Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

1397. Tauhid



Tauhid adalah kita ridho sebagai hamba Allah dan mengakui ke Maha Kuasa an Allah Azza wa Jalla dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya

Hakikat kafir atau menyekutukan Allah atau mereka yang melakukan perbuatan syirik adalah mereka yang tidak mengakui ke -Maha Kuasa – an Allah Azza wa Jalla sehingga tidak menjalankan perintahNya dan tidak menjauhi laranganNya

Iblis dikatakan oleh mereka yang nyeleneh , mengakui  tiada tuhan selain Allah dan dijuluki sebagai “bapak tauhid” karena tidak mau sujud (menyembah) kepada selain Allah.

Iblis dimurkai oleh Allah Azza wa Jalla karena mereka tidak mengakui ke -Maha Kuasa -an Allah Azza wa Jalla dengan tidak mentaati kewajibanNya berupa perintah untuk sujud kepada manusia (Nabi Adam a.s).

Orang Islam yang bersujud (sholat) menghadap Ka’bah, tidak berarti dia menyembah Ka’bah, akan tetapi dia sebenarnya sedang bersujud dan menyembah Allah Subhanahu wa Ta’ala  dengan menghadap ke Ka’bah perwujudan menjalankan perintahNya atau mengakui ke Maha Kuasa an Allah Azza wa Jalla. Begitu juga para malaikat sujud kepada manusia (Nabi Adam a.s) perwujudan melaksanakan perintahNya atau mengakui ke Maha Kuasa an Allah Azza wa Jalla.

Kaum Yahudi dan Kaum Nasrani mereka tidak dapat dikatakan bertauhid atau beriman karena mereka tidak mengakui ke-Maha Kuasa-an Allah Azza wa Jalla dengan tidak mentaati kewajibanNya berupa perintah untuk bersyahadat.

Firman Allah Azza wa Jalla yang artinya,  “Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: “Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hikmah kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya”. Allah berfirman: “Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?” Mereka menjawab: “Kami mengakui”. Allah berfirman: “Kalau begitu saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu“. ( QS Ali Imran [3]:81 )

Sayyidina Ali bin Abi Thalib kw. berkata:  ‘Setiap kali Allah subhanahu wa ta’ala mengutus seorang nabi, mulai dari Nabi Adam sampai seterusnya, maka kepada nabi-nabi itu Allah subhanahu wa ta’ala  menuntut janji setia mereka bahwa jika nanti Rasulallah shallallahu alaihi wasallam. diutus, mereka akan beriman padanya, membelanya dan mengambil janji setia dari kaumnya untuk melakukan hal yang sama’.

Firman Allah ta’ala yang artinya, “Ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah  yang ada padanya?” Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (QS Al Baqarah [2]:140 )

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,  “ Demi Allah, yang diriku ada dalam genggaman tanganNya, tidaklah mendengar dari hal aku ini seseorangpun dari ummat sekarang ini, Yahudi, dan tidak pula Nasrani, kemudian tidak mereka mau beriman kepadaku, melainkan masuklah dia ke dalam neraka.”

Hadits yang diriwayatkan Sufyan bin Uyainah dengan sanadnya dari Adi bin Hatim. Ibnu Mardawih meriwayatkan dari Abu Dzar, dia berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam tentang orang-orang yang dimurkai“, beliau bersabda, ‘Kaum Yahudi.Saya bertanya tentang orang-orang yang sesat, beliau bersabda, “Kaum Nasrani.

Firman Allah ta’ala yang artinya,
Katakanlah:”Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur’an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu“. (QS Al Maa’idah [5]:68 )

“Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka..” (QS.Ali Imran [3] : 110)

Sedangkan pemahaman ulama Muhammad bin Abdul Wahhab tentang tauhid, contohnya dapat kita ketahui pada Qawaidul Arba’ yang disyarahkan oleh ulama Sholih Fauzan Al-Fauzan pada http://mutiarazuhud.files.wordpress.com/2012/03/pemahaman-tauhid-maw.pdf

Ulama Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya berpendapat bahwa kaum muslim yang membaca kitab Barzanji  telah sesat , menyekutukan Allah karena meminta pertolongan kepada Rasulullah yang sudah wafat. Contohnya dikarenakan mereka salah memahami  matan / redaksi sholawat seperti yang artinya,
Padamu sungguh aku telah berbaik sangka. Wahai pemberi kabar gembira wahai pemberi peringatan. Maka tolonglah aku dan selamatkanlah aku. Wahai pelindung dari neraka Sa’ir  Wahai penolongku dan pelindungku”.

