Bismillahirrohmaanirrohiim
Download Aplikasi persembahan PISS-KTB dan Islamuna 👉 Download!

0940. BENARKAH JEMBATAN SHIRATAL MUSTAQIM SEKECIL RAMBUT DIBELAH 7 ?

PERTANYAAN :
Salam, maaf Benarkah SHIROT ALMUSTAQIM itu Lebih KeciL dari pada rambut dibelah tujuh / 7 & Lebih Tajam dari pada pedang yang Tajam ??? mohon Ref. nya. [Mbah Wiro Sableng].
JAWABAN :
Disebutkan dalam riwayat yang masyhur bahwa shirat lebih tipis dari rambut dan lebih tajam dari pisau. Komentar ulama tentang riwayat ini : Imam izzuddin bin abdissalam, al imam al qarafi, al imam az zarkasyi berpendapat bahwa itu hanyalah sebuah ungkapan betapa sulit dan susahnya melewati shirat, ini agar tidak bertentangan dengan riwayat lain yang menyatakan bahwa ada para malaikat di dua sisi shirat, dan ada banyak anjing di dalamnya, imam al qarafi melanjutkan : "menurut pendapat yang shahih shirat memiliki bentuk yang lebar, ia mempunyai dua jalan, jalan kanan yang dilewati ahli surga,jalan kiri dilewati ahli neraka".
Pendapat lain menyatakan bahwa lebar dan sempitnya shirat tergantung amal seeorng, jika amalnya baik maka cahaya amalnya akan memperlebar shirat, tapi jika amalnya buruk, maka shirat akan menjadi sempit/tipis baginya. [Ismael Kholilie ].
- TUHFATUL MURID 112 :
و في بعض الرواية أنه أدق من الشعرة و أدق من السيف و هو المشهور و نازع في ذلك العز بن عبد السلام و الشيخ القرافي و غيرهما كالبدر الزركشي قالوا و على فرض صحة ذلك فهو محمول على ظاهره بأن يؤول بأنه كناية عن شدة المشقة و حينئذ فلا ينافي ماورد من الأحاديث الدالة على قيام الملائكة على جنبيه و كون الكلاليب فيه زاد القرافي و الصحيح أنه عريض و فيه طريقان يمنى و يسرى فأهل السعا دة يسلك بهم ذات اليمين و أهل الشقاوة يسلك بهم ذات الشمال و فيه طاقات كل طاقة تنفذ إلى طبقة من طبقات جهنم و قال بعضهم إنه يدق و يتسع بحسب ضيق النور و انتشاره فعرض صراط أحد بانتشار نوره ~تحفة المريد ١١٢