Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

1135. MAKNA SAKTAH (DIAM) DALAM SHALAT SERTA TEMPATNYA

PERTANYAAN :

Assalaamu'alaikum, yang dimaksud saktah (berdiam) di dalam sembahyang itu apa? dan apa hukumnya? dan ada kepada beberapa tempat ? Monggo. [Haidir Malakat].

JAWABAN :

Wa'alaikumsalam. Disunahkan diam sejenak seukuran kadar bacaan “Subhaanallah” pada beberapa tempat :
• Di antara Takbiratul Ihram dan bacaan doa Iftitah
• Di antara bacaan doa Iftitah dan bacaan Ta’awwudz
• Di antara bacaan Ta’awwudz dan Basmallah
• Di antara akhir bacaan surat al-Fatihah dan bacaan Aamiin
• Di antara bacaan Aamiin dan bacaan surat dari alQuran bila ia membacanya
• Di antara akhir bacaan surat dari alQuran dan takbir hendak ruku’

Bila ia tidak membaca bacaan surat dari alQuran maka sunatnya diam sejenak terletak pada antara bacaan Aamiin dan takbir ruku’, dan sunnah bagi seorang imam shalat untuk diam dalam shalat yang dikeraskan bacaannya seukuran kira-kira rampungnya makmum membaca surat al-Fatihah bila ia mengetahui makmum membacanya, dan saat diamnya sebaiknya imam membaca doa atau bacan-bacaan selainnya [ Tuhfah al-Muhtaaj V/481 ]. Wallohu a'lam. [Masaji Antoro].

- Tuhfah al-Muhtaaj V/481 :

) فَرْعٌ( تُسَنُّ سَكْتَةٌ يَسِيرَةٌ وَضُبِطَتْ بِقَدْرِ سُبْحَانَ اللَّهِ بَيْنَ التَّحَرُّمِ وَدُعَاءِ الِافْتِتَاحِ وَبَيْنَهُ وَبَيْنَ التَّعَوُّذِ وَبَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَسْمَلَةِ وَبَيْنَ آخِرِ الْفَاتِحَةِ وَآمِينَ... وَبَيْنَ آمِينَ وَالسُّورَةِ إنْ قَرَأَهَا وَبَيْنَ آخِرِهَا وَتَكْبِيرِ الرُّكُوعِ فَإِنْ لَمْ يَقْرَأْ سُورَةً فَبَيْنَ آمِينَ وَالرُّكُوعِ وَيُسَنُّ لِلْإِمَامِ أَنْ يَسْكُتَ فِي الْجَهْرِيَّةِ بِقَدْرِ قِرَاءَةِ الْمَأْمُومِ الْفَاتِحَةَ إنْ عَلِمَ أَنَّهُ يَقْرَؤُهَا فِي سَكْتَتِهِ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ وَأَنْ يَشْتَغِلَ فِي هَذِهِ السَّكْتَةِ بِدُعَاءٍ أَوْ قِرَاءَةٍ وَهِيَ أَوْلَى