Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1675. DAMPAK DARI MAKANAN SYUBHAT BAGI DIRI KITA

PERTANYAAN :
Assalamualaikum wr wb, ngapunten bade tangglet nopo dampak dari makanan syubhat bagi diri kita ? Suwun suwun suwun. [Shodiq Ahmad Ilingo].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam, ya 'aliyyu man akala asy-syubuhaati isytabaha 'alaihi diinuhu wa-adzlama qolbuhu. Disebutkan dalam kitab AL-BAYANUL MUSHOFFA FI WASHIYATUL MUSHTOFA : Barang siapa yang makan makanan syubhat (barang yang belum jelas halal haramnya) maka akan diberi 2 perkara :
1. syubhat agamanya
2. gelap hatinya
Perkara subhat akan menjerumuskan orang ke dalam keharamanan.
عن ابى عبد الله النعمان بن بشير قال سمعت رسول الله يقول ان الحلال بين و ان الحرام بين و بينهما مشتبهات لا يعلمهن كثير من الناس فمن اتقى الشبهات فقد استبرا لدينه و عرضه ومن وقع فى الشبهات و قع فى الحرام كالراعى يرعى حول الحمى يوشك ان يقع فيه. الا و ان لكل ملك حمى، الا و ان حمى الله محارمه............ الحديث السادس من اربعين النووية
"Sesungguhnya perkara yang halal sudah tentu jelas,demikian pula perkara haram. Diantara perkara halal dan haram terdapat perkara syubhat yang tidak banya orang mengetahuinya. Maka barang siapa yang menjaga diri dari perkara subhat,sungguh akan bersihlah agama dan perangainya. Dan barang siapa yang terjerembab dalam kesyubhatan maka ia akan jatuh kedalan keharaman. Layaknya seorang pengembala yang mengembalakan ternaknya didaerah yang terlarang,maka ia pun akan masuk ke dalamnya. Ingatlah, bahwa sesungguhnya ada pada tiap tiap penguasa suatu daerah yang terlarang. Dan ketahuilah sesungguhnya daerah larangan Allah adalah keharaman. Wallohu a'lam. [Muhammad Fatkhurozi Rozi, Abdurrahman As-syafi'i].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/421459034543577/