Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

4175. MIMPI BERJUMPA ROSULULLOH SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM

PERTANYAAN

> Tsalisul Khiyar
Assalamu 'alaikum. Setan tidak bisa menyerupakan dirinya dengan nabi,terus bagaimana jika setan menjelma (menjadi seseorang bagus rupawan, misalnya) kemudian mengatakan "saya (nabi) muhammad" kepada orang yang bermimpi (yang belum pernah bermimpi nabi). Bagaimana menjawab pertanyaan ini ?

JAWABAN

> Santrialit
Wa'alaikum salam

HADITS MIMPI BERTEMU NABI SAW. (ุฑุคูŠุฉ ุงู„ู†ุจูŠ)

A. Hadis Mimpi Bertemu Nabi saw. (Ru’yah al-Nabi)

-ุญَุฏَّุซَู†َุง ุฃَุจُูˆ ุงู„ุฑَّุจِูŠุนِ ุณُู„َูŠْู…َุงู†ُ ุจْู†ُ ุฏَุงูˆُุฏَ ุงู„ْุนَุชَูƒِู‰ُّ ุญَุฏَّุซَู†َุง ุญَู…َّุงุฏٌ - ูŠَุนْู†ِู‰ ุงุจْู†َ ุฒَูŠْุฏٍ - ุญَุฏَّุซَู†َุง ุฃَูŠُّูˆุจُ ูˆَู‡ِุดَุงู…ٌ ุนَู†ْ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ู‚َุงู„َ ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- « ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَู‚َุฏْ ุฑَุขู†ِู‰ ูَุฅِู†َّ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†َ ู„ุงَ ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ุจِู‰ ». ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡. ูˆูู‰ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงู„ุฏุงุฑู…ูŠ : (ู„ุง ูŠุชู…ุซู„ ู…ุซู„ูŠ)

-ุญุฏุซู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฑู…ุญ . ุฃู†ุจุฃู†ุง ุงู„ู„ูŠุซ ุจู† ุณุนุฏ ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุนู† ุฌุงุจุฑ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ุฃู†ู‡ : ู‚ุงู„ ( ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูู‚ุฏ ุฑุขู†ูŠ . ุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ุดูŠุทุงู† ุฃู† ูŠุชู…ุซู„ ููŠ ุตูˆุฑุชูŠ ) ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡

-ุญุฏุซู†ุง ุนุจุฏุงู† ุฃุฎุจุฑู†ุง ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุนู† ูŠูˆู†ุณ ุนู† ุงู„ุฒู‡ุฑูŠ ุญุฏุซู†ูŠ ุฃุจูˆ ุณู„ู…ุฉ ุฃู† ุฃุจุง ู‡ุฑูŠุฑุฉ ู‚ุงู„ : ุณู…ุนุช ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„ ( ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูุณูŠุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ ูˆู„ุง ูŠุชู…ุซู„ ุงู„ุดูŠุทุงู† ุจูŠ ) ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ

-ุญุฏุซู†ุง ุนู„ูŠ ุจู† ู…ุญู…ุฏ . ุญุฏุซู†ุง ูˆูƒูŠุน ุนู† ุณููŠุงู† ุนู† ุฃุจูŠ ุฅุณุญุงู‚ ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฃุญูˆุต ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… : ู‚ุงู„ ( ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูู‚ุฏ ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ ูุฅู† ุงู„ุดูŠุทุงู† ู„ุง ูŠุชู…ุซู„ ุนู„ู‰ ุตูˆุฑุชูŠ ) ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡

-ุญَุฏَّุซَู†ِู‰ ุฃَุจُูˆ ุงู„ุทَّุงู‡ِุฑِ ูˆَุญَุฑْู…َู„َุฉُ ู‚َุงู„ุงَ ุฃَุฎْุจَุฑَู†َุง ุงุจْู†ُ ูˆَู‡ْุจٍ ุฃَุฎْุจَุฑَู†ِู‰ ูŠُูˆู†ُุณُ ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุดِู‡َุงุจٍ ุญَุฏَّุซَู†ِู‰ ุฃَุจُูˆ ุณَู„َู…َุฉَ ุจْู†ُ ุนَุจْุฏِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุฃَู†َّ ุฃَุจَุง ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ู‚َุงู„َ ุณَู…ِุนْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠَู‚ُูˆู„ُ )ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَุณَูŠَุฑَุงู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْูŠَู‚َุธَุฉِ ุฃَูˆْ ู„َูƒَุฃَู†َّู…َุง ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْูŠَู‚َุธَุฉِ ู„ุงَ ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ُ ุจِู‰( ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู… ูˆ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ
ูˆูู‰ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงุญู…ุฏ : ( ุฃَูˆْ ูَูƒَุฃَู†َّู…َุง)-ุญุฏุซู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจู† ูŠุญูŠู‰ . ุญุฏุซู†ุง ุณู„ูŠู…ุงู† ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฏู…ุดู‚ูŠ . ุญุฏุซู†ุง ุณุนุฏุงู† ุจู† ูŠุญูŠู‰ ุจู† ุตุงู„ุญ ุงู„ู„ุฎู…ูŠ . ุญุฏุซู†ุง ุตุฏู‚ุฉ ุจู† ุฃุจูŠ ุนู…ุฑุงู† ุนู† ุนูˆู† ุจู† ุฃุจูŠ ุฌุญูŠูุฉ ุนู† ุฃุจูŠู‡ ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ู‚ุงู„ ( ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ููƒุฃู†ู…ุง ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ . ุฅู† ุงู„ุดูŠุทุงู† ู„ุง ุจุณุชุทูŠุน ุฃู† ูŠุชู…ุซู„ ุจูŠ ) ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡

-ุฃุฎุจุฑู†ุง ุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ู…ุตูู‰ ุซู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุญุฑุจ ุนู† ุงู„ุฒุจูŠุฏูŠ ุนู† ุงู„ุฒู‡ุฑูŠ ุนู† ุฃุจูŠ ุณู„ู…ุฉ ุนู† ุฃุจูŠ ู‚ุชุงุฏุฉ ู‚ุงู„ ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… : )ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูู‚ุฏ ุฑุฃู‰ ุงู„ุญู‚( ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฏุงุฑู…ูŠ ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆ ู…ุณู„ู… : (ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ูู‚ุฏ ุฑุฃู‰ ุงู„ุญู‚


B. Penjelasan

ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَู‚َุฏْ ุฑَุขู†ِู‰ ูَุฅِู†َّ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†َ ู„ุงَ ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ุจِู‰

Menurut al-Baqillani, makna “melihatku” (Rasulullah) dalam hadis di atas adalah benar adanya, bukan mimpi kosong, juga bukan penyerupaan-penyerupaan dari syetan.

Menurut Imam al-Ghazali, makna sabda Nabi ูَู‚َุฏْ ุฑَุขู†ِู‰ maksudnya bukan berarti seseorang akan melihat jasadnya atau badannya, melainkan seseorang akan melihat perumpamaan dari makna yang terkandung dalam mimpi tersebut.
Namun, banyak kaum sufi yang berkeyakinan bahwa seseorang dapat bertemu Nabi secara langsung, meskipun Nabi Muhammad saw. telah wafat empat belas abad yang silam. Keyakinan kaum sufi yang seperti ini berdasarkan hadis riwayat al-Bukhari dari Abรป Hurairah:
ู…ู† ุฑุขู†ูŠ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูุณูŠุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ ูˆู„ุง ูŠุชู…ุซู„ ุงู„ุดูŠุทุงู† ุจูŠ
“Siapa yang melihatku saat mimpi, maka ia akan melihatku dalam keadaan sadar. Dan syetan tidak dapat menyerupai diriku.”

Untuk dapat menafsirkan hadis riwayat al-Bukhari di atas, perlu diperhatikan apakah ada hadis-hadis lain yang membicarakan tema yang sama. Jika ternyata ditemukan adanya riwayat lain, maka tidak boleh mengabaikan riwayat-riwayat tersebut. Karena seperti halnya ayat al-Qur’an antara yang satu dengan yang lain bisa saling menafsirkan, dalam hadis Nabi pun berlaku kaidah demikian, yakni antara satu riwayat dengan riwayat lainnya dapat saling menafsirkan.