Kalimat sholawat tersebut janganlah dimaknai secara dzahir namun memerlukan ilmu bahasa seperti ilmu balaghoh. Kalimat sholawat tersebut berisikan tawasul, meminta tolong hanya kepada Allah Azza wa Jalla perantaraan (washilah) maqom (derajat) keutamaan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Kaum muslim pada umumnya yang bertawassul tidaklah meyakini bahwa yang ditawasulkan mengabulkan permintaan karena hanya Allah Azza wa Jalla yang mengabulkannya.

Salah satu keutamaan Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah syafa’at (pertolongan) dan ini dijanjikan Allah atau seizin Allah adalah Nabi akan menolong umat pengikutnya, berikut haditsnya ;

ุญَุฏَّุซَู†ุงَ ุฅِุณْู…َุงุนِูŠْู„ُ ู‚ุงَู„َ ุญَุฏَّุซَู†ِูŠْ ู…َุงู„ِูƒْ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ุงู„ุฒَّู†ุงَุฏِ ุนَู†ِ ุงู„ุฃَุนْุฑَุฌِ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠْ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡َ T ู‚ุงَู„َ ู„ِูƒُู„ِّ ู†َุจِูŠٍّ ุฏَุนْูˆَุฉٌ ู…ُุณْุชَุฌุงَุจَุฉٌ ูŠَุฏْุนُูˆْ ุจِู‡ุงَ ูˆَุฃُุฑِูŠْุฏُ ุฃَู†ْ ุฃَุฎْุชَุจِุฆَ ุฏَุนْูˆَุชِูŠْ ุดَูุงَุนَุฉً ِู„ุฃُู…َّุชِูŠْ ููŠِ ุงู„ุขَุฎِุฑَุฉِ

Artinya :
Kami dapat khabar dari Ismail, kami dapat khabar dari Malik, dari Abi Az-Zanad, dari Al-‘Aroj, dan dari Abi Hurairoh, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda ; Setiap Nabi memiliki do’a mustajab (dikabulkan) untuk mereka berdo’a, dan aku ingin persiapkan do’aku agar menjadi syafaat (penolong) kepada umatku di akhirat. (HR. Shahih Bukhari Muslim)

Dalam firman Allah ta’ala disebutkan ;

ู…َู†ْ ุฐَุง ุงู„َّุฐِูŠْ ูŠَุดْูَุนُ ุนِู†ْุฏَู‡ُ ุฅِู„ุงَّ ุจِุฅِุฐْู†ِู‡ِ

Artinya : "Tiada yang dapat memberi syafa’at (pertolongan) menurut Allah tanpa seizin-Nya" ( QS. Al-Baqoroh 255)

Firman Allah ta’ala yang artinya,
Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah)“ (QS Al Maaidah [5]: 55)
Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang” (QS Al Maaidah [5]: 56)
dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mu’min yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula” (QS At Tahrim [66]:4)
dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau” (QS An Nisaa [4]:75)

Kalau kita meminta pertolongan atau berobat ke dokter maka kita harus meyakini bahwa yang menyembuhkan kita bukanlah dokter namun Allah Azza wa Jalla dengan perantaraan seorang dokter.

Para pekerja mendapatkan perlindungan dari majikan mereka. Para pengungsi mendapatkan pertolongan dari para sukarelawan dan para dermawan dan masih banyak lagi contoh yang pada hakikatnya hanyalah perantara pertolongan dan perlindungan dari Allah Azza wa Jalla.

