Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2735. MAKRUH MENIKAHI WANITA YANG PERNAH BERZINA

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr wb, numpang tanya, apa hukumnya menikah dengan orang yang telah berzina dengan pacarnya di masa lalunya ?  syukron atas jawabannya. [Melody Senja].

JAWABAN :

Waalaikumsalam wr wb. Boleh menikah dengan orang yang telah berzina dengan pacarnya di masa lalunya asalkan telah bertaubat, karena tidak boleh menikahi wanita pezina yang sudah dikenal umum perbuatan buruknya, tidak boleh juga menikahi lelaki pezina yang tampak kejelekan dan dikenal umum perbuatannya kecuali bila telah nampak adanya taubat yang benar darinya.

وروي عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( إذا زنى الرجل خرجمنه الإيمان فكان عليه كالظلة فإذا أقلع رجع إليه الإيمان ) رواه أبو داود واللفظ له
Diriwayatkan dari Abu Hurairoh ra. Dia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallama bersabda “Bila seorang lelaki berzina perbuatannya laksana penutup (iman) baginya namun bila dia telah menjauhkan diri dari zina (bertaubat), imannya kembali padanya” (HR AbuDaud).

وفي رواية للبيهقي قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( إن الإيمان سربال يسربله الله من يشاء فإذا زنى العبد نزع منه سربال الإيمان فإن تاب رد عليه )

Dalam sebuah riwayat Imam Baehaqi dikatakan : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallama bersabda “Iman itu laksana gamis/baju yang Allah kenakan pada hambaNya yang dikehendaki, bila seorang berzina lepaslah pakaian tersebut bila dia bertaubat dikembalikan lagi pakaiannya”. (HR. Baehaqi).

ولا يجوز التزوج بالزانية التي اشتهرت بذلك ولا يجوز التزوج من الزاني الذي يتظاهربالفاحشة واشتهر بها إلا إذا ظهرت التوبة الصادقة عليه

“Tidak boleh menikahi wanita pezina yang sudah dikenal umum perbuatannya, tidak boleh juga menikahi lelaki pezina yang tampak kejelekan dan dikenal umum perbuatannya kecuali bila telah nampak adanya taubat yang benar darinya”. [AlFiqh ‘Alaa Madzaahib al-Arba’ah V/60].

Menikahi orang yang pernah berbuat zina hukumnya boleh / sah tapi makruh, karena dengan berzina ia termasuk kategori orang fasiq :

.ومما يكره من الأنكحة نكاح من لم يحتج الى الوطئ مع فقده الاهبة____ و نكاح الفاسقة وبنت الفاسق. الشرقاوي ٢/٢٤٨قوله و دينة أى نكاح المرأة الدينة التي وجدت فيها صفة العدالة أولى من نكاح الفاسقة ولو بغير نحو الزنا. اعانة الطالبين ٣/٢٧٠

Juga bisa dengan ta'bir yang ini juga :

.يجوز نكاح الحامل من الزنا سواء الزاني وغيره و وطؤها حينئذ مع الكراهة. بغية المسترشدين ص ٢٠١

Wallaahu A'lamu Bis Showaab. [Masaji Antoro, Ghufron Bkl].
LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/575332409156238