Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna ๐Ÿ‘‰ Download!

134. LAIN-LAIN: Arti dan yang bergelar ulul 'azmi


PERTANYAAN


Ivan Algivari

Kenapa hanya nabi Nuh, nabi Ibrahim, nabi Muhammad, nabi Isa, dan nabi Musa yang masuk pada ulul 'azmi.... kenapa yang lain seperti nabi Sulaiman, nabi daud dll...(mohon pencerahanya)



JAWABAN

Doel Klantรจnk
Insya Allah syari'ah dlm mnetapkn nabi2 yg t'golong ulul azmi sdh ssuai dg kapasitasx sbg nabi yg bnr2 tguh & sbr diantara para nabi yg ada.
Lht : Qs. Al-Ahqof:35

ูˆุฅุฐ ุฃุฎุฐู†ุง ู…ู† ุงู„ู†ุจูŠูŠู† ู…ูŠุซุงู‚ู‡ู… ูˆู…ู†ูƒ ูˆู…ู† ู†ูˆุญ ูˆุงุจุฑุงู‡ูŠู… ูˆู…ูˆุณู‰ ูˆุนูŠุณู‰ ุงุจู† ู…ุฑูŠู… ูˆุงุฎุฐู†ุง ู…ู†ู‡ู… ู…ูŠุซุงู‚ุง ุบู„ูŠุธุง
"Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh," (QS Al-Ahzab : 7)

Kualifikasi Nabi Nuh sebagai ulul azmi di antaranya karena kesabarannya dalam berdakwah. Beliau tanpa pernah menyerah terus menerus mendakwahi keluarga, kerabat, dan masyarakat umum untuk kembali menyembah dan mentaati Allah dan RasulNya. T...erbukti, hampir 1000 tahun usianya, tetapi jumlah umat yang mengikutinya tidak lebih dari 200 orang. Bahkan istri dan anaknya yang bernama Kan’an termasuk penentangnya.

Nabi Ibrahim termasuk rasul ulul azmi, di antaranya karena kepatuhan dan kesabaran serta keteguhannya dalam berdakwah. Sejak masih bayi, Ibrahim dipelihara dalam keadaan genting yang disebabkan oleh tirani Namruz yang membunuhi anak laki-laki. Setelah dewasa, ia harus berhadapan dengan raja dan masyarakat penyembah berhala, termasuk orang-orang terdekatnya. Bahkan ia harus menerima siksaan yang mahapedih, yaitu dibakar dan diusir dari kampung halamannya.

Nabi Musa juga termasuk rasul ulul azmi. Beliau termasuk orang sabar dalam menghadapi dan mendakwahi Fir’aun dan pengikutnya. Selain itu, beliau mampu bersabar dalam memimpin kaumnya yang sangat pembangkang. Bagaimana tidak, ketika beliau akan menerima wahyu di Bukit Sinai, pengikutnya yang dipimpin Samiri menyeleweng dengan menyembah patung anak sapi. Harun yang ditugasi mengganti peran Musa, tidak sanggup menghalangi, bahkan hendak dibunuh. Namun demikian, Musa pernah tidak dapat bersabar ketika belajar berguru kepada Khidir.

Nabi Isa termasuk rasul ulul azmi. Banyak hal yang menunjukkan bahwa beliau memiliki kesabaran dan keteguhan dalam menyampaikan risalah Allah. Terutama ketika beliau harus menghadapi fitnah yang disebar kaum Yahudi dan pengkhianatan muridnya. Selain itu, beliau juga harus memberi pengertian tentang status ibunya yang melahirkan tanpa adanya seorang suami.

Para Rasul yg termasuk Ulul 'Azmi adalah Rasul yg memiliki kesabaran dan ketabahan dalam menyebarkan agama Islam dan menyampaikan wahyu Allah kepada kaumnya. Para Rasul tersebut selalu bersabar walaupun mendapat tantangan (cemoohan dan siks...aan) dari kaumnya. Dari kisah riwayat Nabi dan Rasul, kita bisa lihat bahwa Nabi Ayub AS walaupun sangat penyabar tapi kesabaran beliau adalah dalam menghadapi cobaan terhadap dirinya sendiri berupa hilangnya harta dan kesehatan (mendapat musibah penyakit), jadinya berbeda dengan para Rasul Ulul 'Azmi yg 5, dimana kesabaran mereka adalah kesabaran dalam menghadapi tantangan dari kaumnya ketika menyampaikan wahyu Allah dan menyebarkan agama Islam.