Andaikata sebuah kesyirikan jika meminta perlindungan atau pertolongan pada manusia maka apa yang telah dilakukan kerajaan dinasti Saudi meminta perlindungan dan pertolongan kepada Amerika yang dibelakangnya kaum Zionis Yahudi adalah sebuah kesyirikan dan para ulama di wilayah kerajaan dinasti Saudi telah membiarkan kesyirikan terjadi di depan mata mereka. Namun yang jelas mereka telah melanggar laranganNya

Firman Allah Azza wa Jalla, yang artinya,
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya” , (QS Ali Imran, 118)

Beginilah kamu, kamu menyukai mereka, padahal mereka tidak menyukai kamu, dan kamu beriman kepada kitab-kitab semuanya. Apabila mereka menjumpai kamu, mereka berkata “Kami beriman”, dan apabila mereka menyendiri, mereka menggigit ujung jari antaran marah bercampur benci terhadap kamu. Katakanlah (kepada mereka): “Matilah kamu karena kemarahanmu itu”. Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati“. (QS Ali Imran, 119)

Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menjadikan suatu kaum yang dimurkai Allah sebagai teman? Orang-orang itu bukan dari golongan kamu dan bukan (pula) dari golongan mereka. Dan mereka bersumpah untuk menguatkan kebohongan, sedang mereka mengetahui“. (QS Al Mujaadilah [58]:14 )

Janganlah orang-orang mu’min mengambil orang-orang kafir menjadi wali (pemimpin) dan meninggalkan orang-orang mu’min. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah…” (Qs. Ali-Imran : 28)

Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak, atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka.” (Qs. Al Mujadilah : 22)

Hal yang perlu kita ingat bahwa pengarang kitab Barzanji adalah seorang mufti (pemberi fatwa) tentulah kita tahu kompetensi apa yang harus dicapai untuk menjadi seorang mufti.

Kemudian berliau juga ulama yang sholeh keturunan cucu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam , nama nasabnya adalah Sayid Ja’far ibn Hasan ibn Abdul Karim ibn Muhammad ibn Sayid Rasul ibn Abdul Sayid ibn Abdul Rasul ibn Qalandar ibn Abdul Sayid ibn Isa ibn Husain ibn Bayazid ibn Abdul Karim ibn Isa ibn Ali ibn Yusuf ibn Mansur ibn Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Ismail ibn Al-Imam Musa Al-Kazim ibn Al-Imam Ja’far As-Sodiq ibn Al-Imam Muhammad Al-Baqir ibn Al-Imam Zainal Abidin ibn Al-Imam Husain ibn Sayidina Ali r.a.

Datuk-datuk Sayyid Ja’far semuanya ulama terkemuka yang terkenal dengan ilmu dan amalnya, keutamaan dan keshalihannya.

Beliau mempunyai sifat dan akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan Al-Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, mendahului dalam membuat kebajikan bersedekah,dan pemurah.

Semasa kecilnya beliau telah belajar Al-Quran dari Syaikh Ismail Al-Yamani, dan belajar tajwid serta membaiki bacaan dengan Syaikh Yusuf As-So’idi dan Syaikh Syamsuddin Al-Misri. Antara guru-guru beliau dalam ilmu agama dan syariat adalah : Sayid Abdul Karim Haidar Al-Barzanji, Syeikh Yusuf Al-Kurdi, Sayid Athiyatullah Al-Hindi.

Sayid Ja’far Al-Barzanji telah menguasai banyak cabang ilmu, antaranya: Shoraf, Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Usulul Fiqh, Faraidh, Hisab, Usuluddin, Hadits, Usul Hadits, Tafsir, Hikmah, Handasah, A’rudh, Kalam, Lughah, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawuf, Kutub Ahkam, Rijal, Mustholah.

Jauh lebih tinggi tingkat keilmuan Sayyid Ja’far Al-Barzanji  dibandingkan dengan tingkat keilmuan Muhammad bin Abdul Wahab.

Berikut hadits terkait dengan bertawassul

ุญَุฏَّุซَู†َุง ุงู„ْุญَุณَู†ُ ุจْู†ُ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ู‚َุงู„َ ุญَุฏَّุซَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏُ ุจْู†ُ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุฑِูŠُّ ู‚َุงู„َ ุญَุฏَّุซَู†ِูŠ ุฃَุจِูŠ ุนَุจْุฏُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ُ ุงู„ْู…ُุซَู†َّู‰ ุนَู†ْ ุซُู…َุงู…َุฉَ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ِ ุฃَู†َุณٍ ุนَู†ْ ุฃَู†َุณِ ุจْู†ِ ู…َุงู„ِูƒٍ ุฃَู†َّ ุนُู…َุฑَ ุจْู†َ ุงู„ْุฎَุทَّุงุจِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ูƒَุงู†َ ุฅِุฐَุง ู‚َุญَุทُูˆุง ุงุณْุชَุณْู‚َู‰ ุจِุงู„ْุนَุจَّุงุณِ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ْู…ُุทَّู„ِุจِ ูَู‚َุงู„َ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّุง ูƒُู†َّุง ู†َุชَูˆَุณَّู„ُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุจِู†َุจِูŠِّู†َุง ูَุชَุณْู‚ِูŠู†َุง ูˆَุฅِู†َّุง ู†َุชَูˆَุณَّู„ُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุจِุนَู…ِّ ู†َุจِูŠِّู†َุง ูَุงุณْู‚ِู†َุง ู‚َุงู„َ ูَูŠُุณْู‚َูˆْู†َ

Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Muhammad berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Abdullah Al Anshari berkata, telah menceritakan kepadaku bapakku 'Abdullah bin Al Mutsanna dari Tsumamah bin 'Abdullah bin Anas dari Anas bin Malik bahwa 'Umar bin Al Khaththab radliallahu 'anhu ketika kaum muslimin tertimpa musibah, ia meminta hujan dengan berwasilah kepada 'Abbas bin 'Abdul Muththalib seraya berdo'a, Ya Allah, kami meminta hujan kepada-Mu dengan perantaraan Nabi kami, kemudian Engkau menurunkan hujan kepada kami. Maka sekarang kami memohon kepada-Mu dengan perantaraan paman Nabi kami,, maka turunkanlah hujan untuk kami. Anas berkata, Mereka pun kemudian mendapatkan hujan. (HR Bukhari 954)

ุญَุฏَّุซَู†َุง ุงู„ْุญَุณَู†ُ ุจْู†ُ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุญَุฏَّุซَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏُ ุจْู†ُ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุฑِูŠُّ ุญَุฏَّุซَู†ِูŠ ุฃَุจِูŠ ุนَุจْุฏُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ُ ุงู„ْู…ُุซَู†َّู‰ ุนَู†ْ ุซُู…َุงู…َุฉَ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ِ ุฃَู†َุณٍ ุนَู†ْ ุฃَู†َุณٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุฃَู†َّ ุนُู…َุฑَ ุจْู†َ ุงู„ْุฎَุทَّุงุจِ ูƒَุงู†َ ุฅِุฐَุง ู‚َุญَุทُูˆุง ุงุณْุชَุณْู‚َู‰ ุจِุงู„ْุนَุจَّุงุณِ ุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ْู…ُุทَّู„ِุจِ ูَู‚َุงู„َ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّุง ูƒُู†َّุง ู†َุชَูˆَุณَّู„ُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุจِู†َุจِูŠِّู†َุง ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَุชَุณْู‚ِูŠู†َุง ูˆَุฅِู†َّุง ู†َุชَูˆَุณَّู„ُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุจِุนَู…ِّ ู†َุจِูŠِّู†َุง ูَุงุณْู‚ِู†َุง ู‚َุงู„َ ูَูŠُุณْู‚َูˆْู†َ

Telah bercerita kepada kami Al Hasan bin Muhammad telah bercerita kepada kami Muhammad bin 'Abdullah Al Anshariy telah bercerita kepadaku bapakku, 'Abdullah bin Al Mutsannaa dari Tsumamah bin 'Abdullah bin Anas dari Anas radliallahu 'anhu bahwa 'Umar bin Al Khaththab ketika mereka ditimpa musibah kekeringan dia meminta hujan dengan berwasilah kepada 'Abbas bin 'Abdul Muththalib seraya berdo'a; ALLOOHUMMA INNAA KUNNA NATAWASSALU ILAIKA BIN ABIYYINAA MUHAMMAD SHALLALLAHU'ALAIHIWASALLAM FATASQIINAA WA-INNAA NATAWASSALU ILAIKA BI'AMMI NABIYYINAA FASQINAA Ya Allah, kami dahulu pernah meminta hujan kepada-Mu dengan perantaraan Nabi kami kemudian Engkau menurunkan hujan kepada kami. Maka sekarang kami memohon kepada-Mu dengan perantaraan paman Nabi kami, maka turunkanlah hujan untuk kami. Anas berkata; Kemudian turunlah hujan. (HR Bukhari 3434)

