Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1293. HUKUM UANG SISA PEMBELIAN YANG BELUM DIBAYAR

PERTANYAAN :
Assalamualaikum, para yai, ustadz, ustadzah, dan para saudaraku di piss semua, saya mau nanya, profesi saya sebagai tukang sate, ketika saya dagang kadang-kadang saya ga ada kembalian, harga sate misalkan 9 ribu lalu si pembeli ngasih uang 10 ribu kebetulan kembaliannya tak ada terus si pembeli bilang ya sudah bang tidak mengapa buat nanti saja, nah gimana hukum uang seribu tersebut yang msh ada pada sya kalau si pembeli tak beli-beli lagi dalam jangka waktu yang lama ? [Prabu Sakera Kenni].
JAWABAN :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh. Uang sisa pembelian tadi dihukumi barang titipan. Jika sampai bertahun-tahun pemiliknya tidak mengambilnya maka :
1. jika si pemiliknya / ahli waris masih ada maka harus diserahkan
2. jika sudah tidak ada,atau ada tapi tak tahu rimbanya maka harus diserahkan pada hakim /qodhi yang adil, bila tidak dijumpai qodhi,maka bisa ditasarufkan untuk kemaslahatam kaum muslimin. Wallohu a'lam. [Abdurrahman As-syafi'i].
مواهب الصمد ١٠٨
خاتمة سئل الشيح عزالدين بن عبد السلام ان رجل تحت يده وديعة مضت عليه مدة طويلة ولم يعرف صاحبها وليس من معرفته بعد البحث التام فقال يصرفها فى اهم مصالح المسلمين فيقدم اهل الضرورة و مسيس الحاجة و لا يبنى بها مسجدا ولايصرها الا فيما يجب على الامام صرفها فيه، فان جهله فيسئل اورع العلماء بالمصالح الواجبة التقديم
Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/370080426348105/