Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

1565. TUGAS MALAIKAT JIBRIL SETELAH WAFATNYA NABI MUHAMMAD SAW

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum, malaikat jibril bertugas menyampaikan wahyu, setahu saya wahyu itu sudah selesai sampai masanya Rosulullah, mulai dari masanya rosulullah sampai saat ini malaikat jibril ngapain aja ? [Dhore Mee].
JAWABAN :
Tarjamah bebas ayat "SESUNGGUHNYA KAMI yang MENURUNKAN AZZIKRO ( ALQUR'AN ) DAN SESUNGGUHNYA KAMI PULA yang MENJAGANYA". Hakekatnya yang menurunkan adalah Allah Swt, petugasNYA Malaikat Jibril As. jadi setelah menurunkan Alqur'an, maka tugas malaikat menjaga firman-firman Allah Swt dan tugas-tugas lainnya.
Dan pernah dengar Habib.Salim Syathiri menyampaikan, bahwa Rasul Saw bertanya pada Malaikat Jibril As, setelah Aku wafat, apakah engkau masih turun ke dunia?.. Jibril : Iya, Aku turun untuk mengangkat 10 macam, mengangkat keadilan, rasa malu, khusyu' dll ( lupa kelanjutannya ) Aw kama qola.. Dan Haditsnya belum ketemu.
Tugas malaikat Jibril bukan hanya menyampaikan wahyu. Dia juga bertugas menguatkan Rasulullah shallallaahu a'alihi wasallam sebagaimana ketika beliau ada masalah dengan isteri beliau, A'isyah dan Hafshah. Allah berfirman:
ุฅِู†ْ ุชَุชُูˆุจَุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„َّู‡ِ ูَู‚َุฏْ ุตَุบَุชْ ู‚ُู„ُูˆุจُูƒُู…َุง ูˆَุฅِู†ْ ุชَุธَุงู‡َุฑَุง ุนَู„َูŠْู‡ِ ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู‡ُูˆَ ู…َูˆْู„ุงู‡ُ ูˆَุฌِุจْุฑِูŠู„ُ ูˆَุตَุงู„ِุญُ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ูˆَุงู„ْู…َู„ุงุฆِูƒَุฉُ ุจَุนْุฏَ ุฐَู„ِูƒَ ุธَู‡ِูŠุฑٌ“
Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan); dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula” [QS. At-Tahriim : 4].
Malaikat Jibril juga turun pada lailatul Qadar. Dia bersama malaikat turun dengan mengucapkan salam kepada mukminin dan mukminat (Lihat Tafsir AJamal 4/567). Allah berfirman:
ุชَู†َุฒَّู„ُ ุงู„ْู…َู„ุงุฆِูƒَุฉُ ูˆَุงู„ุฑُّูˆุญُ ูِูŠู‡َุง ุจِุฅِุฐْู†ِ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ุฃَู…ْุฑٍ ุณَู„َุงู…
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ar-Ruuh (Jibriil) dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusanูˆ malam itu (penuh) kesejahteraan..." [QS. Al-Qadar : 4-5]
Dalam kitab Nurudhdhalam karya Syeikh Nawawi halaman 16 :
ู‚ุงู„ ุงู„ุฌู„ุงู„ ุงู„ุณูŠูˆุทูŠ ูˆุฅู†ู‡ ูŠุญุถุฑ ู…ูˆุช ู…ู† ูŠู…ูˆุช ุนู„ู‰ ูˆุถูˆุก ูˆู…ุง ุงุดุชู‡ุฑ ู…ู† ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠู†ุฒู„ ุงู„ุฃุฑุถ ุจุนุฏ ู…ูˆุช ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ุง ุฃุตู„ ู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู† ูŠู‚ุงู„ ู„ุง ูŠู†ุฒู„ ุจูˆุญูŠ ุฐูƒุฑู‡ ุงู„ู‚ู„ูŠูˆุจูŠ
Imam Jalaluddin Asssuyuthi berkata : Dan sesungguhnya malaikat Jibril menghadiri kematian orang yang mati dengan berwudhu. Adapun apa yang masyhur bahwa malaikat Jibril tidak turun lagi setelah wafatnya Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam itu tidak ada asalnya, kecuali yang dikehendaki bahwa Jibril tidak turun dengan wahyu. Demikian dituturkan oleh Imam Qalyubi. Wallaahu A'lam. [Sahlan Albanjari, Abdullah Afif].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/333272710028877/