Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0539. Jika Pria Ganti Kelamin dan Melahirkan

PERTANYAAN :
[PRIA HAMIL MELAHIRKAN ANAK KEDUA ] Thomas Betie rupanya ketagihan melahirkan, pria amerika serikat itu hamil lagi dan memiliki momongan, betie adalah pria transgender pertama di dunia yang bisa mengandung dan melahirkan, keputusan diambil betie mengingat sang istri tidak lagi mampu memberikan keturunan biologis karena telah mengalami hysterectomy, agar bisa hamil betie mendapatkan inseminasi spema dari pendonor, pria transgender bisa hamil karena dia memiliki organ tubuh yang sama dengan wanita, pertanyaan seandainya kejadian ini dialami pria muslim apakah ia masih berstatus pria? Bagaimana kalau haid, batalkah wudlunya jika menyentuh pria lain? Dan seterusnya. [Moes Poetra Biroe].
JAWABAN :
Waalaikumsalam wr wb. TIDAK BATAL
وَوَقَعَ السُّؤَالُ عَمَّا لَوْ تَصَوَّرَ وَلِيٌّ بِصُورَةِ امْرَأَةٍ أَوْ مُسِخَ رَجُلٌ امْرَأَةً هَلْ يَنْقُضُ أَوْ لَا ؟ فَأُجِيبَ عَنْهُ : بِأَنَّ الظَّاهِرَ فِي الْأَوَّلِ عَدَمُ النَّقْضِ لِلْقَطْعِ بِأَنَّ عَيْنَهُ لَمْ تَنْقَلِبْ ، وَإِنَّمَا انْخَلَعَ مِنْ صُورَةٍ إلَى صُورَةٍ مَعَ بَقَاءِ صِفَةِ الذُّكُورَةِ ، وَأَمَّا الْمَسْخُ فَالنَّقْضُ بِهِ مُحْتَمَلٌ لِقُرْبِ تَبَدُّلِ الْعَيْنِ مَعَ أَنَّهُ قَدْ يُقَالُ فِيهِ بِعَدَمِ النَّقْضِ أَيْضًا لِاحْتِمَالِ تَبَدُّلِ الصِّفَةِ دُونَ الْعَيْنِ ع ش عَلَى م ر .

Ada pertanyaan “Kalau ada seseorang menyerupai perempuan atau seorang lelaki di rubah menjadi perempuan apakah membatalkan wudhu bagi lelaki lain saat menyentuhnya ? Jawabannya : TIDAK BATAL secara pasti karena (dirubah bagaimanapun) kesejatian dirinya tidak bisa diganti yang dapat ditanggalkan hanyalah satu bentuk pada bentuk lain sedang sifat kelelakiannya (bisa saja) masih ada andaikan sifatnya pun juga berubah tetap saja tidak membatalkan wudhu. [ Hasyiyah Bujairomi Alaa Al-Khootib II/211 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro].