, tidak cukup dijadikan standar keabsahan sholat tashbih. Sehingga ketika bacaan tashbih itu ditinggalkan dengan SENGAJA sekalipun, tidak akan mengganggu status solat, dan tidak cukup pula menjadi alasan dianjurkannya sujud sahwi sebagai pengganti.
Berkenaan dengan sujud sahwi yang hubungannya dengan sholat tashbih, bacaan tashbih pada sholat tashbih sama halnya seperti bacaan takbir pada solat 'ied yang hukumnya termasuk sunat HAI-AT. Sementara sujud sahwi erat kaitannya dengan sunat AB’ADL. Jadi, tidak ada sujud sahwi sebagai pengganti bacaan tashbih pada sholat tashbih. Demikian, mohon tela’ah dan koreksinya…
Ya, dalam ibarot yang ada dalam kitab i'anah jelas tidak dianjurkan sujud sahwi tetapi dalam ibarot yang ada dalam kitab majmu' diterangkan khilaf & bisa jadi ibarot yang ada dalam kitab adzkar adalah qoul qodim yang syadz, sebagai perbandingan dalam qoul hanafi tetap sunat sujud sahwi dan bacaan tashbih pun termasuk bagian darinya.
وتكبيرات العيد الزائدة وسائر الهيئات المسنونات غير الابعاض
Sehingga dengan pijakan bahwa bacaan tashbih disamakan dengan takbir tambahan sholat 'ied, maka bacaan tashbih tertentu dalam sholat tasbih adalah tetap dihukumi sunnah haiat bukan sunah ab'adh, sehingga tidak perlu sujud sahwi jika lupa bacaan tasbih yang tertentu itu. Wallohu a'lam. [Ibnu Malik, Zaine Elarifine Yahya, Iam Alizhahab, Yupiter Jet].