Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1571. MENGAPA KITA MESTI MENCINTAI PARA AHLUL BAIT ?

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum. Mohon pencerahan dan jawabannya ? Mengapa keturunannya nabi muhammad selalu di beda-beda kan oleh masyarakat.. pada umumnya ? Padahal banyak di kalangan habaib, sifat dan kebiasaanya menyalahi dan melanggar syari'at (zina, maksiat, khamer, menjadi ketua-ketua ajaran sesat ). Banyak yang berkata keturunan nabi Muhammad pasti masuk surga dan diberi hidayah oleh Allah ? Padahal di sejarah putra nabi musa mati dalam keadaan tidak membawa iman kepad Allah tapi kalau habib malah sebaliknya. Mohon pencerahannya ? [Fuadi Elbaidowi].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam. Kenapa kita harus muliakan ahlul baitinnabi ? Karena hadits-hadits banyak menerangkan itu. Semoga niat kita semua tulus dalam membicarakan dzurriyah rasul. Kita mencintai para ahlu bait karena memang ada dalilnya, dalam diri mereka mengalir darah yang mulia dari Rasulullah. Namun tentu saja bukan semacam cinta buta dan fanatik.Barangkali untuk serangkaian dalilnya sudah dijelaskan saudara Hanya, maka untuk semakin memahamkan, kita tinjau sisi logis dan etisnya.Ada sebuah pernyataan dari Habib Munzir al-Musawwa mengenai hal ini: satu hal, sering kecintaan kita pada ahlulbait Rasul saw justru merupakan pengrusakan bagi mental mereka, misalnya terlalu dibedakan, dituruti seluruh ucapan dan perintahnya walaupun salah, diagungkan, pengagungan dan penghormatan itu boleh untuk para ulama, bila habaib itu dari kalangan ulama maka boleh muliakan lebih dari ulama, bila mereka dari kalangan awam, boleh muliakan lebih dari orang awam, namun jangan sampai kita muliakan ahlulbait yang awam melebih ulama yang bukan ahlulbait, ini adalah kesalahan besar.
Demikianlah, kita mencintai ahlu bait dengan proposional. Hanya saja ada saja sebagian golongan saudara kita dari kanan yang menuding kecintaan kita pada para ahlu bait berwujud fanatisme. Padahal tentunya tidak demikian. Bagi yang memahami ilmu syariah akan memahami pula bagaimana cara mencintai para keturunan Rasulullah dengan tepat. Namun sebagian kita yang masih awam terkadang menghormati para dzurriyah Rasul secara berlebihan, sehingga di sisi lain akan berdampak terlenanya para dzurriyah, terutama yang masih remaja, menjadi sombong, gila hormat, dan sebagainya. Fenomena yang sama bisa juga terjadi pada putera kyai (gus) yang dihormati berlebihan, bahkan anak yang terlalu dimanja dan dituruti semua keinginannya oleh ibunya akan cenderung tumbuh nakal.Memandang berbagai hal tadi, tentu sekarang solusinya bukan dengan menyamakan saja derajat para dzurriyah rasul dengan orang biasa (non dzurriyah) agar tidak terjadi kultusisme, melainkan mendudukkan kembali dan kecintaan dan penghormatan pada ahlu bait Rasulullah itu secara proposional sesuai dengan tempatnya.
Orang bijak tentu mengerti perbedaan antara menghormati dengan mengkultuskan.Semua ahlu bait pasti masuk surga? Tentu saja benar. Meski ungkapan ini sebenarnya agak retorik, karena sebenarnya ini menyasar pada semua muslim ketika telah mengucapkan kalimat syahadat pasti masuk surga. Tinggal persoalannya ia langsung masuk surga dengan mulus atau mampir dulu di neraka. Semua hal itu mengecualikan seorang muslim yang mati dengan su’ul khatimah, na’udzubillah min dzalik.
Silakan baca lebih lengkap komentar Habib Munzir :
http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid&func=view&catid=9&id=1524
االكتاب: القرآن الكريم سورة الشورى اية 23قل لا أسألكم عليه أي على تبليغ الرسالة أجرا إلا المودة في القربى"
Katakanlah wahai Muhammad, Aku tidak minta upah atas risalah ini, kecuali kecintaan kalian atas keluargaku".
الكتاب: الحديث ما رواه البخاري ومسلمما من عبد قال: (لا إله إلا الله)، ثم مات على ذلك إلا دخل الجنة“
Tidaklah seorang hamba berucap la ilaha illallah kemudian wafat menetapi ucapan itu kecuali masuk surga.

دع الاعتراض فماالامرلك*ولاالحكم في حركات الفلكولابسأل الله عن فعله*فمن خاض لجة بحرهلك
- Ibnu Katsir :
وقوله: { إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ } أي: إنما تتفاضلون عند الله بالتقوى لا بالأحساب. وقد وردت الأحاديث بذلك عن رسول الله صلى الله عليه وسلم:قال (2) البخاري رحمه الله: حدثنا محمد بن سلام، حدثنا عبدة، عن عبيد الله، عن سعيد بن أبي سعيد، عن أبي هريرة قال: سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم: أي الناس أكرم؟ قال: "أكرمهم عند الله أتقاهم"
- Sirojul Munir :
فالناس فيما ليس من الدين والتقوى متساوون ومتقاربون ولا يؤثر شيء من ذلك مع عدم التقوى. كما قال تعالى: {إنّ أكرمكم عند الله أتقاكم}
- Dalilul Falihin :
.دليل الفالحين ص 200ج 5(ثم قال: وأهل بيتي) أي والثاني من الثقلين أهل بيتي (أذكركم الله في أهل بيتي) بالوداد لهم ومناصرتهم والتمسك بمحبتهم والتنسك بمودتهم، قال الصديق رضي الله عنه «ارقبوا محمداً في أهل بيته» كما تقدم في باب فضل الآل المذكور (رواه مسلم) وقد سبق بطوله في الباب المذكور.
