Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

1433. KAJIAN KITAB TA'LIMUL MUTA'ALIM BAG. 1


OLEH : Aby Yahsya

Bimbingan Untuk Para Penuntut Ilmu – Kitab Ta’limul Muta’alim
Karya: Syekh Az-Zarnuji

Mukaddimah

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…ู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…ِ
Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุงู„ุฐู‰ ูุถู„ ุนู„ู‰ ุจู†ู‰ ุขุฏู… ุจุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุนู…ู„ ุนู„ู‰ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุนุงู„ู…، ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ู…ุญู…ุฏ ุณูŠุฏ ุงู„ุนุฑุจ ูˆุงู„ุนุฌู…، ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ูŠู†ุงุจูŠุน ุงู„ุนู„ูˆู… ูˆุงู„ุญูƒู….

Segala puji bagi Allah yang telah mengangkat harkat derajat manusia dengan ilmu dan amal, atas seluruh alam. Salawat dan Salam semoga terlimpah atas Nabi Muhammad, pemimpin seluruh umat manusia, dan semoga pula tercurah atas keluarga dan para sahabatnya yang menjadi sumber ilmu dan hikmah.

ูˆุจุนุฏ…ูู„ู…ุง ุฑุฃูŠุช ูƒุซูŠุฑุง ู…ู† ุทู„ุงุจ ุงู„ุนู„ู… ูู‰ ุฒู…ุงู†ู†ุง ูŠุฌุฏูˆู† ุฅู„ู‰ ุงู„ุนู„ู… ูˆู„ุงูŠุตู„ูˆู† [ูˆู…ู† ู…ู†ุงูุนู‡ ูˆุซู…ุฑุงุชู‡ ู€ ูˆู‡ู‰ ุงู„ุนู…ู„ ุจู‡ ูˆุงู„ู†ุดุฑ ู€ ูŠุญุฑู…ูˆู†] ู„ู…ุง ุฃู†ู‡ู… ุฃุฎุทุฃูˆุง ุทุฑูŠู‚ู‡ ูˆุชุฑูƒูˆุง ุดุฑุงุฆุทู‡، ูˆูƒู„ ู…ู† ุฃุฎุทุฃ ุงู„ุทุฑูŠู‚ ุถู„، ูˆู„ุงูŠู†ุงู„ ุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ู‚ู„ ุฃูˆ ุฌู„، ูุฃุฑุฏุช ูˆุฃุญุจุจุช ุฃู† ุฃุจูŠู† ู„ู‡ู… ุทุฑูŠู‚ ุงู„ุชุนู„ู… ุนู„ู‰ ู…ุง ุฑุฃูŠุช ูู‰ ุงู„ูƒุชุจ ูˆุณู…ุนุช ู…ู† ุฃุณุงุชูŠุฐู‰ ุฃูˆู„ู‰ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุญูƒู…، ุฑุฌุงุก ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู‰ ู…ู† ุงู„ุฑุงุบุจูŠู† ููŠู‡، ุงู„ู…ุฎู„ุตูŠู†، ุจุงู„ููˆุฒ ูˆุงู„ุฎู„ุงุต ูู‰ ูŠูˆู… ุงู„ุฏูŠู†، ุจุนุฏ ู…ุง ุงุณุชุฎุฑุช ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ููŠู‡،

Kalau saya memperhatikan para pelajar (santri), sebenarnya mereka telah bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, tapi banyak dari mereka tidak mendapat manfaat dari ilmunya, yakni berupa pengalaman dari ilmu tersebut dan menyebarkannya. Hal itu terjadi karena cara mereka menuntut ilmu salah, dan syarat-syaratnya mereka tinggalkan. karena, barangsiapa salah jalan, tentu tersesat tidak dapat mencapai tujuan. Oleh karena itu saya ingin menjelaskan kepada santri cara mencari ilmu, menurut kitab-kitab yang saya baca dan menurut nasihat para guru saya yang ahli ilmu dan hikmah. Dengan harapan semoga orang-orang yang tulus ikhlas mendo’akan saya sehingga saya mendapatkan keuntungan dan keselamatan di akherat. Begitu do’a saya dalam istikharah ketika akan menulis kitab ini.

ูˆุณู…ูŠุชู‡: ุชุนู„ูŠู… ุงู„ู…ุชุนู„ู… ุทุฑูŠู‚ ุงู„ุชุนู„ู… ูˆุฌุนู„ุชู‡ ูุตูˆู„ุง: ูุตู„ : ูู‰ ู…ุงู‡ูŠุฉ ุงู„ุนู„ู…، ูˆุงู„ูู‚ู‡، ูˆูุถู„ู‡.ูุตู„ : ูู‰ ุงู„ู†ูŠุฉ ูู‰ ุญุงู„ ุงู„ุชุนู„ู….ูุตู„ : ูู‰ ุงุฎุชูŠุงุฑ ุงู„ุนู„ู…، ูˆุงู„ุฃุณุงุชุฐ، ูˆุงู„ุดุฑูŠูƒ، ูˆุงู„ุซุจุงุช.ูุตู„ : ูู‰ ุชุนุธูŠู… ุงู„ุนู„ู… ูˆุฃู‡ู„ู‡.ูุตู„ : ูู‰ ุงู„ุฌุฏ ูˆุงู„ู…ูˆุงุธุจุฉ ูˆุงู„ู‡ู…ุฉ.ูุตู„ : ูู‰ ุจุฏุงูŠุฉ ุงู„ุณุจู‚ ูˆู‚ุฏุฑู‡ ูˆุชุฑุชูŠุจู‡.ูุตู„ : ูู‰ ุงู„ุชูˆูƒู„.ูุตู„ : ูู‰ ูˆู‚ุช ุงู„ุชุญุตูŠู„.ูุตู„ : ูู‰ ุงู„ุดูู‚ุฉ ูˆุงู„ู†ุตูŠุญุฉ.ูุตู„ : ูู‰ ุงู„ุฅุณุชูุงุฏุฉ ูˆุงู‚ุชุจุงุณ ุงู„ุฃุฏุจ.ูุตู„ : ูู‰ ุงู„ูˆุฑุน.ูุตู„ : ููŠู…ุง ูŠูˆุฑุซ ุงู„ุญูุธ، ูˆููŠู…ุง ูŠูˆุฑุซ ุงู„ู†ุณูŠุงู†.ูุตู„ : ูู€ูŠู…ู€ุง ูŠุฌู€ู„ุจ ุงู„ู€ุฑุฒู‚، ูˆููŠู€ู…ุง ูŠู…ู€ู†ุน، ูˆู…ุง ูŠุฒูŠู€ุฏ ูู‰ ุงู„ุนู€ู…ู€ุฑ، ูˆู…ุง ูŠู†ู‚ุต.

Kitab ini saya beri nama Ta’limul Muta’alim Thariqatta’allum. Yang terdiri dari tiga belas pasal.

Pertama, menerangkan hakekat ilmu, hukum mencari ilmu, dan keutamaannya.
Kedua, niat dalam mencari ilmu
Ketiga, cara memilih ilmu, guru, teman, dan ketekunan.
Keempat, cara menghormati ilmu dan guru
Kelima, kesungguhan dalam mencari ilmu, beristiqamah dan cita-cita yang luhur.
Keenam, ukuran dan urutannya
Ketujuh, tawakal
Kedelapan, waktu belajar ilmu
Kesembilan, saling mengasihi dan saling menasehati
Kesepuluh, mencari tambahan ilmu pengetahuan
Kesebelas, bersikap wara’ ketika menuntut ilmu
Kedua belas, hal-hal yang dapat menguatkan hapalan dan yang melemahkannya.
Ketiga belas, hal-hal yang mempermudah datangnya rijki, hal-hal yang dapat memperpanjang, dan mengurangi umur.

ูˆู…ุง ุชูˆููŠู‚ู‰ ุฅู„ุง ุจุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุชูˆูƒู„ุช ูˆุฅู„ูŠู‡ ุฃู†ูŠุจ.
Tidak ada penolong kecuali Allah, hanya kepada-Nya saya berserah diri, dan kehadirat-Nya aku kembali.

ูุตู„ ูู‰ ู…ุงู‡ูŠุฉ ุงู„ุนู„ู…، ูˆุงู„ูู‚ู‡، ูˆูุถู„ู‡

FASAL 1 PENGERTIAN ILMU DAN FIQIH SERTA KEUTAMAANNYA.

A. Kewajiban Belajar.

ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู… ูุฑูŠุถุฉ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู…ุณู„ู… ูˆู…ุณู„ู…ุฉ
Rasulullah saw bersabda : “Menuntut ilmu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan”.

ุงุนู„ู…, ุจุฃู†ู‡ ู„ุงูŠูุชุฑุถ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู…ุณู„ู…، ุทู„ุจ ูƒู„ ุนู„ู… ูˆุฅู†ู…ุง ูŠูุชุฑุถ ุนู„ูŠู‡ ุทู„ุจ ุนู„ู… ุงู„ุญุงู„ ูƒู…ุง ู‚ุงู„: ูˆุฃูุถู„ ุงู„ุนู„ู… ุนู„ู… ุงู„ุญุงู„، ูˆุฃูุถู„ ุงู„ุนู…ู„ ุญูุธ ุงู„ุญุงู„

Perlu diketahui bahwa, kewajiban menuntut ilmu bagi muslim laki-laki dan perempuan ini tidak untuk sembarang ilmu, tapi terbatas pada ilmu agama, dan ilmu yang menerangkan cara bertingkah laku atau bermuamalah dengan sesama manusia. Sehingga ada yang berkata, “Ilmu yang paling utama ialah ilmu Hal. Dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga perilaku.” Yang dimaksud ilmu hal ialah ilmu agama islam, shalat misalnya.

ูˆูŠูุชุฑุถ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู… ุทู„ุจ ู…ุง ูŠู‚ุน ู„ู‡ ูู‰ ุญุงู„ู‡، ูู‰ ุฃู‰ ุญุงู„ ูƒุงู†، ูุฅู†ู‡ ู„ุงุจุฏ ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠูุชุฑุถ ุนู„ูŠู‡ ุนู„ู… ู…ุง ูŠู‚ุน ู„ู‡ ูู‰ ุตู„ุงุชู‡ ุจู‚ุฏุฑ ู…ุง ูŠุคุฏู‰ ุจู‡ ูุฑุถ ุงู„ุตู„ุงุฉ،

Oleh karena setiap orang islam wajib mengerjakan shalat, maka mereka wajib mengetahui rukun-rukun dan sarat-sarat sahnya shalat, supaya dapat melaksanakan shalat dengan sempurna.

ูˆูŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุจู‚ุฏุฑ ู…ุง ูŠุคุฏู‰ ุจู‡ ุงู„ูˆุงุฌุจ، ู„ุฃู† ู…ุง ูŠุชูˆุณู„ ุจู‡ ุฅู„ู‰ ุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ูุฑุถ ูŠูƒูˆู† ูุฑุถุง، ูˆู…ุง ูŠุชูˆุณู„ ุจู‡ ุฅู„ู‰ ุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ูˆุงุฌุจ ูŠูƒูˆู† ูˆุงุฌุจุง ูˆูƒุฐุง ูู‰ ุงู„ุตูˆู…، ูˆุงู„ุฒูƒุงุฉ، ุฅู† ูƒุงู† ู„ู‡ ู…ุงู„، ูˆุงู„ุญุฌ ุฅู† ูˆุฌุจ ุนู„ูŠู‡. ูˆูƒุฐุง ูู‰ ุงู„ุจูŠูˆุน ุฅู† ูƒุงู† ูŠุชุฌุฑ.

Setiap orang islam wajib mempelajari/mengetahui rukun maupun shalat amalan ibadah yang akan dikerjakannya untuk memenuhi kewajiban tersebut. Karena sesuatu yang menjadi perantara untuk melakukan kewajiban, maka mempelajari wasilah/perantara tersebut hukumnya wajib. Ilmu agama adalah sebagian wasilah untuk mengerjakan kewajiban agama. Maka, mempelajari ilmu agama hukumnya wajib. Misalnya ilmu tentang puasa, zakat bila berharta, haji jika sudah mampu, dan ilmu tentang jual beli jika berdagang.

ู‚ูŠู„ ู„ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ุญุณู†، ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡: ู„ู…ุง ู„ุงุชุตู†ู ูƒุชุงุจุง ูู‰ ุงู„ุฒู‡ุฏ؟ ู‚ุงู„: ู‚ุฏ ุตู†ูุช ูƒุชุงุจุง ูู‰ ุงู„ุจูŠูˆุน، ูŠุนู†ู‰: ุงู„ุฒุงู‡ุฏ ู…ู† ูŠุญุชุฑุฒ ุนู† ุงู„ุดุจู‡ุงุช ูˆุงู„ู…ูƒุฑูˆู‡ุงุช ูู‰ ุงู„ุชุฌุงุฑุงุช.

