Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

2480. MENGAPA MEMBACA TIGA SURAT DALAM SHALAT WITIR ?

PERTANYAAN :

Assalmualaikum, kami ingin bertanya : kalau boleh tahu di dalam sholat witir yang 1 roka'at di dalam sholat tarawih itu kok, menggunakan 3 bacaan surat setelah alfatihah ? mohon penjelasannya. [Madas Barera].

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam, mengapa dalam sholat witir yang 1 roka'at di dalam sholat tarawih itu menggunakan 3 bacaan surat setelah alfatihah, karena kita meniru tata cara shalat witir Nabi Muhammad SAW, sebagaimana penjelasan ibaroh I'anatut thalibin 1/250 berikut :

قوله و یسن لمن اوتر بثلاث ان یقرا الخ ای لما رواه النسائ و ابن ماجه سئلت عائشه رضی الله عنها بای شئ کان یوتر رسول الله صلی الله علیه و سلم قالت کان یقرا فی الاولی بسبح اسم ربک الاعلی و فی الثانیه بقل یا ایها الکافرون و فی الثالثه بقل هو الله احد و المعوذتین

Perkataan mushannif ''dan disunnahkan bagi yang shalat witir 3 rakaat (sampai akhir perkataannya)'', Maksudnya karena ada hadits yang diriwayatkan oleh annasa'i dan ibnu majah, bahwa siti 'aisyah pernah ditanya tentang cara nabi Muhammad shalat witir. Dan Siti 'aisyah menjawab : Bahwa nabi muhammad shalat witir pada rakaat pertama dengan surah ''sabbihis marabbikal a'la'', di rakaat kedua dengan membaca surah ''qul ya ayyuhal kafirun'', dan di rakaat ketiga (witir yang 1 rakaat) dengan membaca ''qul huwallahu ahad'' serta ''qul a'udzu bi rabbil falaq'' dan ''qul a'udzu bi rabbin nas''. Wallohu a'lam. [Syarwani].

LINK DISKUSI :

www.fb.com/groups/piss.ktb/615697701786375/