Untuk menjawab pertanyaan bisakah seseorang bertemu langsung dengan Nabi Muhammad saw., ada riwayat lain yang perlu diteliti dan merupakan kunci untuk memahami hadis mimpi bertemu Nabi Muhammad saw., yaitu sebuah hadis riwayat Muslim dan Abรป Dรขwรปd melalui jalur Abรป Hurairah ra. Berikut teks hadis tersebut:
ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَุณَูŠَุฑَุงู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْูŠَู‚َุธَุฉِ ุฃَูˆْ ู„َูƒَุฃَู†َّู…َุง ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْูŠَู‚َุธَุฉِ ู„ุงَ ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ُ ุจِู‰
“Siapa yang melihatku saat mimpi, maka ia akan melihatku dalam keadaan sadar atau seakan-akan ia telah melihatku. Dan syetan tidak bisa menyerupai diriku.”

Baik riwayat al-Bukhari maupun riwayat Muslim dan Abรป Dรขwรปd, keduanya sama-sama melalui jalur Abรป Hurairah. Namun riwayat al-Bukhari nampaknya mempunyai arti yang umum. Riwayat seperti ini membutuhkan riwayat lain untuk menafsirkannya. Tanpa didukung riwayat lain yang semakna, maka akan sulit untuk menafsirkannya. Bahkan bisa keliru menafsirkannya dan merusak makna yang sebenarnya dari hadis tersebut.


Sementara riwayat Muslim dan Abรป Dรขwรปd nampaknya mempunyai arti yang lebih khusus. Maka tepat sekali jika riwayat Muslim dan Abรป Dรขwรปd tersebut dijadikan sebagai penafsir dari riwayat al-Bukhari. Dengan demikian, makna hadis ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَุณَูŠَุฑَุงู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْูŠَู‚َุธَุฉِ (Siapa yang bermimpi melihatku, maka ia akan melihatku secara nyata), tidak seperti pemahaman kaum sufi selama ini yakni benar-benar bertemu langsung dengan Nabi Muhammad saw., tapi hanya merupakan sebuah pengandaian saja. Kata kunci untuk menafsirkan hadis tersebut adalah lafazh ู„َูƒَุฃَู†َّู…َุง yang berarti suatu pangandaian. Jika kedua riwayat tersebut digabungkan, maka hadis itu bermakna Siapa yang bermimpi melihatku, maka seakan-akan ia telah bertemu langsung denganku.
Untuk mengetahui penafsiran hadis tersebut secara luas, di sini akan dikemukakan beberapa pendapat ulama ahli hadis. Menurut al-Nawawi, maksud lafazh ูุณูŠุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ mengandung tiga pengertian, yaitu:
1. Bagi orang-orang yang sezaman dengan Nabi Muhammad saw. namun tidak sempat berhijrah, lalu orang tersebut bermimpi melihat Nabi Muhammad saw. maka Allah akan memberikan taufiq-Nya kepada mereka sehingga bisa bertemu Nabi Muhammad saw.;
2. Akan bertemu Nabi Muhammad saw. di akhirat sebagai pembenaran mimpinya, karena di akhirat setiap umat Nabi Muhammad saw. baik yang pernah bertemu maupun belu, akan mengalami pertemuan langsung dengan beliau;
3. Melihat Nabi di akhirat secara dekat dan mendapat syafa’atnya.

Menurut Ibnu Hajar al-‘Asqalรขnรฎ, penafsiran terhadap hadis mimpi bertemu Nabi yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dibagi menjadi enam pendapat, yaitu:
1. Hadis tersebut harus dipahami secara perumpamaan (tasybรฎh), karena diperkuat dengan riwayat lain yang redaksi lafazhnya menunjukkan arti perumpamaan (ู„َูƒَุฃَู†َّู…َุง).
2. Orang yang mimpi bertemu Nabi akan melihat kebenaran, baik secara nyata maupun hanya ta’bir saja.
3. Hadis tersebut dikhususkan kepada orang-orang yang sezaman dengan Nabi Muhammad saw. dan bagi orang yang beriman kepada Nabi yang belum sempat melihatnya.
4. Bahwa orang mimpi tersebut akan melihat Nabi, seperti ketika bercermin, namun hal tersebut sangat mustahil.
5. Maknanya bahwa ia akan melihat Nabi Muhammad saw. pada hari kiamat dan tidak dikhususkan bagi mereka yang telah mimpi bertemu dengan Nabi saja.
6. Orang yang mimpi melihat Nabi, ia akan melihatnya secara nyata. Namun pendapat ini masih diperdebatkan.