Muhammad bin Al-Hasan pernah ditanya mengapa beliau tidak menyusun kitab tentang zuhud, beliau menjawab, “aku telah mengarang sebuah kitab tentang jual beli.” Maksud beliau adalah yang dikatakan zuhud ialah menjaga diri dari hal-hal yang subhat (tidak jelas halal haramnya) dalam berdagang.

ูˆูƒุฐู„ูƒ ูู‰ ุณุงุฆุฑ ุงู„ู…ุนุงู…ู„ุงุช ูˆุงู„ุญุฑู، ูˆูƒู„ ู…ู† ุงุดุชุบู„ ุจุดูŠุฆ ู…ู†ู‡ุง ูŠูุชุฑุถ ุนู„ูŠู‡ ุนู„ู… ุงู„ุชุญุฑุฒ ุนู† ุงู„ุญุฑุงู… ููŠู‡. ูˆูƒุฐู„ูƒ ูŠูุชุฑุถ ุนู„ูŠู‡ ุนู„ู… ุฃุญูˆุงู„ ุงู„ู‚ู„ุจ ู…ู† ุงู„ุชูˆูƒู„ ูˆุงู„ุฅู†ุงุจุฉ ูˆุงู„ุฎุดูŠุฉ ูˆุงู„ุฑุถู‰، ูุฅู†ู‡ ูˆุงู‚ุน ูู‰ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฃุญูˆุงู„.

Setiap orang yang berkecimpung di dunia perdagangan, wajib mengetahui cara berdagang dalam islam supaya dapat menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan. Setiap orang juga harus mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan batin atau hati, misalnya tawakal, tobat, takut kepada Allah, dan ridha. Sebab, semua itu terjadi pada segala keadaan.

B. Keutamaan Ilmu.
ูˆุดุฑู ุงู„ุนู„ู… ู„ุงูŠุฎูู‰ ุนู„ู‰ ุฃุญุฏ ุฅุฐ ู‡ูˆ ุงู„ู…ุฎุชุต ุจุงู„ุฅู†ุณุงู†ูŠุฉ ู„ุฃู† ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฎุตุงู„ ุณูˆู‰ ุงู„ุนู„ู…، ูŠุดุชุฑูƒ ููŠู‡ุง ุงู„ุฅู†ุณุงู† ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ุญูŠูˆุงู†ุงุช: ูƒุงู„ุดุฌุงุนุฉ ูˆุงู„ุฌุฑุงุกุฉ ูˆุงู„ู‚ูˆุฉ ูˆุงู„ุฌูˆุฏ ูˆุงู„ุดูู‚ุฉ ูˆุบูŠุฑู‡ุง ุณูˆู‰ ุงู„ุนู„ู….

Tidak seorang pun yang meragukan akan pentingnya ilmu pengetahuan, karena ilmu itu khusus dimiliki umat manusia. Adapun selain ilmu, itu bisa dimiliki manusia dan bisa dimiliki binatang. Dengan ilmu pengetahuan.

ูˆุจู‡ ุฃุธู‡ุฑ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูุถู„ ุขุฏู… ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ، ูˆุฃู…ุฑู‡ู… ุจุงู„ุณุฌูˆุฏ ู„ู‡.

Allah Ta’ala mengangkat derajat Nabi Adam as. Diatas para malaikat. Oleh karena itu, malaikat di perintah oleh Allah agar sujud kepada Nabi Adam as.

