Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2634. ANAK HASIL WATHI SYUBHAT TETAP BERHAK DAPAT WARISAN DARI BAPAKNYA

PERTANYAAN :

Intan Nur Azizah
Assalamualaikum.. Maw nanya masalah warisan. Pak hasan dan bu ita punya 2 anak. namanya Aldy dan Risma. Suatu saat pak hasan bercerai. Sesuai ksepakatanbersama pak hasan membwa risma dan bu ita membwa aldy. Kemudian mereka pisah tanpa ada kabar. Dan pak hasan meninggal begitupun bu ita. SuAtu ketika risma dan aldy di pertemukan ketika usia remaja dan mereka tak tahu jika bersaudra sedarah. Akhirnya saling cinta dan menikah hingga punya 1 anak. Saat itulah ada keluarga jauh yang mngatakn mereka sedarah dgn bukti yang kuat akhirnya mereka sadar dan memutskan tali pernikahan tersebut. 
Apakah anak yang terlahir dari ikatan pernikahan sedarah karena ketidak tahuan tetap berhak mnerima warisan dari bapaknya ?  dan berapakah bagiannya..

JAWABAN :

> Aslim Tas'ad Sie Pengajian 
Wa'alaikumussalaam, itu masuk kasus Wath'i subhat, anaknya bertemu nasab pada orang yang mewath'i (ayahnya). Buka fiqhul islam 4/594 :

ﻭﺗﺠﺐ ﺍﻟﻌﺪﺓ ﺃﻳﻀﺎً ﺑﺎﻻﺗﻔﺎﻕ ﺑﺎﻟﺘﻔﺮﻳﻖ ﻟﻠﻮﻁﺀﺑﺸﺒﻬﺔ، ﻛﺎﻟﻤﻮﻃﻮﺀﺓ ﻓﻲ ﺯﻭﺍﺝ ﻓﺎﺳﺪ؛ ﻷﻥ ﻭﻁﺀ
ﺍﻟﺸﺒﻬﺔ ﻭﺍﻟﺰﻭﺍﺝ ﺍﻟﻔﺎﺳﺪ ﻛﺎﻟﻮﻁﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺰﻭﺍﺝﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﺷﻐﻞ ﺍﻟﺮﺣﻢ ﻭﻟﺤﻮﻕ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﺑﺎﻟﻮﺍﻃﺊ،.

Wath'i subhat dan pernikahan yang rusak ( karena tunggal mahrom ) itu seperti pernikahan shahih di dalam masalah yang berhubungan rahim dan bertemunya nasab dengan pewath'i .

> Ghufron Bkl 
Anak yang dilahirkan dari pernikahan syubhat seperti pernikahan semahrom yang sebelumnya tidak diketahui, maka anak tsb ada hubungan nasab pada bapaknya, maka dari itu anak tsb berhak mendapatkan waritsan dari bapaknya karena di anatara sebab menerima waritsan adalah ada hubungan nasab. :

.ولو نكح إمرأة فبانت محرمة برضاع ببينة أو إقرار فرق بينهما فإن حملت منه كان الولد نسيبا لاحقا بالواطئ لا يجوز نفيه. بغية المسترشدين ص : ٢٠١ولو مات الزوج فينبغي أن ترث منه زوجته بالزوجية لا بالأختية لأن الزوجية لا تحجب بخلاف الأختية فهي أقوى السببين. إعانة الطالبين ٣/٢٨٣و للإرث أركان و شروط و أسباب____وأسبابه ثلاثة وهي نكاح ولاء و نسب. إعانة الطالبين ٣/٢٢٣

Bagian warisan anak tersebut (seorang anak) sesuai aturan faroidh biasa, jika anak lelaki dapat 'ashobah / sisa, jika anak perempuan dapat setengah.

LIN ASAL :

DOKUMEN FB :