Masaji Antoro
Sesungguhnya jumlah Nabi dan Rosul yang tergolong ULUL 'AZMI banyak pendapat dikalangan ulama, yang mashur memang seperti pertanyaan di atas, berikut sedikit keterangan mengenai beberapa pendapat ulama, alasannya serta asbaab nuzulnya :

********************************

َุงุตْุจِุฑْ ูƒَู…َุง ุตَุจَุฑَ ุฃُูˆู„ُูˆ ุงู„ْุนَุฒْู…ِ ู…ِู†َ ุงู„ุฑُّุณُู„ِ } ุฃูŠ: ุนู„ู‰ ุชูƒุฐูŠุจ ู‚ูˆู…ู‡ู… ู„ู‡ู…. ูˆู‚ุฏ ุงุฎุชู„ููˆุง ููŠ ุชุนุฏุงุฏ ุฃูˆู„ูŠ ุงู„ุนุฒู… ุนู„ู‰ ุฃู‚ูˆุงู„، ูˆุฃุดู‡ุฑู‡ุง ุฃู†ู‡ู…: ู†ูˆุญ، ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู…، ูˆู…ูˆุณู‰، ูˆุนูŠุณู‰، ูˆุฎุงุชู… ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูƒู„ู‡ู… ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…، ู‚ุฏ ู†ุต ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ุฃุณู…ุงุฆู‡ู… ู…ู† ุจูŠู† ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ููŠ ุขูŠุชูŠู† ู…ู† (2) ุณُูˆุฑَุชَูŠ "ุงู„ุฃุญุฒุงุจ" ูˆ "ุงู„ุดูˆุฑู‰"، ูˆู‚ุฏ ูŠุญุชู…ู„ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจุฃูˆู„ูŠ ุงู„ุนุฒู… ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฑّุณُู„، ูˆุชูƒูˆู† { ู…ِู†َ } ููŠ ู‚ูˆู„ู‡: { ู…ِู†َ ุงู„ุฑُّุณُู„ِ } ู„ุจูŠุงู† ุงู„ุฌู†ุณ، ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู….

“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka”.(QS. 46:35). Artinya atas pendustaan kaum para utusan pada mereka.
Para Ulama berbeda dalam jumlah hitungan yang tergolong Ulul ‘Azmi pada beberapa pendapat pendapat yang lebih masyhur para utusan yang tergolong Ulul ‘Azmi adalah : Nabi Nuh As, Nabi Ibrahim As, Nabi Musa As, Nabi Isa As dan Nabi Muhammad SAW. Seperti keterangan yang dilansir dalam surat Al-Ahzaab dan surat As-Syuuro, Dan bias jadi yang dimaksud Ulul ‘Azmi adalah semua utusan Allah dengan menjadikan lafadz MIN pada kalimat MINARRUSULI berfaedah bayan li aljinsi, wallaahu a’lam

Tafsiir Ibnu Katsir VII/305

**************************
******
ูุงุตุจุฑ ูƒู…ุง ุตุจุฑ ุฃูˆู„ูˆ ุงู„ุนุฒู… ู…ู† ุงู„ุฑุณู„ } ุฃูˆู„ูˆ ุงู„ุซุจุงุช ูˆุงู„ุฌุฏ ู…ู†ู‡ู… ูุฅู†ูƒ ู…ู† ุฌู…ู„ุชู‡ู… ูˆ { ู…ู† } ู„ู„ุชุจูŠูŠู† ูˆู‚ูŠู„ ู„ู„ุชุจุนูŠุถ ูˆ { ุฃูˆู„ูˆ ุงู„ุนุฒู… } ู…ู†ู‡ู… ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุดุฑุงุฆุน ุงุฌุชู‡ุฏูˆุง ููŠ ุชุฃุณูŠุณู‡ุง ูˆุชู‚ุฑูŠุฑู‡ุง ูˆุตุจุฑูˆุง ุนู„ู‰ ุชุญู…ู„ ู…ุดุงู‚ู‡ุง ูˆู…ุนุงุฏุงุฉ ุงู„ุทุงุนู†ูŠู† ููŠู‡ุง ูˆู…ุดุงู‡ูŠุฑู‡ู… : ู†ูˆุญ ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ูˆู…ูˆุณู‰ ูˆุนูŠุณู‰ ุนู„ูŠู‡ู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆู‚ูŠู„ ุงู„ุตุงุจุฑูˆู† ุนู„ู‰ ุจู„ุงุก ุงู„ู„ู‡ ูƒู†ูˆุญ ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ุฃุฐู‰ ู‚ูˆู…ู‡ ูƒุงู†ูˆุง ูŠุถุฑุจูˆู†ู‡ ุญุชู‰ ูŠุบุดู‰ ุนู„ูŠู‡ ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุงุฑ ูˆุฐุจุญ ูˆู„ุฏู‡ ูˆุงู„ุฐุจูŠุญ ุนู„ู‰ ุงู„ุฐุจุญ ูˆูŠุนู‚ูˆุจ ุนู„ู‰ ูู‚ุฏ ุงู„ูˆู„ุฏ ูˆุงู„ุจุตุฑ ูˆูŠูˆุณู ุนู„ู‰ ุงู„ุฌุจ ูˆุงู„ุณุฌู† ูˆุฃูŠูˆุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุถุฑ ูˆู…ูˆุณู‰ ู‚ุงู„ ู„ู‡ ู‚ูˆู…ู‡ { ุฅู†ุง ู„ู…ุฏุฑูƒูˆู† * ู‚ุงู„ ูƒู„ุง ุฅู† ู…ุนูŠ ุฑุจูŠ ุณูŠู‡ุฏูŠู† } ูˆุฏุงูˆุฏ ุจูƒู‰ ุนู„ู‰ ุฎุทูŠุฆุชู‡ ุฃุฑุจุนูŠู† ุณู†ุฉ ูˆุนูŠุณู‰ ู„ู… ูŠุถุน ู„ุจู†ุฉ ุนู„ู‰ ู„ุจู†ุฉ

“Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka”.(QS. 46:35). Artinya para utusan yang memiliki keteguhan dan kegigihan dan engkau (Muhammad) masuk didalamnya, MIN berfaedah bayan dan ada yang berpendapat berfaedah tab’iid.

Arti Ulul ‘Azmi adalah mereka-mereka yang memiliki hokum syariat yang memiliki kegigihan dalam mendasarkan dan menerangkannya, memiliki kesabaran menanggung penderitaan, pendapat paling mashur, mereka adalah : Nabi Nuh As, Nabi Ibrahim As, Nabi Musa As, Nabi Isa As.
Ada pendapat yang menyatakan Ulul ‘Azmi adalah mereka yang sabar menerima penderitaan dan cobaan dari Allah seperti halnya Nabi Nuh As yang sabar menerima aniaya kaumnya (kaum Nabi Nuh pernah memukulinya hingga pingsan), Nabi Ibrahim As saat diuji dibakar dan diperintahkan menyembelih putranya, dan nabi ismail As saat ikhlas disembelih, Nabi Ya’qub As saat kehilangan putra dan penglihatannya, Nabi Yusuf As saat terbuang dalam sumur dan mendekam dalam penjara, Nabi Ayyub As saat ditimpa penyakit, Nabi musa As saat diburu Fir’au dan kaumnya berkata : berkatalah pengikut-pengikut Musa: "Sesungguhnya kita benar-benar akan tersusul".

Musa menjawab: "Sekali-kali tidak akan tersusul; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku" (QS. 26: 61-62), Nabi Daud As saat menangisi kesalahannya selama 40 tahun dan Nabi Isa As tidak diletakkan pada bangunan (saat terlahir)

