Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1554. IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum, izin bertanya : sebagai salah satu rukun iman, kita harus mengimani kitab-kitab nya Alloh, yang saya tanyakan, apakah seluruh kitab-kitabnya, secara tafhsil dan ijmal, apakah alqur'an saja ? [Agus Ainulyaqin AL-Gifary].
JAWABAN :
Wa'alaikum salam. Tersebut dalam kitab Nurudz Dzolam :
اى يجب على كل مكلف ان يعتقد اربعة من الكتب تفصيلا باسمائها وهى التورة لسيدنا موسى و الزبور ليبدنا داود والانجيل لسيدنا عيسى والفرقان لسيد الخلق سيدنا محمد صلوات الله و سلامه عليهم اجمعينو اما بقية الكتب فيجب اعتقادها اجمالا بان يعتقد ان الله تعالى انزل كتبا من السماء على الاجمالو قد اشتهر ان جميع الكتب مائة و اربعة و قيل انها مائة و اربعة عشر.......................  نور الظلام ٢١
Wajib bagi setiap orang yang mukalaf meyakini 4 kitab secara tafsil dengan nama-namanya, yakni :
1. Kitab Taurot yang diturunkan kepada Nabi Musa as
2. Kitab zabur kepada Nabi Dawud as
3. Kitab Injil kepada Nabi Isa as
4. Kitab Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw
Adapun untuk kitab selain yang 4 tersebut, yang wajib hanyalah secara ijmali (global) yakni dengan meyakini Bahwa sesungguhnya Allah telah menurunkan kitab-kitabnya dari langit secara global. Dan pendapat yang paling masyhur mengenai jumlah kitab Allah adalah 104 kitab. Adapula yang mengatakan 114 kitab. ‎"Dan ketahuilah sesungguhnya kitab-kitab yang diturunkan dari langit ke bumi berjumlah 104, 60 kitab turun kepada Nabi syiist, 30 turun kepada Nabi Ibrohim, 10, turun kepada Nabi Musa sebelum kitab Taurot. Dan yang 4 adalah Taurot, Injil, Zabur, dan Qur'an ". [ Keterangan kitab Maslaku Najaah ].
Dirincikan di kitab tanbihul ghofilin juga, dari 100 shuhuf terdiri dari 60 shuhuf untuk Nabi Syits, 30 shuhuf Nabi Ibrahim, 10 shuhuf untuk Nabi Musa. [Abdurrahman As-syafi'i, Dewan Masjid Assalaam].
Link asal :
www.fb.com/groups/piss.ktb/415306011825546/