ูˆุฅู†ู…ุง ุดุฑู ุงู„ุนู„ู… ุจูƒูˆู†ู‡ ูˆุณูŠู„ุฉ ุงู„ู‰ ุงู„ุจุฑ ูˆุงู„ุชู‚ูˆู‰، ุงู„ุฐู‰ ูŠุณุชุญู‚ ุจู‡ุง ุงู„ู…ุฑุก ุงู„ูƒุฑุงู…ุฉ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡، ูˆุงู„ุณุนุงุฏุฉ ูˆุงู„ุฃุจุฏูŠุฉ، ูƒู…ุง ู‚ูŠู„ ู„ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ุญุณู† ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ุดุนุฑุง: ุชุนู€ู„ู€ู… ูู€ู€ุฅู† ุงู„ู€ุนู„ู€ู… ุฒูŠู€ู† ู„ุฃู‡ู€ู€ู„ู€ู€ู‡ ูˆูู€ู€ุถู€ู„ ูˆุนู€ู€ู†ู€ูˆุงู† ู„ู€ูƒู€ู„ ู…ู€ู€ู€ุญุงู…ู€ุฏ ูˆูƒู€ู€ู† ู…ู€ุณุชู€ูู€ูŠุฏุง ูƒู€ู„ ูŠู€ูˆู… ุฒูŠู€ุงุฏุฉ ู…ู† ุงู„ุนู€ู„ู… ูˆุงุณู€ุจุญ ูู‰ ุจุญู€ูˆุฑ ุงู„ููˆุงุฆู€ุฏ ุชู€ูู€ู‚ู€ู‡ ูุฅู† ุงู„ู€ูู€ู€ู‚ู€ู‡ ุฃูู€ู€ุถู€ู„ ู‚ุงุฆู€ุฏ ุงู„ู‰ ุงู„ู€ู€ุจุฑ ูˆุงู„ุชู€ู‚ู€ูˆู‰ ูˆุฃุนู€ุฏู„ ู‚ู€ุงุตู€ุฏ ู‡ูˆ ุงู„ุนู„ู… ุงู„ู‡ุงุฏู‰ ุงู„ู‰ ุณู†ู† ุงู„ู‡ุฏู‰ ู‡ูˆ ุงู„ุญุตู† ูŠู†ุฌู‰ ู…ู† ุฌู…ูŠุน ุงู„ุดุฏุงุฆุฏ ูู€ุฅู† ูู€ู‚ูŠู€ู€ู‡ู€ุง ูˆุงุญู€ู€ุฏุง ู…ู€ู€ุชู€ูˆุฑุนู€ู€ุง ุฃุดู€ุฏ ุนู€ู„ู‰ ุงู„ุดู€ูŠุทู€ุงู† ู…ู† ุฃู„ู€ู ุนุงุจุฏ

Ilmu itu sangat penting karena itu sebagai perantara (sarana) untuk bertaqwa. Dengan taqwa inilah manusia menerima kedudukan terhormat disisi Allah, dan keuntungan yang abadi. Sebagaimana dikatakan Muhammad bin Al-Hasan bin Abdullah dalam syairnya : “Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya. dia perlebihan, dan pertanda segala pujian, Jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna.”
Belajarlah ilmu agama, karena ia adalah ilmu yang paling unggul. Ilmu yang dapat membimbing menuju kebaikan dan taqwa, ilmu paling lurus untuk di pelajarai. Dialah ilmu yang menunjukkan kepada jalan yang lurus, yakni jalan petunjuk. Tuhan yang dapat menyelamatkan manusia dari segala keresahan. Oleh karena itu orang yang ahli ilmu agama dan bersifat wara’ lebih berat bagi setan daripada menggoda seribu ahli ibadah tapi bodoh.

C. Belajar Ilmu Akhlaq

(ูˆุงู„ุนู„ู… ูˆุณูŠู„ุฉ ุฅู„ู‰ ู…ุนุฑูุฉ: ุงู„ูƒุจุฑ، ูˆุงู„ุชูˆุงุถุน، ูˆุงู„ุฃู„ูุฉ، ูˆุงู„ุนูุฉ، ูˆุงู„ุฃุณุฑุงู، ูˆุงู„ุชู‚ุชูŠุฑ، ูˆุบูŠุฑู‡ุง)، ูˆูƒุฐู„ูƒ ูู‰ ุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃุฎู„ุงู‚ ู†ุญูˆ ุงู„ุฌูˆุฏ، ูˆุงู„ุจุฎู„، ูˆุงู„ุฌุจู†، ูˆุงู„ุฌุฑุงุกุฉ. ูุฅู† ุงู„ูƒุจุฑ، ูˆุงู„ุจุฎู„، ูˆุงู„ุฌุจู†، ูˆุงู„ุฅุณุฑุงู ุญุฑุงู…، ูˆู„ุงูŠู…ูƒู† ุงู„ุชุญุฑุฒ ุนู†ู‡ุง ุฅู„ุง ุจุนู„ู…ู‡ุง، ูˆุนู„ู… ู…ุง ูŠุถุงุฏู‡ุง، ููŠูุชุฑุถ ุนู„ู‰ ูƒู„ ุฅู†ุณุงู† ุนู„ู…ู‡ุง.