Terkait hadits tersebut Ibnu katsir dalam kitab tarikhnya 7/105:

: ” ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุญุงูุธ ุฃุจูˆ ุจูƒุฑ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ: ุฃุฎุจุฑู†ุง ุฃุจูˆ ู†ุตุฑ ุจู† ู‚ุชุงุฏุฉ، ูˆุฃุจูˆ ุจูƒุฑ ุงู„ูุงุฑุณูŠ ู‚ุงู„ุง: ุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ุนู…ุฑ ุจู† ู…ุทุฑ، ุญุฏุซู†ุง ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุจู† ุนู„ูŠ ุงู„ุฐู‡ู„ูŠ، ุญุฏุซู†ุง ูŠุญูŠู‰ ุจู† ูŠุญูŠู‰، ุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ู…ุนุงูˆูŠุฉ، ุนู† ุงู„ุฃุนู…ุด، ุนู† ุฃุจูŠ ุตุงู„ุญ، ุนู† ู…ุงู„ูƒ ู‚ุงู„: ุฃุตุงุจ ุงู„ู†ุงุณ ู‚ุญุท ููŠ ุฒู…ู† ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ، ูุฌุงุก ุฑุฌู„ ุฅู„ู‰ ู‚ุจุฑ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. ูู‚ุงู„: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุงุณุชุณู‚ ุงู„ู„ู‡ ู„ุฃู…ุชูƒ ูุฅู†ู‡ู… ู‚ุฏ ู‡ู„ูƒูˆุง. ูุฃุชุงู‡ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูู‚ุงู„: ุฅูŠุช ุนู…ุฑ، ูุฃู‚ุฑุฆู‡ ู…ู†ูŠ ุงู„ุณู„ุงู…، ูˆุฃุฎุจุฑู‡ู… ุฃู†ู‡ ู…ุณู‚ูˆู†، ูˆู‚ู„ ู„ู‡ ุนู„ูŠูƒ ุจุงู„ูƒูŠุณ ุงู„ูƒูŠุณ. ูุฃุชู‰ ุงู„ุฑุฌู„ ูุฃุฎุจุฑ ุนู…ุฑ، ูู‚ุงู„: ูŠุง ุฑุจ ู…ุง ุกุงู„ูˆุง ุฅู„ุง ู…ุง ุนุฌุฒุช ุนู†ู‡. ูˆู‡ุฐุง ุฅุณู†ุงุฏ ุตุญูŠุญ” ุงู‡ู€

Berkata al hafidz Abu Bakar al Baihaqi, telah menceritakan Abu Nashar bin Qutadah dan Abu bakar al Farisi, mereka berdua berkata: telah menceritakan kepada kami Abu Umar bin Mathor, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Ali Addzahli, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya, telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari ‘Amasy dari Abi Shalih dari Malik Ad Daar Ia berkata
“Orang-orang mengalami kemarau panjang saat pemerintahan Umar. Kemudian seorang laki-laki datang ke makam Nabi Shallallahu alaihi wasallam  dan berkata “Ya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam mintakanlah hujan untuk umatmu karena mereka telah binasa”.
Kemudian orang tersebut mimpi bertemu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan dikatakan kepadanya “datanglah kepada Umar dan ucapkan salam untuknya beritahukan kepadanya mereka semua akan diturunkan hujan. Katakanlah kepadanya “bersikaplah bijaksana, bersikaplah bijaksana”.
Maka laki-laki tersebut menemui Umar dan menceritakan kepadanya akan hal itu. Kemudian Umar berkata “Ya Tuhanku aku tidak melalaikan urusan umat ini kecuali apa yang aku tidak mampu melakukannya”
Sanadnya shahih adalah penetapan dari Ibnu katsir. Malik adalah Malik Ad Daar dan ia seorang bendahara gudang makanan pada pemerintahan Umar,ia adalah tsiqoh

