Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1358. ALASAN DI BALIK BATALNYA MENYENTUH KEMALUAN DENGAN TELAPAK TANGAN

PERTANYAAN :
Assalamu alaikum, di antara batalnya wudhu' menyentuh dzakar dengan kulit tangan dalam / batin yad (telapak bagian dalam), pertanyaannya kenapa kalau menyentuh dengan kulit tangan atas / dhohril yad (punggung telapak) tak batal ? [Alvin Hadi].
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Ya karena telapak tangan (bagian dalam) merupakan tempat merasakan enak ketika bersentuhan dan bisa menimbulkan syahwat [ Nihayatuz zain 26 ]. Sedang dalam kitab Hasyiyah al-Jamal I/234 dijelaskan hal itu karena :
1. Berdasarkan hadits riwayat Ibn Hibbaan
2. Karena kelezatan menyentuh hanya dapat dihasilkan dengan perut telapak tangan
وَلِخَبَرِ ابْنِ حِبَّانَ فِي صَحِيحِهِ { إذَا أَفْضَى أَحَدُكُمْ بِيَدِهِ إلَى فَرْجِهِ وَلَيْسَ بَيْنَهُمَا سِتْرٌ وَلَا حِجَابٌ فَلْيَتَوَضَّأْ }.....لِأَنَّ التَّلَذُّذَ إنَّمَا يَكُونُ بِهِ وَلِخَبَرِ الْإِفْضَاءِ بِالْيَدِ السَّابِقِ إذْ الْإِفْضَاءُ بِهَا لُغَةً الْمَسُّ بِبَطْنِ الْكَفِّ فَيَتَقَيَّدُ بِهِ إطْلَاقُ الْمَسِّ فِي بَقِيَّةِ الْأَخْبَارِ
Karena berdasarkan hadits “Bila salah seorang diantara kalian menyentuh kemaluannya dengan perut telapak tangannya dan tidak terdapat penghalang diantara keduanya, maka berwudhulah” (HR. Ibn Hibbaan). Dan karena kelezatan menyentuh hanya dapat dihasilkan dengan perut telapak tangan. Wallaahu A'lamu Bis showaab. [Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy, Masaji Antoro ].
Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/368568959832585/