Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1349. INILAH HIKMAH DI BALIK PENCIPTAAN BABI

PERTANYAAN :
Salam. Kalau memang babi itu diharamkan kenapa diciptakan oleh Alloh ? [Rama El Rahman].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. Perlu diketahui, Allah menciptakan sesuatu, belum tentu harus / untuk dimakan oleh manusia, tetapi ada hikmah lain yang belum kita ketahui. Sama pula pertanyaannya, kenapa Allah menciptakan orang kafir yang justru ingkar pada Allah. Jangankan kita, para malaikat pun tidak tahu. Cobalah merenung dan berfikir sejenak, pasti akan kita temukan jawabannya.
Firman Allah swt :
{ قُلْ هَلْ أُنَبّئُكُمْ بِشَرّ مّن ذلك مَثُوبَةً عِندَ الله مَن لَّعَنَهُ الله وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ القردة والخنازير } [ المائدة : 60 ]
Katakanlah: "Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu di sisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?" Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.(QS. 5:60).
Dalam ayat di atas dikatakan bahwa orang-orang yang membangkang perintah Allah untuk menjalani perintah beribadah bersama-sama di hari sabat dikutuk menjadi kera dan babi, dengan demikian hikmah di balik penciptaan babi adalah sebagai peringatan agar setiap saat kemurkaan dan pembalasan Allah dapat terwujudkan meski tanpa harus menunggu datangnya hari pembalasan.
- Tafsiir an-Naisabuur III/144 :
المراد مسخهم قردة وخنازير بل هذا الجواب أولى ليكون الاحتجاج عليهم بشيء قد دخل في الوجوه فلا يمكنهم الإنكار .
- Miftaah ad-Daar as-Sa’aadah I/254 :
وتأمل حكمته تعالى في مسخ من مسخ من الامم في صور مختلفة مناسبة لتلك الجرائم فإنها لما مسخت قلوبهم وصارت على قلوب تلك الحيوانات وطباعها اقتضت الحكمة البالغة ان جعلت صورهم على صورها لتتم المناسبة ويكمل الشبه وهذا غاية الحكمة واعتبر هذا بمن مسخوا قردة وخنازير كيف غلبت عليهم صفات هذه الحيواات واخلاقها وأعمالها
Wallaahu A'lamu Bis showaab. [Abdullah Al-Bughisy. Masaji Antoro].
Linkl Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/380169422005872/