Sementara itu menurut Yรปsuf al-Qardhawi, pengertian hadis mimpi bertemu Nabi dengan berbagai riwayatnya menunjukkan bahwa Allah memuliakan Nabi-Nya dan memuliakan umat-Nya dengan mencegah syetan untuk menampakkan dirinya dalam sosok Nabi Muhammad saw. di dalam mimpi. Tujuannya agar syetan tidak mempunyai peluang untuk berdusta dengan lisan Nabi-Nya dan tidak bisa menyesatkan umat manusia. Meskipun Allah telah memberikan kesanggupan kepada syetan untuk merubah dirinya dalam sosok apa saja yang diinginkannya, tapi untuk menjelma seperti sosok Nabi Muhammad saw. syetan tidak sanggup melakukannnya. Oleh karena itu, siapa saja yang melihat Nabi Muhammad saw. dalam mimpinya, maka orang tersebut sungguh-sungguh telah melihat Nabi Muhammad saw. dengan benar atau ia telah melihat kebenaran, sebagaimana dijelaskan dalam hadis. Dan mimpi melihat Nabi Muhammad saw. tidaklah dikategorikan sebagai mimpi yang kosong dari makna, dan juga bukan dari godaan syetan.

Sedangkan untuk membuktikan kebenaran mimpi bertemu dengan Nabi, langkah yang harus ditempuh adalah dengan menanyakan kepada orang yang bermimpi tentang sifat Nabi yang ditemuinya itu. Jika cocok dengan sifat yang telah diterangkan dalam riwayat-riwayat, maka orang tersebut benar-benar telah melihat Nabi dalam mimpinya.

Sebaliknya, jika tidak sesuai maka orang tersebut telah bermimpi. Hal seperti inilah yang dilakukan oleh ahli tafsir mimpi, Ibnu Sirin, sebagaimana dituturkan oleh Ibnu Hajar al-‘Asqalรขni:
ุฅุฐุง ู‚ุต ุนู„ูŠู‡ ุฑุฌู„ ุฃู†ู‡ ุฑุฃู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ู‚ุงู„ ุตู ู„ูŠ ุงู„ุฐูŠ ุฑุฃูŠุชู‡ ูุงู† ูˆุตู ู„ู‡ ุตูุฉ ู„ุง ูŠุนุฑูู‡ุง ู‚ุงู„ ู„ู… ุชุฑู‡
“Jika seseorang berkata kepada Ibnu Sirrin bahwa ia telah mimpi melihat Nabi Muhammad saw., maka ia akan bertanya kepadanya: ‘Jelaskanlah sifat orang yang kamu lihat (mimpikan) itu kepadaku’. Maka jika orang yang bermimpi tersebut mengisahkan kepadanya denga sifat yang tidak diketahui oleh Ibnu Sirin, maka Ibnu Sirin berkata: ‘Kamu tidak melihat Nabi Muhammad saw. dalam mimpimu’.”

- Syarah Shohih Bukhori Li Ibni Bathol

ุจุงุจ ูู‰ ุฑุคูŠุฉ ุงู„ู†ุจู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ูู‰ ุงู„ู…ู†ุงู…

- ููŠู‡: ุฃَุจُูˆ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ، ู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِู‰ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: (ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَุณَูŠَุฑَุงู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْูŠَู‚َุธَุฉِ، ูˆَู„ุง ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ُ ุจِู‰).

- ูˆููŠู‡: ุฃَู†َุณ، ู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِู‰ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: (ู…َู†ْ ุฑَุขู†ِู‰ ูِู‰ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَู‚َุฏْ ุฑَุขู†ِู‰، ูَุฅِู†َّ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†َ ู„ุง ูŠَุชَุฎَูŠَّู„ُ ุจِู‰...) ุงู„ุญุฏูŠุซ.

ู‡ุฐุง ุฅุฎุจุงุฑ ู…ู†ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู† ุงู„ุบูŠุจ ูˆุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู…ู†ุน ุงู„ุดูŠุทุงู† ุฃู† ูŠุชุตูˆุฑ ุนู„ู‰ ุตูˆุฑุชู‡، ูˆู‚ุฏ ุชู‚ุฏู… ูู‰ ุฃูˆู„ ูƒุชุงุจ ุงู„ุนุจุงุฑุฉ ูˆู‚ูˆู„ู‡: (ูุณูŠุฑุงู†ู‰ ูู‰ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ) ูŠุนู†ู‰ ุชุตุฏูŠู‚ ุชู„ูƒ ุงู„ุฑุคูŠุง ูู‰ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ ูˆุตุญุชู‡ุง ูˆุฎุฑูˆุฌู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚؛ ู„ุฃู†ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ุณุชุฑุงู‡ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ ูู‰ ุงู„ูŠู‚ุธุฉ ุฌู…ูŠุน ุฃู…ุชู‡ ู…ู† ุฑุขู‡ ูู‰ ุงู„ู†ูˆู…، ูˆู…ู† ู„ู… ูŠุฑู‡ ู…ู†ู‡ู…. 
http://www.al-eman.com/.../%D8%A8%D8%A7.../i306&d221205&c&p1