Al hafidz Ibnu Hajar al Asqolani dalam fathul bari juz 2 pada kitab aljumah bab sualun nas al imam idza qohathu”,
:” ูˆุฑูˆู‰ ุงุจู† ุฃุจูŠ ุดูŠุจุฉ ุจุฅุณู†ุงุฏ ุตุญูŠุญ ู…ู† ุฑูˆุงูŠุฉ ุฃุจูŠ ุตุงู„ุญ ุงู„ุณู…ุงู† ุนู† ู…ุงู„ูƒ ุงู„ุฏุงุฑ ูˆูƒุงู† ุฎุงุฒู† ุนู…ุฑ ู‚ุงู„ ” ุฃุตุงุจ ุงู„ู†ุงุณ ู‚ุญุท ููŠ ุฒู…ู† ุนู…ุฑ ูุฌุงุก ุฑุฌู„ ุฅู„ู‰ ู‚ุจุฑ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‚ุงู„: ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุงุณุชุณู‚ ู„ุฃู…ุชูƒ ูุฅู†ู‡ู… ู‚ุฏ ู‡ู„ูƒูˆุง، ูุฃุชู‰ ุงู„ุฑุฌู„ ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ูู‚ูŠู„ ู„ู‡: ุงุฆุช ุนู…ุฑ ” ุงู„ุญุฏูŠุซ.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang shahih dari riwayat Abu Shalih As Saman dari Malik Ad Daar seorang bendahara Umar. Ia berkata “Orang-orang mengalami kemarau panjang saat pemerintahan Umar. Kemudian seorang laki-laki datang ke makam Nabi Shallallahu alaihi wasallam  dan berkata “Ya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam mintakanlah hujan untuk umatmu karena mereka telah binasa datanglah kepada Umar dst..dan laki2 itu adalah bilal bin haris almuzani”.

Sebaliknya mereka tanpa disadari telah menyekutukan Allah dengan mengada-ada perkara larangan (jika dikerjakan berdosa) seperti, pengharaman Maulid Nabi, sholawat Badar, Sholawat Nariyah, Ratib Al Haddad, Yasinan, Tahlilan, bertawassul dengan muslim yang telah meraih maqom disisiNya yang sudah wafat dll.

Firman Allah Azza wa Jalla yang artinya, “Katakanlah! Tuhanku hanya mengharamkan hal-hal yang tidak baik yang timbul daripadanya dan apa yang tersembunyi dan dosa dan durhaka yang tidak benar dan kamu menyekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak turunkan keterangan padanya dan kamu mengatakan atas (nama) Allah dengan sesuatu yang kamu tidak mengetahui.” (QS al-A’raf: 32-33)

Dalam sebuah hadits Qudsi , Rasulullah bersabda, “Setan mengharamkan yang Aku halalkan pada mereka dan memerintahkan mereka agar menyekutukanKu dengan sesuatu yang Aku tidak turunkan keterangan padanya.” (Riwayat Muslim 5109)

Semua itu terjadi karena mereka telah menjadi korban hasutan atau korban ghazwul fikri (perang pemahaman) yang dilancarkan oleh kaum Zionis Yahudi sehingga tanpa disadari mereka telah bertasyabuh dengan kaum Nasrani, menjadikan ulama-ulama mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah.

Allah Azza wa Jalla berfirman,Mereka menjadikan para rahib dan pendeta mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah“. (QS at-Taubah [9]:31 )

Ketika Nabi ditanya terkait dengan ayat ini, “apakah mereka menyembah para rahib dan pendeta sehingga dikatakan menjadikan mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah?”
Nabi menjawab, “tidak”, “Mereka tidak menyembah para rahib dan pendeta itu, tetapi jika para rahib dan pendeta itu menghalalkan sesuatu bagi mereka, mereka menganggapnya halal, dan jika para rahib dan pendeta itu mengharamkan bagi mereka sesuatu, mereka mengharamkannya

Pada riwayat yang lain disebutkan, Rasulullah bersabda ”mereka (para rahib dan pendeta) itu telah menetapkan haram terhadap sesuatu yang halal, dan menghalalkan sesuatu yang haram, kemudian mereka mengikutinya. Yang demikian itulah penyembahannya kepada mereka.” (Riwayat Tarmizi).

Firman Allah ta’ala yang artinya,
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu dan janganlah kamu melampaui batas, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang melampaui batas.” (Qs. al-Mรข’idah [5]: 87).

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh lidahmu secara dusta “Ini halal dan ini haram”, untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung” [QS. An-Nahl : 116].

Berikut amal-amal kebaikan yang sering mereka pergunjingkan


Wassalam

Zon di Jonggol, Kab Bogor 16830