Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2514. LEBIH UTAMA SHALAT BERJAMA'AH DI MASJID ATAU RUMAH SAMA ISTRI ?

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum, mohon maaf saya mau tanya, tapi sebelumnya saya juga minta maaf jika mungkin pertanyaan ini sudah pernah ditanyakan sebelumnya :
1.Lebih baik / afdhol sholat berjamaah di masjid, ataukah sholat berjamaah dengan istri di rumah??, kan kalau berjamaah di rumah dengan istri, akhirnya malah jarang jamaah di masjid.
2.Lebih baik manakah di antara kedua orang ini (Ahmad & Zaid) ; Ahmad sangat aktif (istiqomah) berjamaah sholat 5 waktu di masjid, tapi dia gak pernah sholat tahajjud. Zaid sangat jarang sholat berjamaah 5 waktu di masjid, lebih sering sholat sendirian, tapi dia sangat aktif sholat tahajjud ? Mohon kalau ada ta'birnya. Terimakasih banyak, wassalam. [Syamsul Ma'arif].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam.
1. Bila dia shalat berjama'ah di masjid menyebabkan istrinya shalat sendirian dirumah / tidak berjama'ah maka lebìh afdlol berjama'ah di rumah bersama istri dengan catatan, dengan tidak hadirnya dia ke masjid tidak menyebabkan kekosongan jama'ah di masjid / dengan tidak hadirnya dia ke masjid tetap ada jama'ah di masjid.
- Kitab Busyro Al Karim 1/119 :

..نعم إن كان يصليها بأهله جماعة وذهابه الى المسجد يفوتها وقام الشعار بغيره ولم يتعطل مسجد بغيبته فهو أفضل. بشرى الكريم

- Al Bajuri 1/193 :

وتحصل فضيلة الجماعة بصلاته بزوجته أو نحوها بل تحصيله الجماعة لأهل بيته أفضل. الباجوري

2. Lebih baik manakah di antara kedua orang ini (Ahmad & Zaid) ; Ahmad sangat aktif (istiqomah) berjamaah sholat 5 waktudi masjid, tapi dia tak pernah sholat tahajjud. Zaid sangat jarang sholat berjamaah 5 waktu di masjid, lebih sering sholat sendirian, tapi dia sangat aktif sholat tahajjud ? Ahmad berjamaah isya : sholat separuh malam jamaah subuh :sama dengan shalat semalam penuh [ kitab fadhila jaamaah ]. Pandangan kami berjamaah lebih baik dari pada tahajud, sebab berjama'ah hukumnya fardhu kifayah. Wallohu a'lam. [Ghufron Bkl, Sedot Wc].

LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/584560421566770