Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2529. HUKUM JUAL-BELI BULU AYAM DAN MENTHOK

PERTANYAAN :

Pertanyaan titipan. Apa hukumnya menjual BULU Ayam / Menthok..!!?? Mohon keterangannya ada di kitab apa..!? Soalnya saya pernah mendapatkan Satu keterangan kang tapi saya tak tahu Kitabnya, bahwasannya ayam / menthok / basur yang dicabut bulunya saat masih Hidup, maka Bulu tersebut diHukumi Bangkai. [Truno Joyo].

JAWABAN :

Hukum menjual BULU Ayam / Menthok itu boleh. Kebolehan menjual bulu adalah lantaran bulu tersebut dikategorikan sebagai benda yang suci.

و الشعر المجهول انفصاله هل هو فى حال حياة الحيوان الماكول او لا او كونه ماكولا او غيره طاهر عملا بالاصل

Bulu yang tidak diketahui terpisahnya apakah ia pisah pada saat binatang yang boleh dimakan masih hidup atau sudah mati. Atau berasal dari binatang yang halal atau yang lain? Maka bulu tersebut hukummya SUCI karena berpegang pada keasliannya (lihat bujairomi alal khatib 1/189).

و شعر ماكول و ريشه اذا ابين فى حياة...الى ان قال...فهما طاهران

Rambut binatang yang halal dimakan dan bulunya ketika dipisahkan pada saat masih hidup...maka keduanya adalah SUCI (lihat i'anah 1/87).

و شرط فى معقود) عليه مثمنا كان او ثمنا (ملك له) اى للعاقد (عليه)...الى ان قال...(و طهره) او امكان طهره بغسل

Syarat barang yang di-akadi baik itu dagangan atau uangnya adalah harus milik orang yang melakukan akad....dan suci atau memungkinkan mensucikannya dengan dibasuh (lihat i'anah 3/9). Wallohu a'lam. [Abdur Rahman Assyafi'i].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/591049504251195