Setiap orang islam juga wajib mengetahui/mempelajari akhlak yang terpuji dan yang tercela, seperti watak murah hati, kikir, penakut, pemberani, merendah diri, congkak, menjaga diri dari keburukan, israf (berlebihan), bakhil terlalu hemat dan sebagainya. Sifat sombong, kikir, penakut, israf hukumnya haram. Dan tidak mungkin bisa terhindar dari sifat-sifat itu tanpa mengetahui kriteria sifat-sifat tersebut serta mengetahui cara menghilangkannya. Oleh karena itu orang islam wajib mengetahuinya.


ูˆู‚ุฏ ุตู†ู ุงู„ุณูŠุฏ ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุฃุฌู„ ุงู„ุฃุณุชุงุฐ ุงู„ุดู‡ูŠุฏ ู†ุงุตุฑ ุงู„ุฏูŠู† ุฃุจูˆ ุงู„ู‚ุงุณู… ูƒุชุงุจุง ูู‰ ุงู„ุฃุฎู„ุงู‚ ูˆู†ุนู… ู…ุง ุตู†ู، ููŠุฌุจ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู…ุณู„ู… ุญูุธู‡ุง.

Asy-Syahid Nasyiruddin telah menyusun kitab yang membahas tentang akhlak. Kitab tersebut sangat bermutu, dan perlu dibaca. Karena setiap orang wajib memelihara akhlaknya.


D. Ilmu Yang Fardu Kifayah dan Yang Haram dipelajari.

ูˆุฃู…ุง ุญูุธ ู…ุง ูŠู‚ุน ูู‰ ุงู„ุฃุญุงูŠูŠู† ููุฑุถ ุนู„ู‰ ุณุจูŠู„ ุงู„ูƒูุงูŠุฉ، ุฅุฐุง ู‚ุงู… ุงู„ุจุนุถ ูู‰ ุจู„ุฏุฉ ุณู‚ุท ุนู† ุงู„ุจุงู‚ูŠู†، ูุฅู† ู„ู… ูŠูƒู† ูู‰ ุงู„ุจู„ุฏุฉ ู…ู† ูŠู‚ูˆู… ุจู‡ ุงุดุชุฑูƒูˆุง ุฌู…ูŠุนุง ูู‰ ุงู„ู…ุฃุซู…، ููŠุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃู† ูŠุฃู…ุฑู‡ู… ุจุฐู„ูƒ، ูˆูŠุฌุจุฑ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจู„ุฏุฉ ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ.

Adapun mempelajari amalan agama yang dikerjakan pada saat tertentu seperti shalat zenajah dan lain-lain, itu hukumnya fardhu kifayah. Jika di suatu tempat/daerah sudah ada orang yang mempelajari ilmu tersebut, maka yang lain bebas dari kewajiban. Tapi bila di suatu daerah tak ada seorangpun yang mempelajarinya maka seluruh daerah itu berdosa. Oleh karena itu pemerintah wajib memerintahkan kepada rakyatnya supaya belajar ilmu yang hukumnya fardhu kifayah tersebut. Pemerintah berhak memaksa mereka untuk mereka untuk melaksanakannya.

ู‚ูŠู„: ุฅู† ุงู„ุนู„ู… ู…ุง ูŠู‚ุน ุนู„ู‰ ู†ูุณู‡ ูู‰ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฃุญูˆุงู„ ุจู…ู†ุฒู„ุฉ ุงู„ุทุนุงู… ู„ุงุจุฏ ู„ูƒู„ ูˆุงุญุฏ ู…ู† ุฐู„ูƒ. ูˆุนู„ู… ู…ุง ูŠู‚ุน ูู‰ ุงู„ุฃุญุงูŠูŠู† ุจู…ู†ุฒู„ุฉ ุงู„ุฏูˆุงุก ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ูŠู‡ (ูู‰ ุจุนุถ ุงู„ุฃูˆู‚ุงุช).

