Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0111. Hukum Jual Beli Saat Khutbah Jum'at Dan Bilangan Makmum Shalat Jum'at

PERTANYAAN :
Salam. Mau tanya mas-mas dan mbak-mbak ustadz-ustadzah : apakah hukum pelarangan (haram) jual beli disaat khatib jum'at telah "beraksi" di atas mimbar, hanya diperuntukkan buat laki-laki, atau perempuan juga terkena hukum yang sama ? Tanya lagi ustadz, orang yang wajib jum'at tapi tidak mengesahkan bilangan 40, dan yang wajib jum'at sekaligus mengesahkan bilangan 40 itu siapa aja ustadz ? [Bayi Berjenggot].
JAWABAN :
Wa'alaikumussalam. PEREMPUAN TIDAK TERKENA HUKUM HARAM JUAL BELI selama yang dilayani dalam jual beli tersebut sesama orang yang tidak wajib menjalankan SHOLAT JUMAT.
( قوله وحرم على من تلزمه الجمعة نحو مبايعة ) أي لقوله تعالى { يا أيها الذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله وذروا البيع }  فورد النص في البيع وقيس عليه غيره  ومحل الحرمة في حق من جلس له في غير الجامع أما من سمع النداء فقام قاصدا الجمعة فباع في طريقه أو قعد في الجامع وباع فإنه لا يحرم عليه  لكن البيع في المسجد مكروه ومحلها أيضا إن كان عالما بالنهي ولا ضرورة كبيعه للمضطر ما يأكله وبيع كفن لميت خيف تغيره بالتأخير وإلا فلا حرمة وإن فاتت الجمعة  وخرج بقوله من تلزمه الجمعة من لا تلزمه فلا حرمة عليه ولا كراهة  لكن إذا تبايع مع من هو مثله  أما إذا تبايع مع من تلزمه حرم عليه أيضا لإعانته على الحرام  وقيل كره له ذلك
"Hanya diperuntukkan buat mereka yang kena HUKUM ORANG YANG WAJIB menjalankan jumat (laki-laki, merdeka, mustawthin) sedang orang yang tidak wajib menjalankan jumah (seperti perempuan) maka TIDAK HARAM bahkan juga tidak makruh kecuali apabila yang dilayani dalam jual beli tersebut adalah orang-orang yang wajib menjalani jumah seperti saat melayani jual beli terhadap orang laki-laki maka hukumnya juga haram karena termasuk menolong pada perkara HARAM, ada yang menyatakan hukumnya makruh". [ I'aanah Atthoolibiin II/95 ].
Adapun tentang orang yang wajib shalat jum'at yang mengesahkan dan yang tidak mengesahkan bisa dibaca Kitab Tausyih 'ala ibn Qosim halaman 78 :
“Dan yang ke tujuh (dari syarat-syarat mendirikan shalat Jumat) adalah istithan (bertempat tinggal menetap) di tempat mendirikan shalat Jumat. Sehingga shalat Jumat itu tidak sah (apabila ahli Jumatnya paling sedikit 40 orang itu digenapi jumlahnya) dengan orang yang wajib menghadiri shalat Jumat dan ia bukan mustautin, yaitu orang yang bertempat tinggal ditempat mendirikan shalat Jumat selama empat hari penuh, atau digenapi dengan orang yang mendengar adzan melalui pengeras suara atau radio tetapi rumahnya sangat jauh dari tempat mendirikan salat Jumat. Shalat Jumat tidak sah dengan ahli Jumat (jamaah tetap) orang musafir atau orang mukim yang bercita-cita kembali ke negerinya meskipun sesudah jangka waktu yang lama. Mustautin itu adalah orang yang tidak bepergian dari tempat tinggalnya pada musim hujan atau musim lainnya, kecuali karena ada keperluan. Orang yang tidak mustautin, jika dia bepergian, maka dia tidak wajib melakukan salat Jumat dan shalat Jumat itupun tidak sah jika ahli Jumatnya digenapi dengan dia, dan jika musafir ini melakukan shalat Jumat, maka shalat Jumatnya sah. Jika musafir itu tinggal di suatu tempat, meskipun selama empat hari penuh, maka dia wajib melakukan salat Jumat dan shalat Jumat tidak sah jika ahli Jumatnya digenapi hitungannya dengan dia, dan shalat Jumat yang dilakukan olehnya sah.
