Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1417. HUKUM JUAL BELI KOTORAN HEWAN

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, saya mau bertanya, bagaimanakah hukumnya jual beli kotoran hewan sebagai pupuk dan darah sebagai "dedeh" dalam bahasa jawa menurut islam ? mohon juga saya diberikan ibarohnya sehingga saya bisa lebih paham, terimakasih, wasalamualaikum. [Sheri Heri].
JAWABAN :
Wa'alaikum salam wr.wb. Barang najis secara otomatis tidak sah dan harom bila diperjual belikan, namun akan terhindar dari hukum haram jika dengan cara perpindahan kekuasan dari pemilik pada penerima (naqlul yad, نقل اليد).
سؤال : ماحكم بيع الاشياء النجسة كالسرجين ونحوه الجواب والله الموفق للصواب أن الاشياء النجسة كالسرجين وغيره مما ينتفع به ولو بعد تطهيره كجلدالميتة قبل الدبغ لاتسمى مملوكة وانما يكون فيها لمن هي في يده نوع اختصاص فلا يجوز بيعها لان شرط المبيع ان يكون طاهرا ولكن يجوز التنازل عن الاختصاص على شيء معلوم كان يقول من هي في يده لآخر نزلت لك عن اختصاص عن هذا السرجين او عن جلد الميتة او عن كلب الصيد مثلا على كذا وكذا فيقول قبلت ولايجوز بلفظ البيع( فتاوى اسماعيل الزين ص128
Tidak sah jual beli barang-barang najis walaupun barang najis tersebut bisa dimumkinkan menjadi suci
قوله ولا يصح بيع عين نجسة اى سواء كان امكن تطهيرها بالاستحالة كالخمر وجلد الميتة ام لا كالسرجين او كلب و لومعلما
الباجورى ١/٣٥٦
"Tidak sah jual beli barang-barang najis meskipun memumkinkan menjadi sucinya barang-barang itu karena berubah ujud seperti arak,kulit bangkai.atau tidak bisa suci sama sekali seperti jual beli pupuk dan anjing walaupun jinak".
Hanya saja mengikat pupuk misal kotoran kambing bnyk manfaatnyd terutama dalam pertanian, maka bagi yang memerlukan bisa memilikinya dengan akad naqlul yad (pemindahan kekuasaan memiliki). Naqlul yad tidak termasuk jual beli karena di dalamnya tidak terdapat akad jual beli. Misalnya..
A : pak,punya pupuk?
B : punya..
A : aku butuh satu sak, berapa ?
B : aku gugurkan hak milik kotoran kambing ini Rp.20.000,-
A : ya, aku terima
و يجوز نقل اليد عن النجس بالدراهم كما في النزول عن الوظائف و طريقه ان يقول المستحق له اسقطت حقي من هذا بكذا فيقول الاخر قبلت
البجورى ١/٣٥٦
Wallohu a'lam. [Mbah Jenggot II, Abdurrahman As-syafi'i].
Link Diskusi :
www.fb.com/groups/piss.ktb/385809004775247/

www.fb.com/groups/piss.ktb/384932294862918/