Dikatakan bahwa mengetahui/mempelajari amalan ibadah yang hukumnya fardhu ain itu ibarat makanan yang di butuhkan setiap orang. Sedangkan mempelajari amalan yang hukumnya fardhu kifayah, itu ibarat obat, yang mana tidak dibutuhkan oleh setiap orang, dan penggunaannya pun pada waktu-waktu tertentu.

ูˆุนู„ู… ุงู„ู†ุฌูˆู… ุจู…ู†ุฒู„ุฉ ุงู„ู…ุฑุถ، ูุชุนู„ู…ู‡ ุญุฑุงู…، ู„ุฃู†ู‡ ูŠุถุฑ ูˆู„ุงูŠู†ูุน، ูˆุงู„ู‡ุฑุจ ุนู† ู‚ุถุงุก ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆู‚ุฏุฑู‡ ุบูŠุฑ ู…ู…ูƒู†.

Sedangkan mempelajari ilmu nujum itu hukumnya haram, karena ia diibaratkan penyakit yang sangat membahayakan. Dan mempelajari ilmu nujum itu hanyalah sia-sia belaka, karena ia tidak bisa menyelamatkan seseorang dari taqdir Tuhan.

ููŠู†ุจุบู‰ ู„ูƒู„ ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุดุชุบู„ ูู‰ ุฌู…ูŠุน ุฃูˆู‚ุงุชู‡ ุจุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุงู„ุฏุนุงุก، ูˆุงู„ุชุถุฑุน، ูˆู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู†، ูˆุงู„ุตุฏู‚ุงุช [ุงู„ุฏุงูุนุฉ ู„ู„ุจู„ุงุก] [ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ] ، ูˆูŠุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุงู„ุนููˆ ูˆุงู„ุนุงููŠุฉ ูู‰ ุงู„ุฏูŠู† ูˆุงู„ุขุฎุฑุฉ ู„ูŠุตูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุงู„ุจู„ุงุก ูˆุงู„ุขูุงุช، ูุฅู† ู…ู† ุฑุฒู‚ ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู… ูŠุญุฑู… ุงู„ุฅุฌุงุจุฉ. ูุฅู† ูƒุงู† ุงู„ุจู„ุงุก ู…ู‚ุฏุฑุง ูŠุตูŠุจู‡ ู„ุงู…ุญุงู„ุฉ، ูˆู„ูƒู† ูŠุจุฑ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆูŠุฑุฒู‚ู‡ ุงู„ุตุจุฑ ุจุจุฑูƒุฉ ุงู„ุฏุนุงุก.

Oleh karena itu, setiap orang islam wajib mengisi seluruh waktunya dengan berzikir kepada Allah, berdo’a, memohon seraya merendahkan diri kepadaNya, membaca Al-Qur’an,dan bersedekah supaya terhindar dari mara bahaya.

ุงู„ู„ู‡ู… ุฅุฐุง ุชุนู„ู… ู…ู† ุงู„ู†ุฌูˆู… ู‚ุฏุฑู…ุง ูŠุนุฑู ุจู‡ ุงู„ู‚ุจู„ุฉ، ูˆุฃูˆู‚ุงุช ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠุฌูˆุฒ ุฐู„ูƒ

Boleh mempelajari ilmu nujum (ilmu falaq) untuk mengetahui arah kiblat, dan waktu-waktu shalat.
ูˆุฃู…ุง ุชุนู„ู… ุนู„ู… ุงู„ุทุจ ููŠุฌูˆุฒ، ู„ุฃู†ู‡ ุณุจุจ ู…ู† ุงู„ุฃุณุจุงุจ ููŠุฌูˆุฒ ุชุนู„ู…ู‡ ูƒุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃุณุจุงุจ. ูˆู‚ุฏ ุชุฏุงูˆู‰ ุงู„ู†ุจู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…،

Boleh pula mempelajari ilmu kedokteran, karena ia merupakan usaha penyembuhan yang tidak ada hubungannya dengan sihir, jimat, tenung dan lain-lainnya.Karena Nabi juga pernah berobat.

ูˆู‚ุฏ ุญูƒู‰ ุนู† ุงู„ุดุงูุนู‰ ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุงู„ุนู„ู… ุนู„ู…ุงู†: ุนู„ู… ุงู„ูู‚ู‡ ู„ู„ุฃุฏูŠุงู†، ูˆุนู„ู… ุงู„ุทุจ ู„ู„ุฃุจุฏุงู†، ูˆู…ุง ูˆุฑุงุก ุฐู„ูƒ ุจู„ุบุฉ ู…ุฌู„ุณ.

