Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1255. BAGAIMANA HUKUMNYA MENAIKKAN HARGA BBM


PERTANYAAN :

Al-Baqir Sun
Assalamu'alaikum warohmatullohi wa barokatuhu.
Bagaimana Hukumnya MENAIKKAN harga BBM..... ???...
Mohon pencerahannya,,,,,,

JAWABAN :

>> Abdurrahman As-syafi'i 
kita diwajibkan taat kpd ulil amri/pemerintah...dgn catatan pemerintah bisa membuat keputusan2 yg membawa kemaslahatan bg rakyatnya..tidak berbuat dholim disana sini,Masalah kenaikan harga BBM harus kita cermati efek yg timbul,jika mengandung mafsadat yg berat maka hal itu dilarang,tentu saja dgn memandang kepengn masyarakat dan negara,tdk hanya melihat dari satu sudut saja.

>>Dewan Masjid Assalaam 
harga terbentuk dari mekanisme dalam jual beli, kalau penjual mau jual barangnya dengan harga berapapun ya terserah dia wong itu barang punya dia. Yang jadi kendala, BBM dimiliki oleh negara, sedang negara adalah milik rakyat. Jadi kenaikan harga BBM harus disetujui oleh rakyat yang representasinya ada di DPR.Mekanisme yang ada dalam penentuan harga BBM sudah sesuai dengan prinsip di atas, kalau DPR gak setuju ya harga gak akan naik.


>> Mbah Jenggot II 
akar masalah harus di urai dulu,kenapa Harga BBM naik? krn subsidinya di kurangi. aslinya kan pemerintah menjual BBM di bawah harga (krn adanya subsidi) subsidi tersebut konon katanya akan di alokasikan untuk pendidikan dan pengobatan gratis (meski ini hanya OMDO krn kebocoran di sana-sini ) namun terlepas dr kebocoran yg ada hemat saya mengurangi subsidi BBM dan digunakan untuk hal yg lebih manfaat boleh2 saja.

الإمامة العظمى الجزء الثانى صـ 357الواجب على الإمام عند صرف الأموال ان يبتدئ فى القسمة بلأهم فالأهم من مصالح المسلمين كعطاء من يخصل للمسلمين منهم منفعة عامة أو للمحتاجين إهـ

الفوائد الجنية صـ 259إذا تعارض مفسدتان روعي أعظمهما ضررا ودليلنا بول الأعرابي في المسجد وذلك كما في فسق السلطان إذا طرأ ومسئلة التسعير إذا سعر الإمام فإنه يرتكب ولا يخالف ولا يجوز مخالفته (قوله إذا سعر الإمام) أي وفت تسعيره وذلك عند ما يتعدى أرباب الطعام تعديا فاحشا في القيمة ولكن بمشاورة أهل الخبرة وأما عند عدم التعدي الفاحشي فلا يجوز التسعير لحديث لا تسعروا فإن المسعر هو الله (فوله فإنه يرتكب) أي يجب العمل بمقتضى التسعير (قوله ولا يجوز مخالفته) صيانة لحقوق المسلمين من الضياع وقد قالوا إذا خاف الإمام على أهل المصر الهلاك أخذ الطعام من المحتكر وفرقه عليهم فإذا وجدوا ردوا مثله وليس هذا حجرا وإنما هو للضرورة قلت وقد جعلت الحنفية هذه المسئلة فرعا من قاعدة ذكروها في كتبهم وهي يتحمل الضررالخاص لأجل دفع الضرر العام فافهم

Link Diskusi >>