Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2565. JIKA ADA DUA SHALAT JUM'AT DALAM SATU KAMPUNG MANA YANG SAH ?

PERTANYAAN :

Tentang 2 jum'atan dalam 1 desa kecil, apakah harus berlomba-lomba siapa yang takbirotul ihrom dahulu itulah yang sah ? atau dapat didefinisikan masjid yang lebih dulu didirikan itu otomatis takbirotul ihrom duluan ? [Ma'shûm Muhammad Alfandaniy].

JAWABAN :

Dalam 1 desa yang terjadi 2 jum'at, bila terjadinya 2 jum'at tersebut bukan karena udzur seperti jama'ahnya tidak mungkin ditampung dalam satu tempat karena terlalu banyak, ada permusuhan dan atau penduduknya berjauhan sehingga penduduk yang ada di ujung desa tidak 1 orangpun yang mendengar adzan yang dikumandangkan di tempat pelaksanaan jum'at maka jum'at yang sah adalah jum'at yang takbir imamnya (ro'nya lafazh akbar) yang terlebih dulu, kalau terjadinya 2 jum'atan tersebut karena ada udzur maka semua jum'atnya sah walaupun takbirnya bersamaan atau secara berurutan.

.وخامسها أن لا يسبقها بالتحرم ولا يقارنها فيه جمعة أخرى بمحلها الا ان عسر اجتماع الناس بمكان، والعبرة باحرام الإمام وقوله بالتحرم أى آخره وهو الراء من أكبر، قوله الا إن عسر اجتماع الناس إما لكثرتهم أو لقتال بينهم كحرام و سعد أو بعد أطراف البلد بأن يكون من بطرفها لا يبلغهم الصوت بشروطه الأتية___واعلم أنه إذا تعددت الجمعة لحاجة بأن عسر اجتماع بمكان جاز التعدد بقدرها وصحت صلاة الجميع على الأصح سواء وقع احرام الأئمة معا أو مرتبا___والمعتبر سماع واحد فأكثر من ذلك المحل بالقوة مع اعتدال الصوت واستواء المكان وعدم المانع من هواء أو شجر مثلا ولا يعتبر العلو فلو كان المكان على عال يسمع اهله النداء لعلوه ولو فرض على مستو لم يسمع لم تلزمهم بخلاف عكسه. الشرقاوي ١/٢٦٣-٢٦٨

Kalau tak ada udzur maka :
1.yang duluan takbir (sampai huruf ro lafadz akbar) itu yang sah, yang telat tidak sah..
2.bila bersamaan keduanya tidak sah dan harus berkumpul jadi satu kemudian mengulangi jum'atan..
3.jika diragukan apakah bersamaan atau ada yang duluan hukum sama dengan yang ke 2.
4.bila ada yang duluan tapi diragukan yang mana di antara ke 2 juma'atan tersebut maka mengulang sholat dhuhur semuanya..
5.diketahui mana yang lebih dulu tapi kemudian lupa maka hukum sama dengan no 4. Wallahu a'lam. [Ghufron Bkl, Muhammad Thoriq].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/593229270699885