Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0153. JIKA ADA NAJIS TAPI BARU DIKETAHUI SETELAH SHALAT

PERTANYAAN :
Assalamu'alaikum. pada waktu sholat ada najis yang menempel di bajuku .dan aku tahu itu setelah selesai sholat. Apakah sholatnya tetap sah / diulangi ? Mohon pencerahannya. [Oppie di ortega laka'laka].
JAWABAN :
Kalau musholli mengetahui di bajunya ada najis setelah selesai sholat. .maka musholli wajib mengulang sholatnya karena sholat tadi menjadi tidak sah". Fala tashihhu as-sholatu ma'ahu walau nasian aw jahilan biwujudihi. . [ Fathul mu'in hal 11 ].
Suci badan termasuk syarat sahnya shalat. Maka kalau tidak suci walau tahunya setelah shalat, shalatnya tidak sah, walaw sholla binajisin la yu'fa 'anhu bitsawbihi awbadanihi aw makanìhi lam ya'lamhu 'inda taharrumihi tsumma ba'da faroghiha 'alima wujudahu fiiha wajaba 'alayhil qodo u fil jadid.
Maksud dari ta'bir di atas : jika sholat dengan membawa najis yang tidak dima'fu di pakeanx, atau badanx atau tempatnya yang tidak ia ketahui saat takbiratul ihrom kemudian setelah selesai dia baru tau jika ada najis. Maka dia wajib mengulang shalatnya menurut qoul jadid.
Annan nabiya dakholas sholata wana'lahu fi rijlayhi tsumma khola'ahuma, fakhola'an nasu ni'alahum. Falamma inshorofa qola lahum: lima khola'tum ni'alakum? Qoluu : lamma ro'aynaka khola'ta khola'na. Faqola innama khola'tuhuma li anna jibrila akhbaroni anna fiha qodzarun

Nabi shalat dan terompahnya dipakai di kakinya. Kemudian (di tengah2 shalat) beliau melepas terompahnya. Maka smua orang melepas sandalnya. Setelah selesai shalat nabi bertanya kepada mereka, "mengapa kalian melepas sendal kalian?" Mereka menjawab, "ketika kami melihat panjenengan melepas sandal maka kami juga melepas sandal kami". Kemudian nabi berkata, "Aku melepas sandalku hanyalah karena jibril mengabarkan kepadaku bahwa pada sandalku ada kotoran". Wallohu a'lam. [Mas Iyung-ganteng, Nur Hasyim S. Anam].