Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

3530. CARA MENCINTAI BAGINDA NABI SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Mau tanya bagaimana cara mencintai nabi Muhammad saw sedang melihat pun tiada pernah ? Makasih ustadz. [Chikado Lukime].

JAWABAN :

Wa'alaikum salam Wr Wb, cabang iman ke 14 dan 15 adalah mencintai nabi Muhammad SAW dan mengagungkan derajat baginda rosul.
- Kitab Qoomi' Thughyan Hal 6 :
واحبب نبيك ثم عظيم قدره *** وابخل بدينك ما يري بك مأثم

Cintailah nabimu, kemudian agungkan derajatnya; dan kikirlah dengan agamamu selama dilihat perbuatan dosa bagimu.
Rosululloh SAW bersabda :
لا يحب احدكم حتي اكون احب اليه من نفشه وماله وولده ووالده والناس اجمعين

Tidaklah beriman salah satu diantara kalian sehingga ia lebih mencintaiku lebih dari dirinya sendiri,,hartanya,anaknya,orang tuanya dan semua orang. Yang dimaksud dengan kata الناس adalah selain yang telah disebutkan seperti kerabat, kenalan, tetangga, sahabat dan lainnya.

Cinta kepada Rosululloh SAW adalah cinta kepada Allah SWT,begitu juga cinta kepada Ulama dan kekasih-kekasih Allah yang bertaqwa. Mengapa demikian ? Karena Allah mencintai mereka dan mereka mencintai Allah, dan pada hakikatnya tidak ada yang berhaq untuk dicintai kecuali Allah semata.

MENJUNJUNG DAN MEMULIAKAN DERAJAT NABI MUHAMMAD SAW

Dalam hal ini hendaklah seseorang mengetahui akan tingginya derajat nabi SAW, sopan santun ketika menyebut nama beliau, senang mendengar nama dan hadits" beliau, memperbanyak membaca sholawat dan salam kepada beliau, dan bersungguh-sungguh mengikuti sunah beliau SAW.

وحب الرسول هو عين حب الله وكذلك حب العلماء والاتقياء لان الله يحبهم وهم يحبونه وكل ذلك يرجع الي حب الاصل ويتجاوزه الي غيره فلا محبوب بالحقيقة عند ذوي البصائر الا الله ولا مستحق للمحبة سواه  تعظيم قدر نبينا ص.م بان يعرف علو قدره ويراعي الادبعند ذكره وسماع اسمه وحديثه ويكثر الصلاة والسلام عليه ويعتني في اتباع سنته.

WALLAHU A'LAM. [Ical Rizaldysantrialit].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/843161162373360/