Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0079. Hukum Bermain Catur

PERTANYAAN :
Catur menjadi tradisi di negeri ini.ktk saya bertemu dengan salah satu tokoh agama, beliau menyampaikan bahwa catur, domino itu haram menurut sabda nabi, bagaimana menurut pandangan kawan" piss ? syukron. [Abu Uvi].
JAWABAN :
Hukumnya MAKRUH selagi tidak ada unsur perjudian, tidak melalaikan sholat dan bermain bersama orang yang meyakini keharamannya.

واللعب بالشطرنج بكسر أوله وفتحه معجما ومهملا مكروه إن لم يكن فيه شرط مال من الجانبين أو أحدهما أو تفويت صلاة ولو بنسيان بالاشتغال به أو لعب مع معتقد تحريمه وإلا فحرام ويحمل ما جاء في ذمه من الأحاديث والآثار على ما ذكر

Bermain catur hukumnya makruh bila tidak disertai salah satu ketentuan berikut :
1.Disertai dengan harta dari kedua pemain atau salah satunya (karena berarti judi)
2.Keasyikan bermainnya tidak sampai meninggalkan sholat meskipun karena meninggalkannya karena unsur lupa,
3.Tidak bermain bersama orang yang berkeyakinan mengharamkan catur tersebut
Bila ada salah satu ketentuan di atas maka bermain catur menjadi haram (Fath alMu’iin IV/285).

وفارق النرد الشطرنج حيث يكره إن خلا عن المال بأن معتمده الحساب الدقيق والفكر الصحيح ففيه تصحيح الفكر ونوع من التدبير ومعتمد النرد الحزر والتخمين المؤدي إلى غاية من السفاهة والحمق قال الرافعي ما حاصله ويقاس بهما ما في معناهما من أنواع اللهو وكل ما اعتمد الفكر والحساب كالمنقلة والسيجة وهي حفر أو خطوط ينقل منها وإليها حصى بالحساب لا يحرم ومحلها في المنقلة إن لم يكن حسابها تبعا لما يخرجه الطاب الآتي وإلا حرمت وكل ما معتمده التخمين يحرم

Perbedaan antara permainan dadu dan catur yang dihukumi makruh bila memang tidak menggunakan uang adalah bahwa permainan catur berdasarkan perhitungan yang cermat dan olah piker yang benar, dalam permainan catur terdapat unsure penggunaan pikiran dan pengaturan strategu yang benarsedangkan permainan dadu berdasarkan spekulasi yang menyebabkan kebodohan dan kedunguan yang maksimal.
Menurut Imam Rofi’i hokum dadu dan catur tersebut bias di analogkan pada semua bentuk permainan dan segala hal dan segala hal yang berdasarkan hitung-hitungan dan pikiran seperti alminqolat dan assijah (jenis permainan di arab) yakni permainan dengan membentuk garis dan lobang-lobang untuk mengisi bebatuan yang di lakukan dengan perhitungan tersendiri. Permainan semacam ini tidak haram, sedangkan semua jenis permainan yang berdasarkan spekulasi hukumnya haram. [ Hasyiyah jamal ‘alaa alMinhaj X/749 ].

إعانة الطالبين ج 4 ص 326-327
واللعب بالشطرنج مكروه إن لم يكن فيه شرط من الجانبين او أحدهما او تفويت صلاة ولو بنسيان بالاشتغال به او لعب مع معتقد تحريمه وإلا فحرام -الى أن قال- وهو حرام عند الأئمة الثلاثة مطلقا( وإنما قالوا بالحرمة للأحاديث الكثيرة التي جائت في ذمه. قال في التحفة لكن قال الحافظ لم يتبت منها حديث من طريق صحيح ولا حسن ،وقد لعبه جماعة من أكابر الصحابة ومن لا يحصى من التابعين ومن بعدهم، وممن كان يلعب غبا سعيد بن جبير رضي الله عنه.


Bermain catur menurut imam Syafi'i makruh dengan sarat tidak ada pemberian harta dari ke duanya atau salah satunya, tidak sampai meninggalkn shalat sekalipun lupa sebab asik bermain, tidak bermain dengan orang yang punya keyakinan bahwa bermain catur haram. Dan munurut pendapat imam Abu Hanifah, imam Malik dan imam Ahmad bin Hambal brmain catur hukumnya haram mutlak ( tidak ada persaratan seperti pendapatnya imam Syafi'i). [ Ket I`anah Juz 4 Hal 326-327 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro, A Nafik Halim].