Wallohu A'lam



>Ghufron Bkl

Syaikhul Islaam Zakariya Al-Anshoori berkata :

ูˆَุฑُุคْูŠَุชُู‡ُ ููŠ ุงู„ู†َّูˆْู…ِ ุญَู‚ٌّ ูุฅู† ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†َ ู„َุง ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ุจِู‡ِ ูƒู…ุง ุซَุจَุชَ ุฐู„ูƒ ููŠ ุงู„ุตَّุญِูŠุญَูŠْู†ِ ูˆَู„َุง ูŠُุนْู…َู„ُ ุจู‡ุง ูِูŠู…َุง ูŠَุชَุนَู„َّู‚ُ ุจِุงู„ْุฃَุญْูƒَุงู…ِ ู„ِุนَุฏَู…ِ ุถَุจْุทِ ุงู„ู†َّุงุฆِู…ِ ู„َุง ู„ِู„ุดَّูƒِّ ููŠ ุฑُุคْ
ูŠَุชِู‡ِ

"Dan melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi adalah kebenaran, karena Syaithan tidak bisa meniru Nabi sebagaimana telah valid dalam shahih Al-Bukhari dan shahih Muslim, dan tidaklah diamalkan mimpi tersebut tentang apa-apa yang berkaitan dengan hukum-hukum dikarenakan tidak adanya dhobth dari orang yang mimpi, bukan karena keraguan akan benarnya ia mimpi" (Asna Al-Mathoolib 3/106)

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata :

ุฃَู†َّู‡ُ ู…َู†ْ ุฑَุขู‡ُ - ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ - ูِูŠ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ูَู‚َุฏْ ุฑَุขู‡ُ ุญَู‚ًّุง. ูˆَุฃَู†َّ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†َ ู„َุง ูŠَุชَู…َุซَّู„ُ ูِูŠ ุตُูˆุฑَุชِู‡ِ، ูˆَู„َูƒِู†ْ ู„َุง ูŠُุนْู…َู„ُ ุจِู…َุง ูŠَุณْู…َุนُู‡ُ ุงู„ุฑَّุงุฆِูŠ ู…ِู†ْู‡ُ ูِูŠ ุงู„ْู…َู†َุงู…ِ ู…ِู…َّุง ูŠَุชَุนَู„َّู‚ُ ุจِุงู„ْุฃَุญْูƒَุงู…ِ، ู„ِุนَุฏَู…ِ ุถَุจْุทِ ุงู„ุฑَّุงุฆِูŠ، ู„َุง ู„ِู„ุดَّูƒِّ ูِูŠ ุงู„ุฑُّุคْูŠَุฉِ، ูَุฅِู†َّ ุงู„ْุฎَุจَุฑَ ู„َุง ูŠُู‚ْุจَู„ُ ุฅِู„َّุง ู…ِู†ْ ุถَุงุจِุทٍ ู…ُูƒَู„َّูٍ، ูˆَุงู„ู†َّุงุฆِู…ُ ุจِุฎِู„َุงูِู‡ِ

"Sesungguhnya barang siapa yang melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi maka ia telah melihatnya sesungguhnya. Dan sesungguhnya syaitan tidak bisa menyerupai bentuk Nabi. Akan tetapi tidak diamalkan apa yang didengar oleh seorang yang mimpi dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi, tentang apa yang berkaitan dengan hukum. Karena orang yang mimpi tidak dhobith (tidak memiliki kemampuan menangkap dan menghafalkan berita atau riwayat yang didengarnya-pen) bukan dari sisi ragu akan mimpinya melihat Nabi akan tetapi suatu khobar/berita tidaklah diterima kecuali dari seseorang yang dhobith mukallaf. Adapun seorang yang sedang tidur tidaklah demikian" (Roudhotut Thoolibin 7/16)



LINK ASAL