Imam Syafi’I rahimahullah berkata, “ilmu itu ada dua, yaitu ilmu piqih untuk mengetahui hukum agama, dan ilmu kedokteran untuk memelihara badan.”

E. Definisi Ilmu.

ูˆุฃู…ุง ุชูุณูŠุฑ ุงู„ุนู„ู…: ูู‡ูˆ ุตูุฉ ูŠุชุฌู„ู‰ ุจู‡ุง ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑ ู„ู…ู† ู‚ุงู…ุช ู‡ู‰ ุจู‡ ูƒู…ุง ู‡ูˆ. ูˆุงู„ูู‚ู‡: ู…ุนุฑูุฉ ุฏู‚ุงุฆู‚ ุงู„ุนู„ู… ู…ุน ู†ูˆุน ุนู„ุงุฌ. ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุญู†ูŠูุฉ ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡: ุงู„ูู‚ู‡ ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ู†ูุณ ู…ุง ู„ู‡ุง ูˆู…ุง ุนู„ูŠู‡ุง. ูˆู‚ุงู„: ู…ุง ุงู„ุนู„ู… ุฅู„ุง ู„ู„ุนู…ู„ ุจู‡، ูˆุงู„ุนู…ู„ ุจู‡ ุชุฑูƒ ุงู„ุนุงุฌู„ ุงู„ุขุฌู„.

Ilmu ditafsiri dengan : Sifat yang dimiliki seseorang, maka menjadi jelaslah apa yang terlintas di dalam pengertiannya. Fiqih adalah: Pengetahuan tentang kelembutan-kelebutan ilmu. Ujar Abu Hanifah : Fiqih adalah pengetahuan tentang hal-hal yang berguna, yang berbahaya bagi diri seseorang. Ujarnya lagi : Ilmu itu hanya untuk diamalkannya, sedang mengamalkan di sini berarti meninggalkan orientasi demi akhirat.

ููŠู†ุจุบู‰ ู„ู„ุฅู†ุณุงู† ุฃู† ู„ุงูŠุบูู„ ุนู† ู†ูุณู‡، ู…ุง ูŠู†ูุนู‡ุง ูˆู…ุง ูŠุถุฑู‡ุง، ูู‰ ุฃูˆู„ู‡ุง ูˆุขุฎุฑู‡ุง، ูˆูŠุณุชุฌู„ุจ ู…ุง ูŠู†ูุนู‡ุง ูˆูŠุฌุชู†ุจ ุนู…ุง ูŠุถุฑู‡ุง، ูƒู‰ ู„ุงูŠูƒูˆู† ุนู‚ู„ู‡ ูˆุนู…ู„ู‡ ุญุฌุฉ ููŠุฒุฏุงุฏ ุนู‚ูˆุจุฉ، ู†ุนูˆุฐ ุจุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุณุฎุทู‡ ูˆุนู‚ูˆุจู‡.
Maka seyogyanya manusia jangan sampai lengah diri dari hal-hal yang bermanfaat dan berbahaya di dunia dan akhirat. Dengan demikian dia akan mengambil mana yang bermanfaat dan menjauhi mana yang berbahaya, agar supaya baik akal dan ilmunya tidak menjadi beban pemberat atas dirinya dan menambah siksanya. Kita berlindung kepada allah dari murka dan siksanya.

ูˆู‚ุฏ ูˆุฑุฏ ูู‰ ู…ู†ุงู‚ุจ ุงู„ุนู„ู… ูˆูุถุงุฆู„ู‡، ุขูŠุงุช ูˆุฃุฎุจุงุฑ ุตุญูŠุญุฉ ู…ุดู‡ูˆุฑุฉ ู„ู… ู†ุดุชุบู„ ุจุฐูƒุฑู‡ุง ูƒู‰ ู„ุงูŠุทูˆู„ ุงู„ูƒุชุงุจ.

Dalam masalah kebaikan keistimewaan dan keutaman ilmu itu, banyaklah ayat-ayat al-quran dan hadis-hadis shahih dan masyhur yang mengemukakannya. Namun kali ini tidak kami kedepankan, agarlah uraian kitab ini tidak terlalu berkepanjangan..

Link Asli >>