Tafsir Baidhowi I/186

********************************

ูˆู‚ุงู„ ุจุนุถู‡ู…: ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูƒู„ู‡ู… ุฃูˆู„ูˆ ุนุฒู… ุฅู„ุง ูŠูˆู†ุณ ุจู† ู…ุชู‰، ู„ุนุฌู„ุฉ ูƒุงู†ุช ู…ู†ู‡، ุฃู„ุง ุชุฑู‰ ุฃู†ู‡ ู‚ูŠู„ ู„ู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: "ูˆู„ุง ุชูƒู† ูƒุตุงุญุจ ุงู„ุญูˆุช"؟ .
ูˆู‚ุงู„ ู‚ูˆู…: ู‡ู… ู†ุฌุจุงุก ุงู„ุฑุณู„ ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑูˆู† ููŠ ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุฃู†ุนุงู…، ูˆู‡ู… ุซู…ุงู†ูŠุฉ ุนุดุฑ، ู„ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุจุนุฏ ุฐูƒุฑู‡ู…: "ุฃูˆู„ุฆูƒ ุงู„ุฐูŠู† ู‡ุฏู‰ ุงู„ู„ู‡ ูุจู‡ุฏุงู‡ู… ุงู‚ุชุฏู‡"( ุงู„ุฃู†ุนุงู…-90 ) .
ูˆู‚ุงู„ ุงู„ูƒู„ุจูŠ: ู‡ู… ุงู„ุฐูŠู† ุฃู…ุฑูˆุง ุจุงู„ุฌู‡ุงุฏ ูˆุฃุธู‡ุฑูˆุง ุงู„ู…ูƒุงุดูุฉ ู…ุน ุฃุนุฏุงุก ุงู„ุฏูŠู†.
ูˆู‚ูŠู„: ู‡ู… ุณุชุฉ: ู†ูˆุญ، ูˆู‡ูˆุฏ، ูˆุตุงู„ุญ، ูˆู„ูˆุท، ูˆุดุนูŠุจ، ูˆู…ูˆุณู‰، ุนู„ูŠู‡ู… ุงู„ุณู„ุงู…، ูˆู‡ู… ุงู„ู…ุฐูƒูˆุฑูˆู† ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุณู‚ ููŠ ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุฃุนุฑุงู ูˆุงู„ุดุนุฑุงุก.
ูˆู‚ุงู„ ู…ู‚ุงุชู„: ู‡ู… ุณุชุฉ: ู†ูˆุญ، ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ุฃุฐู‰ ู‚ูˆู…ู‡، ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู…، ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุงุฑ، ูˆุฅุณุญุงู‚ ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุฐุจุญ، ูˆูŠุนู‚ูˆุจ، ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ูู‚ุฏ ูˆู„ุฏู‡ ูˆุฐู‡ุงุจ ุจุตุฑู‡، ูˆูŠูˆุณู، ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุจุฆุฑ ูˆุงู„ุณุฌู†، ูˆุฃูŠูˆุจ، ุตุจุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุถุฑ.
ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ุนุจุงุณ ูˆู‚ุชุงุฏุฉ: ู‡ู… ู†ูˆุญ، ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู…، ูˆู…ูˆุณู‰، ูˆุนูŠุณู‰، ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุดุฑุงุฆุน، ูู‡ู… ู…ุน ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฎู…ุณุฉ.
ู‚ู„ุช: ุฐูƒุฑู‡ู… ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุชุฎุตูŠุต ููŠ ู‚ูˆู„ู‡: "ูˆุฅุฐ ุฃุฎุฐู†ุง ู…ู† ุงู„ู†ุจูŠูŠู† ู…ูŠุซุงู‚ู‡ู… ูˆู…ู†ูƒ ูˆู…ู† ู†ูˆุญ ูˆุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ูˆู…ูˆุณู‰ ูˆุนูŠุณู‰ ุงุจู† ู…ุฑูŠู…"( ุงู„ุฃุญุฒุงุจ-7 ) ، ูˆููŠ ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: "ุดุฑุน ู„ูƒู… ู…ู† ุงู„ุฏูŠู† ู…ุง ูˆุตู‰ ุจู‡ ู†ูˆุญุง"( ุงู„ุดูˆุฑู‰-13 ) .

Sebagian Ulama berpendapat : Semua Nabi adalah Ulul ‘Azmi kecuali Yunus Bin mattaa seperti firman Allah pada Nabi Muhammad “Dan janganlah kamu seperti orang (Yunus) yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya). (QS. 68:48).

Sebagian lagi berpendapat : Mereka adalah yang terbaik diantara para rosul yang tertutur dalam surat al-An’aam, mereka 18 utusan seperti firman Allah “Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka. Katakanlah: "Aku tidak meminta upah kepadamu dalam menyampaikan (Al Qur'an)". Al Qur'an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk segala umat. (QS. 6:90).
Imam Kalaby berkata “Mereka adalah yang diperintahkan berjihad dan menampakkan sesuatu pada musuh-musuh agama Allah”

Ada yang berpendapat : mereka berjumlah enam yakni Nabi Nuh As, Nabi Hud As, Nabi Sholih As, Nabi Luth As, Nabi Syu’aib As dan Nabi Musa As, mereka yang ditutur Allah secara teratur dalam surat AL-A’raf dan as-Syu’araa’.

Imam Muqotil berkata “Mereka enam utusan Allah, yakni Nabi Nuh As yang sabar menerima aniaya kaumnya, Nabi Ibrahim As saat diuji dibakar, dan nabi Ishaq As saat ikhlas disembelih, Nabi Ya’qub As saat kehilangan putra dan penglihatannya, Nabi Yusuf As saat terbuang dalam sumur dan mendekam dalam penjara dan Nabi Ayyub As saat ditimpa penyakit.
Imam Ibnu Abbas dan Qotaadah berkata “Mereka adalah Nabi Nuh As, Nabi Ibrahim As, Nabi Musa As, Nabi Isa As, merekalah para Nabi yang memiliki syariat sehingga bersama Nabi Muhammad SAW jumlahnya menjadi lima.

Seperti yang terdapat pada ayat “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh”, (QS. 33:7) dan ayat “Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: egakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama) -Nya orang yang kembali (kepada-Nya).(QS.42:13).

Tafsiir Baghowi VII/270-271

Wallaahu A'lamu bis-Showaab