Ada 14 pendapat tentang jumlah bilangan yang terjadi dalam sholat jumat :
واشتراط وقوعها بهذا العدد قول من أربعة عشر قولا في العدد الذي تنعقد به الجمعة
ثانيها أنها تصح من الواحد رواه ابن حزم
ثالثها اثنان كالجماعة وهو قول النخعي وأهل الظاهر
رابعها ثلاثة مع الإمام عند أبي حنيفة وسفيان الثوري رضي الله عنهما
خامسها اثنان مع الإمام عند أبي يوسف ومحمد والليث
سادسها سبعة عند عكرمة
سابعها ستة عند ربيعة
ثامنها اثنا عشر عند ربيعة أيضا في رواية ومالك رضي الله عنه
تاسعها مثله غير الإمام عند إسحاق عاشرها عشرون في رواية ابن حبيب عن مالك
حادي عشرها ثلاثون كذلك
ثاني عشرها خمسون عند أحمد في رواية وحكيت عن عمر بن عبد العزيز رضي الله عنه
ثالث عشرها ثمانون حكاه المازري
رابع عشرها جمع كثير بغير حصر
Disyaratkan terjadinya jumat dengan hitungan 40 arang adalah salah satu pendapat di antara 14 pendapat mengenai hitungan sahnya sholat jumat pendapat-pendapat yang lain adalah :
2. sholat jumat sah oleh satu orang riwayat ابن حزم
3. sholat jumat sah oleh satu orang 2 orang dst... Iaanah Atthoolibiin II/56
Yang termasuk Qoul di bawah naungan Madzhab Syafii yang 40, 13 dan 3.
Pertanyaan nya : orang yang wajib jum'at tapi tidak mengesahkan bilangan 40, dan yang wajib jum'at sekaligus mengesahkan bilangan 40 itu siapa aja ustadz ?
(واعلم) أن الناس في الجمعة ستة أقسام: أولها: من تجب عليه، وتنعقد به، وتصح منه، وهو من توفرت فيه الشروط كلها.
وثانيها: من تجب عليه، ولا تنعقد به، وتصح منه، وهو المقيم غير المستوطن، ومن سمع نداء الجمعة، وهو ليس بمحلها.
وثالثها: من تجب عليه، ولا تنعقد به، ولا تصح منه، وهو المرتد، فتجب عليه، بمعنى أننا نقول له أسلم وصل الجمعة، وإلا فلا تصح منه، ولا تنعقد به، وهو باق بحاله.
ورابعها: من لا تجب عليه، ولا تنعقد به، ولا تصح منه، وهو الكافر الاصلي، وغير المميز من صغير، ومجنون ومغمى عليه، وسكران عند عدم التعدي.
وخامسها: من لا تجب عليه، ولا تنعقد به وتصح منه، وهو الصبي المميز، والرقيق، وغير الذكر من نساء وخناثى، والمسافر.
وسادسها: من لا تجب عليه وتنعقد به، وتصح منه، وهو المريض ونحوه ممن له عذر من الاعذار المرخصة في ترك الجماعة.
Dalam sholat jumat manusia terbagi atas 6 bagian :
1. Wajib menjalani jumah, bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga SAH, yaitu bagi mereka yang memenuhi syarat sholat jumah ( laki-laki, merdeka, dan mustawthin / menetap )
2. Wajib menjalani jumah, sholat jumahnya juga SAH tapi tidak dapat menggugurkan hitungan 40 yaitu bagi orang mukim yang tidak menetap, dan orang yang mendengar panggilan jumah padahal dia tidak di tempatnya.
3. Wajib menjalani jumah, tidak bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga TIDAK SAH yaitu bagi orang murtad
4. Tidak wajib menjalani jumah, tidak bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga TIDAK SAH yaitu bagi orang kafir asli
5. Tidak wajib menjalani jumah, tidak bisa menggugurkan hitungan 40, tapi sholat jumahnya SAH yaitu bagi anak kecil yang sudah tamyiz, budak dan wanita
6.Tidak wajib menjalani jum'ah, bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga SAH yaitu bagi semacam orang sakit dan orang-orang yang ada udzur untuk meninggalkan sholat jumat.. [Iaanah Atthoolibiin II/54]. 
Wallaahu A'lam. [Masaji Antoro, Edy Humaidi ].