Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1314. SHOLAT JAMA' KETIKA WUKUF DI AROFAH

PERTANYAAN :
Saya awam mau nanya apakah sholat dzuhur 'ashar saat wukuf di arafah itu di jama' qashr atau tidak ? bila dijama' qashr padahal sudah di Makkah beberapa hari bagaimana hukumnya? mohon pencerahannya. [Gley Board Hasani].
JAWABAN :
‎Dalam pandangan 4 Madzhab sama memperbolehkan menjama' sholat dhuhur dengan ashar maqhrib dengan isya' pada waktu di Arafah. Silahkan dibuka di kitab Madzahibul Arba'ah. Hukum jamak sholat Dan sebab-sebab bolehnya menjamak sholat :
اما حكمه فهو الجواز ، وأما أسبابه وشروطه فإن فيها تفصيل المذاهب . فانظر ها تحت الخط(١)ا
١) ألمالكية قالوا : اسباب الجمع هي : السفر والمرض والمطر والطين مع الظلمة في اخر الشهر ووجود الحاج بعرفة او مزدلفة ١) الشافعية قالوا : يجوز الجمع بين الصلاتين المذكورتين جمع تقديم او تأخير للمسافر مسافة القصر المتقدمة بشرط السفر ، ويجوز جمعها جمع تقديم فقط بسبب نزول المطر . ويشترط في جمع التقديم ستة شروط . الاول -->> السادس : ظن صحة الصلاة الاولى . فلوكانت الصلاة الاولى جمعة في مكان تعددت فيه لغير حاجة وشك في السبق والمعية لا يصح جمع العصر معها جمع تقديم .هذا ، والاولى ترك الجمع لانه مختلف في جوازه في المذاهب ، لكن يسن الجمع اذا كان الحاج مسافر وكان بعرفة اومزدلفة ، فالأفضل للأول جمع العصر مع الظهر تقديما ، وللثانى جمع المغرب مع العشاء تأخيرا لاتفاق المذاهب على جواز الجمع فيهما .
١) الحنفية قالوا ؛ لا يجوز الجمع بين صلاتين في وقت واحد لا في السفر ولا في الحضر بأي عذر من الأعذار إلا في حالتين ؛ الاولى :يجوز الجمع الظهر والعصر في وقت الظهر جمع تقديم بشروط اربعة : الاول : أن يكون ذلك يوم عرفة . الثاني ان يكون محرما بالحج .الخ يجوز جمع المغرب والعشاء ف وقت العشاء جمع تأخير بشرطين . الاول أن يكون ذلك بمزدلفة ، الثاني ان يكون محرما بالحج ، وكل صلاتين جمعتا لا يؤذن لهما الا إذن واحد .الخ
١) الحنابلة قالوا : الجمع المذكور بين الظهر والعصر او المغرب والعشاء تقديما او تأخيرا مباح وتركه افضل . وانما يسن الجمع بين الظهر والعصر تقديما بعرفة ، وبين المغرب والعشاء تأخيرا بالمزدلفة ،الخ   ( الفقه على المذاهب الاربعة الجزأ الاول -ص ٣٧٥-٣٧٨ )
Adapun menjamak sholat itu hukum Nya jawaz ( boleh ), adapun sebab-sebab Dan syarat-syaratnya terdapat penafsilan di kalangan 4 Madzhab maka lihat lagi garis di bawah ini (1) :
(1) Ulama' Malikiyah berpendapat tentang Sebab2 Nya jamak sholat adalah :
1. Bepergian.
2. Sakit .
3. hujan.
4. Dan lumpur disertai gelap di akhir bulan .
5. Dan Ada Nya haji di arofah atau di muzdalifah .
(2) Madzahb syafi'iyah berpendapat :
Boleh jamak antara 2 sholat yang telah di sebutkan dengan jamak taqdim / jamak ta'khir bagi orang yang perjalanan boleh nya mengkosor sholat (2 marhalah ) sebagai mana yang telah Lewat dengan syarat nya syafar . Boleh menjamak sholat dengan jamak taqdim Saja dengan sebab turun nya hujan . Dan di syarat kan di dalam jamak taqdim dengan 6 Syarat 1--> 6 Yaqin sah nya sholat yang pertama . Apa bila sholat yang pertama berupa sholat jum'at di tempat yang banyak bukan karena hajat Dan dia ragu pada yang pertama Dan niat jamak Nya maka tidak sah menjamak asar dengan nya ( sholat jum'at ) dengan Jamak taqdim hal ini. yang utama tidak menjamak nya karena masih terdapat khilaf di kalangan madzhab atas ke bolehan nya ( jum'at di jamak dengan asar ), Akan tetapi sunnah dijamak jika dia bepergian haji Dan dia di Arofah atau di muzdalifah . Dan yang lebih utama :
§Untuk sholat yang pertama menjamak asar dengan dhuhur dengan jamak taqdim.
