Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2503. KRITERIA MA'MUM MASBUQ SHALAT JAMAAH

PERTANYAAN :

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. Sebenernya saya mau tanya, makmum masbuk itu seperti apa yaa ? jika kita tertinggal dalam hal rukun dan sunahnya, mana yang harus didahulukan ? [Muhammad Harun Rosyd].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh, ma'mum masbuq itu ma'mum yang ketinggalan imam, maksudnya tidak bisa mengikuti jamaah sejak rokaat awal, batasannya adalah ruku' awal dengan tumakninah bersama imam. Definisi lain menyatakan ma'mum masbuq adalah ma'mum yang tidak nututi / menyusul berdirinya imam baik di roka'at pertama atau selainnya seukuran baca fatihah dengan bacaan standar. Adapun rukun dan sunah, maka rukun merupakan pokok sedang sunah adalah tambahan. Jika kita tertinggal dalam hal rukun dan sunahnya, maka harus memilih rukun karena meninggalkan rukun berakibat shalatnya tidak sah, sedangkan meninggalkan sunah shalatnya tetap sah. Wallohu a'lam. [Ali Al Hamdulillah, Ghufron Bkl].

.ولو اشتغل مسبوق وهو من لم يدرك من قيام الإمام أى سواء كان قيام الركعة الأولى أو غيرها ويتصور كونه مسبوقا في كل الركعات لنحو زحمة أو بطئ حرة، قدرا يسع الفاتحة بالنسبة الى القرأة المعتدلة أى لا بالنسبة لقرأته ولا لقرأة إمامه. إعانة الطالبين ٢/٣٥2.

.أما في غير الحج فالنسبة بينهما العموم والخصوص المطلق على الراجح فكل ما يسمى ركنا يسمى واجبا وما يسمى واجبا قد يسمى ركنا وتتوقف الصحة على كل منهما والسنة ما لا تتوقف عليه الصحة. الشرقاوي ١/٤٦٧

LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/592242297465249