Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0946. SHOLAT : POSISI TANGAN WANITA KETIKA SUJUD

PERTANYAAN :
Assalamualaikum semua, jum'ah mubarak, ada pertanyaan titipan, adakah hadisnya sikap sujud wanita, posisi tangan yang mendekap dada, sebab katanya kalau yang ada di hadits posisi tangan melebar tidak di dada, jazakumullah khaer katsir.
JAWABAN :
Wa'alaikumsalam. Ada hadits tentang sikap sujud wanita, posisi tangan yang mendekap dada, yaitu hadits riwayat Imam al-Baehaqi. Dalam Al-Fiqh al-Islaam II/162 dijelaskan, menurut kalangan Syafi’iyyah : Disunahkan bagi wanita menyelisihi shalat laki-laki dalam 6 perkara : mengumpulkan anggauta tubuh satu dengan lainnya saat sujud dalam arti kedua sikunya dipertemukan dengan kedua lambungnya dan perutnya dipertemukan dengan kedua pahanya, sedangkan untuk laki-laki maka jauhkan kedua sikunya dari kedua lambungnya dan angkatlah perutnya dari kedua pahanya, berdasarkan hadits riwayat al-Baehaqi dalam masalah sujud perempuan di atas : Sesungguhnya Baginda Nabi menemukan dua wanita yang sedang shalat kemudian beliau bersabda “Bila kalian berdua sujud maka pertemukan sebagian daging pada tanah, sesungguhnya sujud wanita tidak sama seperti laki-laki” (HR al-Baehaqi). Wallohu a'lam. [Masaji Antoro].
-  Al-Fiqh al-Islaam II/162 :
يسن للمرأة مخالفة الرجل في ستة أمور ذكرها الشافعية:
أولاً ـ تضم بعضها إلى بعض في السجود، بأن تضم مرفقيها إلى جنبيها وتلصق بطنها بفخذيها، أما الرجل فيباعد مرفقيه عن جنبيه، ويرفع بطنه عن فخذيه، لحديث رواه البيهقي في المرأة (3) .
(1) نصه: أن النبي صلّى الله عليه وسلم مرّ على امرأتين تصليان، فقال: «إذا سجدتما فضما بعض اللحم إلى الأرض، فإن المرأة ليست في ذلك كالرجل» .