2/347 ـ وعن ابن عمر رضي الله عنهما، عن أبي بكر الصديق رضي الله عنه موقوفاً عليه أنه قال: ارقبوا محمداً صلى الله عليه وسلم في أهل بيته. رواه البخاريمعنى ((ارقبوا)) راعوه واحترموه وأكرموه، والله أعلم.
«وَأَهْلُ بَيْتِي، أذَكِّرُكُمُ اللهَ في أهْلِ بَيْتِي» . رواه مسلم، (1) وَقَدْ سَبَقَ بِطُولِهِ.فضائل الصحابة لاحمد بن حنبل ص 937 ج 2- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو هِشَامٍ قثنا ابْنُ فُضَيْلٍ قَالَ: أنا زَكَرِيَّا، عَنْ عَطِيَّةَ الْعَوْفِيِّ، أَنَّ كَعْبًا الْحَبْرَ أَخَذَ بِيَدِ الْعَبَّاسِ فَقَالَ: «اخْتَبِئْهَا لِلشَّفَاعَةِ عِنْدَكَ» قَالَ: وَهَلْ لِي شَفَاعَةٌ؟ قَالَ: نَعَمْ «لَيْسَ أَحَدٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا كَانَتْ لَهُ شَفَاعَةٌ» .
- Tafsit Atthobari :
تفسيرالطباري ص 266 ج 20حدثني أحمد بن محمد الطوسي، قال: ثنا عبد الرحمن بن صالح، قال: ثنا محمد بن سليمان الأصبهاني، عن يحيى بن عبيد المكي، عن عطاء، عن عمر بن أبي سلمة، قال: نزلت هذه الآية على النبي صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم وهو في بيت أم سلمة (إِنَّمَا يَرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا(1) ) فدعا حسنا وحسينا وفاطمة فأجلسهم بين يديه، ودعا عليا فأجلسه خلفه، فتجلل هو وهم بالكساء ثم قال: "هَؤُلاءِ أَهْلُ بَيْتِي، فَأَذْهِبْ عَنْهُمُ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا". قالت أم سلمة: أنا معهم مكانك، وأنت على خير (1) . سورة الاحزاب (33)
حدثنا ابن المثنى، قال: ثنا أبو بكر الحنفي، قال: ثنا بكير بن مسمار، قال: سمعت عامر بن سعد، قال: قال سعد: قال رسول الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم حين نزل عليه الوحي، فأخذ عليا وابنيه وفاطمة، وأدخلهم تحت ثوبه، ثم قالَ: "رَبِّ هَؤُلاءِ أَهْلِي وَأَهْلُ بَيْتِي".
Turun ayat ini pada nabi Muhammad saw ketika ia sedang berada dirumah umi salamah “ Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya “. Kemudian nabi memanggil sayyidina hasan dan husein dan sayyidah Fatimah dan didudukkan di antara tangan nabi [ dirangkul mungkin ] dan juga memanggil sayyidina ali ra didudukkan di belakangnya kemudian nabi menyelimutkan pakain dan berkata itulah KELUARGAKU semoga dihilangkan dosa padanya dan betul-betul disucikan sesuci-sucinya.
Hadis yang nomer 2 sama, nabi memasukkan mereka seraya berkata "WAHAI TUHAN ITULAH KELUARGAKU". Jelas nabi sangat menyayangi mereka sampai didoakan dan ditunjukkan kepada sang ROB. Di kalangan ahli tafsir, Atthobari sangat diakui karena tafsirannya banyak dengan hadits, Tafsir ma’tsur. Jadi kalau saya pribadi akan mengikuti pendapat ulama’-ulama mu’tabar seperti Imam Atthobari ini, tidak akan mengikuti orang yang tidak ngerti
جــــــــــاهلون .  حـــــــــــــــــــــــــــــبي اياكــــــــــــــــــــــم ياحبـــــــــــــــــــائـــــــــــب
ورد في الحديث الصحيح~ «{لإيوءمن احدكم حتى اكون احب اليه من والده وولده والناس اجمعين }»~وقال ~«{ ان اوليائ العترتي المتفون }»~.فالاسلام يجب ال بيت النبي المتقين. كمافي الام ص 12 ج 1
Imam syafi'i sendiri begitu apa lagi kita yang tak punya amal apa-apa yang bisa diandalkan ( hanya buat muhibbin ).
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ؛انشدكم الله اهل بيتي - ثلاثا - قلنا لزيد من اهل بيته ؟ قال ال علي زال جعفر زال عقيل وال العباس.وفال صلى الله عليه وسلم « اين تارك فيكم ماان اخذتم به لن تضلوا : كتاب الله وعترتي اهل بيتي ،فانظر وا كيف تحلفوني فيهما »وقال صلى الله عليه وسلم « معرفة ال محمد صلىالله عليه وسلم برائة من النار وحب ال محمد جواز على الصراطوالولابة لال محمد امان من العذاب....الى ان قالوروي عن عبد الله بن حسين فال اتيت عمربن عبد العزيز في حاجة فقال لي اذاكان لك حاجة فارسل الي او اكتب فاني استحي من الله ان يراك على بابي
الشفى بتعريف حقوق المصطفى - للقاضي عياض ص 48 ج 2
Motivasi buat muhibbin, kalian tidak keliru mencintai Ahlul bait... lanjutkan ! [Alvin Hadi, Khodim Piss-ktb II, Hanya Ingin Ridlo Robby, Dewi Rosita].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/422045737818240/