§Dan kedua Menjamak maghrib dengan isya' dengan jamak ta'khir karena Ada ke sepakatan madzhab atas kebolehan nya jamak di 'arofah Dan di muzdalifah.
(3) Madzhab Hanafiah :
Tidak boleh menjamak antara 2 Sholat di Dalam 1 Waktu baik musafir / tidak dengan alasan udzur apa Saja kecuali di Dalam 2 keadaan :
1 - Boleh menjamak dhuhur Dan asar di waktu dhuhur dengan jamak taqdim dengan 4. Syarat :
1. Harus pada Hari arofah
2. Kedua harus ber ihrom haji
3. Sholat di belakang imam kaum muslimin / yang mengantikan Nya imam.
4. Sholat dhuhur Nya harus tetap sah.
2 - Boleh menjamak maghrib dan isya' di waktu isya' dengan jamak ta'khir dengan 2 Syarat :
1. Harus ber Ada di muzdalifah
2. Harus ber ihrom haji Dan semua dua sholat yang dijamak tidak diadzani kecuali dengan 1 Adzan .
(4) Madzhab Hanabilah :
Jamak sebagai mana yang telah di sebut kan antara dhuhur dengan Dan asar atau maghrib Dan isya' Baik jamak taqdim / jama' ta'khir hukum Nya mubah ( boleh ) Dan di tinggl lebih utama' Hanya di sunnah kan menjamak antara dhuhur dan asar dengan jamak taqdim di Arofah Dan antar maghrib dengan isya' dengan jamak ta'khir di muzdalifah. ( fiqhih 4. Juz 1. Hal 375-378 ).
Kalau memang masih dalam status musafir boleh menjamak shalat
( واختلف الفقهاء في من فاتته الصلاة يوم عرفة مع الإمام ) هل له أن يجمع بينهما أم لا ؟ فقال مالك : له أن يجمع ( بين الظهر والعصر إذا فاته ذلك مع الإمام وكذلك المغرب والعشاء يجمع ) بينهما بالمزدلفة.....وقال الشافعي وأبو يوسف ومحمد وأبو ثور وأحمد وإسحاق : جائز أن يجمع بينهما من المسافرين من صلى مع الإمام ، ومن صلى وحده إذا كان مسافرا
“Kalangan Ulama Fiqh berbeda pendapat terhadap hukum orang yang terlewatkan kesempatan shalat bersama Imam saat diarafah, apakah ia boleh menjama’ shalat atau tidak ?Imam Malik berpendapat “baginya boleh menjama’ shalat dhuhur dan Ashar saat hilang kesempatan shalat bersama Imam begitu juga shalat maghrib dan Isya’ boleh dijama di Muzdalifah....Imam Syafi’i, Abu Yusuf, Muhammad, Abu Tsauri, Imam Ahmad dan Ishaq berpendapat “Boleh baginya menjalani shalat jama antara dhuhur dan Ashar/ maghrib dan Isya’ baik dilakukan berjamaah bersama imam ataupun shalat sendiri bila statusnya masih sebagai musafir. [ At-Tamhiid Limaa Fil Muwatthoo’ Minal Asaanid Wal ma’aany X/15 ].
Namun demikian terdapat pendapat dikalangan Syafi’iyyah sendiri yang memperbolehkan shalat jama’ meskipun tidak dalam keadaan musafir asalkan memang ada hajat.
فائدة : لنا قول بجواز الجمع في السفر القصير اختاره البندنيجي ، وظاهر الحديث جوازه ولو في حضر كما في شرح مسلم ، وحكى الخطابي عن أبي إسحاق جوازه في الحضر للحاجة ، وإن لم يكن خوف ولا مطر ولا مرض ، وبه قال ابن المنذر اهـ قلائد
Faedah, di kalangan kami (syafi’iyyah) terdapat pendapat yang memperbolehkan jama dalam keadaan bepergian pendek yang dipilih oleh al-Bandanijy, bila melihat dhahirnya hadits yang terdapat dalam syarh kitab muslim terkesan memang memperbolehkannya. Al-Khitthooby meriwayatkan dari ishaq bahkan membolehkan jama’ dalam keadaan dirumah asalkan ada kepentingan meskipun tidak terdapati ketakutan, hujan ataupun sakit disana, dan pendapat ini juga dinyatakan oleh Ibn al-Mundzir. [ Al-Bughyah I/60 ]. Wallahu A'lamu Bis showaab. [Adi Tia, Raden Bagoes Sadjiwo].
Link Diskusi :
www.fb.com/groups/piss.ktb/371957179493763/