Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0119. Dalil Wajibnya Qodho` Sholat Yang Bisa Dijama’ Saat Suci Dari Haid

PERTANYAAN :
Pada waktu sholat ashar menyisakan 3 menit, darah haidl NITA mampet, karena waktunya mepet membuat dia tidak bisa shalat ashar, maka menurut ilmu haidl NITA wajib qodlo' sholat ashar plus sholat dzuhur. Yang sampai sekarang belum ku paham kenapa dzuhur wajib di-qodlo', padahal dia masih haidl ? monggo bolo-bolo tanggapane ! [Afif Yang Khoir].
JAWABAN :
Kenapa sholat sebelumnya harus disertakan  ? :
1.Berdasarkan atsar dari Hasyim dari Mughirah dari ‘ubaidah dari Ibrahim dari Hajjaj dari ‘Athoo’ dan Assyi’by dari Abdul Malik dari ‘Athoo’ : “Bila wanita haid suci sebelum terbenamnya matahari (masih waktu ashar) sholatlah dhuhur dan ashar dan bila suci sebelum fajar (masih waktu isya’) sholatlah maghrib dan isya’ “.
2.Karena waktu shalat yang kedua (yaitu ashar bila dinisbatkan dengan dzuhur, atau isya bila dinisbatkan dengan maghrib) merupakan waktu shalat yang pertama tatkala ada UZUR (seperti ketika dijamak ta’khir dalam keadaan safar), maka saat DARURAT (seperti haid) lebih keadaan semacam itu lebih berhak untuk didapatkan. [Masaji Antoro].
- Mushonnaf Ibnu Syaibah No 7206 :
حدثنا هشيم عن مغيرة وعبيدة أخبراه عن إبراهيم وعن حجاج عن عطاء والشعبي وعن عبد الملك عن عطاء في الحائض إذا طهرت قبل غروب الشمس صلت الظهر والعصر وإذا طهرت قبل الفجر صلت المغرب والعشاء
- Minhaj alQowiim I/128 :
( ويجب ) أيضا ( قضاء ما قبلها إن جمعت معها ) كالظهر مع العصر والمغرب مع العشاء لأن وقتها لها حالة العذر فحالة الضرورة أولى