Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

1862. HUTANG PIUTANG DAN PENGARUH KURS

PERTANYAAN :
Parkir Pertanyaan : Assalamu'alaikum...mau tanya pendapat mbak lagi nich.  Ada kasus semรฅcam ini : A pinjam uang (dalam bentuk dolar) sama B, saat si A pinjam uang tersebut kurs lebih rendah dibanding saat pengembalรฌan, sehingga setelah ditukarkan ke rupiah si B jadi lebih untung, yang jadi pertanyaan : Apakah kelebihan uang tersebut termasuk rรฌba ? ( kelebihan tersebut sebagai akibat dari naik turunnya kurs mata uang ) ? [Ani Fah].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Dalam kitab Al-Bujairimi ala fathil wahab disebutkan :
ูˆ ู…ุซู„ ุงู„ู†ู‚ุฏ ุงู„ูู„ูˆุณ ุงู„ุฌุฏุฏ ูˆ ู‚ุฏ ุนู…ุช ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุจู„ูˆู‰ ูู‰ ุงู„ุฏูŠุงุฑ ุงู„ู…ุตุฑูŠุฉ ูู‰ ุบุงู„ุจ ุงู„ุงุฒู…ู†ุฉ ูุญูŠุซ ูƒุงู† ู„ุฐู„ูƒ ู‚ูŠู…ุฉ ุงู‰ ุบูŠุฑ ุชุงูู‡ุฉ ุฑุฏ ู…ุซู„ู‡ ูˆ ุงู„ุง ุฑุฏ ู‚ูŠู…ุชู‡ ุจุงุนุชุจุงุฑ ุงู‚ุฑุจ ูˆู‚ุช ุงู„ู‰ ูˆู‚ุช ุงู„ู…ุทุงู„ุจุฉ ู„ู‡ ููŠู‡ ู‚ูŠู…ุฉ
Disamakan dengan nuqud adalah fulus yang telah umum berlaku didaerah misriyah pada suatu masa.sekira hal tersebut ada nilainya artinya nilainya tidak berubah,maka dikembalikan sepadanya,tetapi kalau berubah maka dikembalikan sebesar nilainya dengan memperhitungkan waktu yang terdekat sampai batas yang telah tentukan. [ Al-Bujairimi ala fathil wahab 2/355 ].
ูˆ ูŠุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ู‚ุชุฑุถ ุฑุฏ ุงู„ู…ุซู„ ูู‰ ุงู„ู…ู‚ู„ู‰ ูˆ ู‡ูˆ ุงู„ู†ู‚ูˆุฏ ูˆ ุงู„ุญุจูˆุจ ูˆ ู„ูˆ ู†ู‚ุฏุง ุงุจุทู„ู‡ ุงู„ุณู„ุทุงู† ู„ุงู†ู‡ ุงู‚ุฑุจ ุงู„ู‰ ุญู‚ู‡ ูˆ ุฑุฏ ุงู„ู…ุซู„ู‰ ุณูˆุฑุฉ ูู‰ ุงู„ู…ุชู‚ูˆู… ูˆ ู‡ูˆ ุงู„ุญูŠูˆุงู† ูˆ ุงู„ุซูŠุงุจ ูˆ ุงู„ุฌูˆุงู‡ุฑ
Wajib bagi orang yang berhutang benda yang ada padanya (mitsli) untuk mengembalikan dengan benda yang sama misal nuqud,biji-bijian meski nuqud tersebut telah diperbaharui oleh pemerintah,karena pengembalian dengan benda yang sama adalah lebih mengarah kepada haknya. Dan wajib mengembalikan peminjaman mitsil suroh (sama bentuknya) pada sesuatu yang dihitung dengan nilai yaitu hewan, pakaian dan perhiasan [ Tarsihul mustarsyidin 233 ].
KESIMPULAN :
Jika barang yang dipinjam ada persamaanya, maka wajib mengembalikan dengan barang yang sama. Tetapi jika tidak ada, maka bisa diganti dengan nilai dari barang yang ia pinjam. Misal : aku pinjam piring bercorak kembang, maka harus mengembalikan piring bercorak kembang. Jikalau piring bercorak kembang sudah tidak ditemukan di toko-toko, boleh mengganti dengan harga piring tersebut. Catatan : Yang penting ke-dunya ora grundel podo-podo penak'e.
A utang dolar ke B jika nilai dolar tetap sama maka ia wajib mengganti dengan Dolar, Tetapi jika tiba tiba turun, maka wajib mengembalikan sejumlah nilai dolar yang dulu ia pinjam. Jika si A mau membayar dengan dolar yang sekarang berlaku, dimana nilainya lebih tinggi, tidak apa-apa niatkan kelebihannya sebagai tanda terimakasih / hadiah telah menolongnya. Tetapi jika kelebihannya itu karena permintaan orang yang punya dolar yakni B, maka termasuk riba. Wallohu a'lam. [Abdurrahman As-syafi'i].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/424100434279437/